Header Ads

HUT Bima ke 377 Berlangsung Meriah dan Penuh Khidmat

                                              Foto: Dari arena HUT Bima ke 377-2017
 Visioner Berita Bima-Pelaksanaan kegiatan HUT Bima ke 377 pada Rabu (5/7/2016) yang bertempat di Kantor Bupati Bima Persiapan di Desa Dadibou Kecamatan Woha-Kabupaten Bima, terlihat berlangsung meriah dan penuh khidmat. Moment sakral tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri bertindak sebagai Inspektur Upcara (Irup). Sementara Komandan Upacara. Dipercayakan kepada Kasat Pol PP Setda setempat H. Sumarsono SH.
            Para pejabat penting baik di NTB maupun sejumlah Tokoh Bima dari Jakarta, DPRD NTB, DPRD Kabupaten dan Kota Bima, Walikota Bima, Seluruh Pimpinan SKPD dan OPD baru, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Budayawan, Wartawan dan lainnya juga turut hadi pada moment itu (catatan lengkapnya ada pada redaksi selanjutnya). Yang tak kalah menariknya, Upacara HUT Bima tersebut, disiarkan secara langsung melalui RRI Mataram-NTB.
             Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang pada moment tersebut, membacakan amanat dan sejarah lahirnya kabupaten Bima. Namun sebelumnya, sejarah singkat dimaksud juga dibacakan oleh M. Mahmud. Sementara itu, Bupati Bima dalam amanat yang dibacakannya menjelaskan, bahwa pada saat itu belum ada istilah pemeriksaan seperti sekarang ini. Dikala itu, Sultan Bima pertama adalah Abdul Khair.
“Saat itu Kerajaan Bima berjuang membentuk daerah Bima. sehingga sampai saat ini, menjadi tonggak sejarah Dana Mbojo yang akan menuju kita ke zaman merdeka,” ungkapnya.
Atas perjuangan pahlawan yang telah memperjuangkan Bima hingga memasuki era demokrasi seperti sekarang, Bupati mengajak semua pihak untuk mengantarkan doa kepada parab pejuan. “Kita hanya sebagai penikmat atas perjuangan dan jasa mereka yang telah membentuk daerah. Ol3eh karena itu, maka sewajarnyalah kita memberikan doa supaya mereka selalu dalam lindungan Allah SWT,” harapnya.
Terkait dengan HUT Bima ke 377 ini, Pemkab Bima mengusung tema “Mari Berkarya Membangun Kabupaten Bima yang Lestari. “Mari kita jadikan kebanggaan masa lalu untuk kita ikuti bersama,” pintanya.
Bupati juga mengakui, saat ini berbagai masalah serius sedang hadapi. Salah satunya, Bima di anggap sebagai zona merah. Untuk itu, Bupati mengajak semua elemen dan putra putri terbaik Bima di seluruh indonesia untuk memberika ide positif dalam meningkatkan sumber daya masyarakat Bima yang menjaga dan memeliharanya,
“Terima kasih atas kehadiran putra-putri terbaik Bima yang memiliki jabatan penting pada Pemerintah Pusat dan Provinsi NTB. Mari sama-sama membangun Bima yang lebih baik kedepannya,” harap Bupati.
Pada moment tersebut, Bupati Bima juga menjelaskan tentang masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer yang sudah berjalan 1,5 tahun.  Selama kepemimpinan keduanya, terdapat prestasi. Yakni, merai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait tata kelola managemen daerah. Hal tersebut, tentu saja dijadikan sebagai cambuk oleh seluruh instansi Pemerintah yang ada di Kabupaten Bima.
Dan hal itu, diakuinya sebagai terminologi bahwa Pemkab Bima sudah meraih predikat terbaik secara administrasi oleh negara melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).”sekali lagi, mari kita terus berbuat demi Dou Labo Dana Mbojo tercinta ini,” papar Bupati.
Selain itu, Bupati juga menjelaskan sejarah singkat lainnya tentang bergabungnya Kerajaan Bima ke NKRI. “Hal itu atas dasar kebersamaan dalam konteks perjuangan. Sementara untuk kedepannya, kita harus bersama-sama untuk membangun sesuai dengan Visi-Misi BIMA RAMAH,” imbuh Bupati.
            Liputan langsung media massa melaporkan, kemeriahan dan khikmadnya pelaksanaan kegiatan tersebut, juga ditopang opleh berbagai pihak penting termasuk kalangan pejabat baik di Kabupaten Bima, Kota Bima, Pemprov NTB dan dari jakarta. Diantaranya Wagub NTB HM. Amin SH, MH, Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin berserta isterinya Hj. Yani Marlina yang didampingi Plt. Kabag Humas setempat Syahrial Nuryadin SIP, MM, Wabup Bima Drs. H. Dahlan M,. Noer berserta isterinya yang juga menjabat sebagai ketua TP-PKK setempat, Dansat Pol PP NTB, Wakil Ketua MK DR. Anwar Usman SH, MH, anggota Komisi I DPR RI H. Syafrudin ST, MT (PAN), Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi (Gerindra),-
Wakil Bupati Dompu, Seluruh Kepala SKPD dan OPD Baru Kabupaten Bima, sekda setempat Drs. HM. Taufik H.AK, Para Camat dan Kades se Kabupaten Bima, para UPT se Kabupaten Bima, pihak BUMD dan BUMN di Bima, pihak BPJS dan Telekomsel, Danlanud Kolonel Dodi Fernando, Kasin Intel Korem 162/Wira Bhakti Letkol Amran Wahid, Pasi Opsrem Mayor Inf Gaguk, Kaops Lanal Mataram Mayor L Memet Kurniawan. (Mewakili Danlanal, Dandim Bima Letkol Czi Yudil Hendro, Kapolres Bima Kota AKBP Ahmad Nurman Ismail SH, SIK, kapolres Bima Kabupaten AKBP M. Eka Fatur Rahman SH, SIK, Kaden Brimob Pelopor Den A Bima Kompol Lazuardi SIK, SH, MH,-
Danramil Woha dan jajarannya, seluruh Kapolsek di Kabupaten Bima, Kepala Sekolah (Kasek) mulai dari SD-SMA dan guru Kabupaten Bima dibawah kendali Kadis Dikpora setempat Drs. H. Supratman Msi, dan berbagai tamu undangan lainnya. Masih dalam liputan langsung sejumlah wartawan, usai upacara HUT dilaksanakan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara makan bersama yang berlangsung di dalam ruangan kantor Bupati Bima persiapan.
Tak hanya itu, kegiatan HUT ini juga dirankaikan dengan penyerahan hadiah para juara yang memenangkan sejumlah mata loma yang masih berkorelasi langsung dengan HUT Bima ke 377. Penyerahan hadiah tersebut, langsung diserahkan secara langsung Oleh Bupati dan Wakil Bupati Bima. Tak hanya itu, usai kegiatan HUT dilaksanakan, juga dilanjutkan dengan acara Kareku Kandei dari Dinas Perumahan dan Pemukiman kabupaten Bima, Rawa Mbojo (lagu Bima) diiringi oleh Biola Engke.
            Sementara selama kegiatan berlangusng, terlihat sukses dan berlangsung aman serta kondusif. Aparat keamanan baik Polri maupun TNI, selain terlibat pada kegiatan HUT-juga ikut mengawasi dan mengamankannya secara ketat dengan menggunakan senjata lengkap. Dan, Sat Pol PP Kabupaten Bima, juga terlibat dalam mengamankan pelaksdanaan kegiatan HUT ini. (TIM VISIONER/ADV

No comments

Powered by Blogger.