Header Ads

Erwin Hadirkan Terobosan Perdana, Kini Polisi Punya Radio Menjangkau Semua Wilayah

Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah SH, MH (Kanan) di Station Pusat Spoon Radio Digital Parama Satwika 98 FM
Visioner Berita Kota Bima-AKBP Erwin Ardiansyah SH, MH tercatat baru seumur jagung menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. Terlepas dari sejumah prestasinya dalam mengungkap beberapa kasus luar biasa di wilayah Polres Bima Kota, darah kelahiran Cirebon-Jabar ini juga sukses menghadirkan terobosan perdana di dunia Kepolisian, yakni membangun Spoon Radio Digital Parama Satwika 98 FM yang berstation pusat di Mapolres Bima Kota.

Sosok Polisi berbadan sehat ini menjelaskan, Radio digital ini memiliki manfaat penting bagi kehidupan publik. Konten-konten siarannya juga meliputi penyuluhan hukum mulai dari soal tindak pidana kejahatan Curanmor, Kejahatan Keras (Jatanras) hingga soal Narkoba. Tak hanya itu, penggagas Radio Digital perdana yang mewarisi gagasan ayahnya ini oun mengaku, Radio ini juga menyiarkan tentang Dakwah, kiat sehat dan lainnya.

“Dengan radio ini pula bisa mempermudah arus komunikasi antara masyarakat dengan Polisi. Dan dengan radio ini pula, masyarakat bisa mengantisipasi sekaligus waspada terhadap berbagai bentuk kejahatan,” jelas AKBP Erwin Ardiansyah SH, MH kepada Visioner.

Penyiar Radio ini ujarnya, tidak hanya bisa dilakukan oleh personil Polisi. Tetapi, semua pihak termasuk Wartawan juga diberikan kesempatan untuk menyiarkan banyak hal melalui Radio ini. Selain yang berkaitan hukum dan Dakwah, Radio ini juga memiliki konten music mulai dari Pop hingga Dangdut. “Visi dasarnya adalah informatif, sementara misinya adalah memberikan pengetahuan kepada publik tentang banyak hal terutama soal hukum serta penanganan kasus-kasus penting yang kami laksanakan,” terangnya.

Apakah Spoon Radio Digital Parama Satwika 98 FM merupakan yang perdana di NTB?. Dengan nada diplomatis Erwin menyatakan sebagai yang pertama di dunia. “Radio ini telah beroperasi sejak tanggal 13 Desember 2018. Sejak saat itu hingga seterusnya, Radio ini terus menyiarkan hal-hal positif kepada masyarakat secara luas. Radio ini juga sudah memiliki aplikasi, Anda bisa menginstal aplikasinya melalui Google Player,” sebutnya.

Radio ini katanya, telah menampilkan berbagai acara unggulan. Yakni “Kajian Akhlak” yang disiarkan setiap hari Kamis jam 18.30 wita, “Polres Bima Kota Menyapa”, dan “Wawasan Kebangsaan”. “Melalui Radio Digital “Parama Satwika 98 FM”, diharapkan hubungan antara jajaran Polres Bima Kota dengan masyarakat akan semakin dekat,” harapnya.

Lulusan Akpol tahun 1998 ini menyatakan, hadirnya Spoon Radio Parama Satwika ini karena merujuk pada Jukrah Perintah dari Kapolri tentang Manajemen Media. “Oleh karenanya, selaku Kapolres Bima Kota saya harus meresponnya dengan membangun aplikasi spoon radio parama satwika 98 FM,” tuturnya.

Channel 98 FM ini paparnya, merupakan frekwensi millenial alias bukan seperti radio-radio lain, dan bahkan jangkauannya semakin luas karena menggunakan sistem digital. “Tujuan lain kami menghadirkan Radio ini adalah menjelaskan kepada masyarakat tentang tugas pokok Polri yakni mensosialisasikan tentang berbagai pelayanan di wilayah hukum Polres Bima Kota,” sebutnya.

Untuk jadwal siaran, Sat Narkoba ada penyuluhan tentang bahaya Narkoba setiap hari senin mulai dari pukul 13.00 wita hingga 14.30 wita. Sementara Sat Binmas, penyuluhan melalui Radio ini  yakni setiap hari selasa mulai dari pukul 13.00 Wita hingga 14.30 wita. Sedangkan Penyuluhan Turjawali oleh Sat Sabhara, disiarkan langsung setiap hari Rabu mulai pukul 13.00 hingga 14.30 Wita.

“Sementara setiap hari Kamis akan ada dialog interaktif dari Sat Lantas tentang fungsi Lantas. Sat Reskrim sendiri akan ada Penyuluhan Hukum yang diisi oleh Bripda Nina dan Bripka Eka. Sedangkan dari Sat Intelkam terkait Pelayanan Kepolisian akan diisi oleh Bripda Novi dan Bripda Nia, termasuk masalah SKCK online, Ijin keramaian dan Pelayanan Kepolisian yang ada di Polres Bima Kota yakni setiap hari sabtu pukul 09.00 – 10.30 wita,” terangnya.

Sedangkan diluar jam Dinas pada kegiatan siaran “Polres Bima Kota Menyapa” dan beragam hiburan diisi Bripda Baiq Annisa dan Bripda Marwa. Wakapolres Bima Kota, Kompol Yusuf Tauziri, S.Ik secara rutin mengisi wawasan kebangsaan setiap hari sabtu, mulai pukul 13.00 Wita dan hari Kamis mulai pukul 18.30 Wita hingga 20.00 Wita,” urainya.

Rencananya, dalam waktu dekat Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah, SH, MH akan mengisi sebuah Program “People Skill” terkait manejerial, hubungan dan kemitraan Polri dengan masyarakat, hubungan sesama manusia, dan Manajerial leadership yang berorientasi kepada mendekatkan hubungan Polri dengan masyarakat.

“Mohon doa dan dukungan semua pihak agar Radio ini terus beroperasi sampai kapanpun. Dan membangun hubungan baik antara masyarakat dengan Polri juga merupakan fungsi dari Radio ini,” pungkasnya. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.