Header Ads

Peletakan Batu Pertama Bangunan Imigrasi Berlantai 3 Dilaksanakan, Walikota Bima Tambahkan Lahan Seluas 1.500 Meter

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Melakukian Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Imigrasi Kelas III Bima (8/8/2019)
Visioner Berita Kota Bima-Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kantor Imigrasi kelas III Bima yang kini menyewa Kantor di belakang Museum Asi Mbojo, akan memiliki gedung sendiri. Betapa tidak, Kamis pagi (8/8/2019), Walikota-Wakil Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE-Feri Spfiyan, SH (Lutfi-Feri) melakukan peletakan batu pertama pembanguna gedung Kantor Imigrasi Kelas III Bima yang diakui berlantai senilai Rp21 M yang berlokasi di kawasan Amahami Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima.

Moment peletakan batu pertama gedung berlantai tiga ini, dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Imigrasi NTB, Andi Dahrif Rafied, Ketua DPRD Kota Bima, Syamsuri, SH, dua orang Wakil Ketua DPRD setempat yakni Sudirman Dj, SH, Alfian Indra Wirawan, SE (Calon Ketua DPRD Kota Bima), Kasi Intel Kejaksaan Negeri Raba-Bima, Ihwanul Fiaturrahman, SH, Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, delegasi dari Kapolres Bima Kota, delegasi dari Dandim 1608 Bima, kepala Imigrasi Kelas III Bima, Dedy SH, pihak pelaksana pembangunan gedung tersebut (Kontraktor), Kepala Kesbangpol Kota Bima H. Ahmad Fathoni, SH, Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni A. Latif, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Raba-Bima, H. Abdul Halik S.Sos, dan lainnya termasuk sejumak Awak Media.

Walikota Bima Menandatangani Akta Hibah Atas Tanah Atas KLahan Pembangunan Kantor Imigrasi Kelas III Bima (8/8/2019)
Catatan penting Visioner mengungkap, tanah seluas 1.500 Meter bagi pembangunan gedung berlantai tiga milik Imigrasi Kelas III Bima ini merupakan hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sejak zaman Walikota-Wakil Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin-H. A.Rahman H. Abidin, SE. Namun pada Pemerrintahan Lutf-Feri, luas lahan tersebut dianggap belum mencukupi. Karena pembangunan mess bagi karyawan perlu dibangun di lokasi itu pula. Oleh karenanya, pada moment peletakan batu pertama gedung terebut, Lutfi-Feri menghibahkan lagi lahan seluas 1.500 Meter.


Dalam sambutannya pada moment tersebut, Kakanwil Kemenkumham RI NTB, Andi Dahrif Rafied menyampaikan rasa bangga, hormat dan terimakasihnya kepada Pemkot Bima yang telah menyediakan lahan pembangunan gedung berlantai tiga ini sekaligus menambah lagi lahan seluas 1.500 meter. Sementara sumber anggaran bagi pembangunan gedung berlantai 3 ini, diakuinya dari APBN melalui Kemenkumham RI. “Atas nama Kemenkumham RI, kami sampaikan ucapan terimakasih tak terhingga kepada Pemkot Bima yang telah menghibahkan lahan seluas 3000 Meter ini untuk pembangunan gedung ini,” ucapnya.

Andi kemudian berjanji, pembangunan gedung berlantai 3 ini akan diselesaikan sesuai tepat waktu. Bangunan tersebut selain dilengkapi dengan ruangan kerja mulai dari Kepala Imigrasi Kelas 3 Bima dan pejabat serta stafnya, juga akan dilengkapi dengan rastaurant, ruang pelayanan bagi masyarakat baik yang mengurus pasport maupun visa dan lainnya. “Kami berharap dengan hadirnya Kantor Imigrasi di kawasan Amahami ini juga dapat mendorong tumbuh-kembangnya wisatawan di Kota Bima ini. Dan dengan hadirnya Kantor Imigrasi ini pula, juga diharapkan dapat menambah nilai estetika bagi kawasan wisata Amahami Kota Bima,” harapnya.  

Serah-Terima Akta Hibah Dari Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Kepada Kakanwil Kemenkumham RI NTB, Andi Dahrif Rafied (8/8/2019)
Tak hanya itu, Andi juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintahan Lutfi-Feri yang telah memenuhi permintaan pihaknya, yakni dalam bentuk mengirim beberapa personil PNS untuk sebagai staf pada Kantor Imigrasi Kelas III Bima. Hal tersebut, diakuinya sangat dibutuhkan guna mendorong percepatan pelayanan terhadap masyarakat yang berkaitan dengan Keimigrasian. “Dalam hal ini kami juga membutuhkan staf lagi, semoga harapan ini dapat dijawab oeh Gubernur NTB dan Kemenkumham RI,” harap Andi.

Andi kemudian memastikan bahwa pelayanan Paspor dan lainnya yang berkaitan dengan Keimigrasian sangat cepat. Karena, pelayanan dengan sistim online sudah lama diberlakukan dan masih berlangsung hingga saat ini. “Alhamdulillah semua fasilitas bagi pelayanan sudah sangat memadai. Oleh karenanya, kami memastikan bahwa dengan sistim online ini bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Sementara itu, dalam pembangunan gedung ini kami juga membutuhkan pengawasan partisipatif dan masyarakat selain Tim TP4D yang sudah dibentuk,” pungkasnya.

Kakanwil Kemenkumham RI NTB, Andi Dahrif Rafied Saat Menyampaikan Sambutannya (8/8/2019)
Sementara itu, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam sambutannya menyatakan bahwa pembangunan gedung berlantai 3 milik Imigrasi kelas III Bima ini baru bisa dilaksanakan pada Agustus 2019 dengan harapan dapat dituntaskan pada Desember 2019. “Dan kami juga mendukung pembangunan gedung ini. Kita tahu bahwa Kota Bima ini adalah Kota yang strategis dan Kota perdagangan serta jasa. Selain itu, kami juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kemenkumham RI yang telah kepercayaan kepada kami terkait pembangunan Kantor Imigrasi ini,” jelasnya.

Walikota Bima ini juga ini juga meyakini bahwa pembangunan gedung bertingkat ini akan menghasilkan mutu dan kualitas yang baik. Karena, pelaksana proyek ini berasal dari Jakarta. Selain itu, Lutfi mengaku tertarik dengan pembangunan gedung ini karena pada satu lantainya ada restaurant. “Saya pikir ini juga sangat baik, karena seluruh pegawai Imigrasi ini tidak harus makan diluar Kantor,” tuturnya.

Walikota Bima menegaskan, sistim pengawasan secara partisipatif dalam kaitan pembangunan gedung berlantai 43 ini mutlak dilakukan. Esensinya adalah, lebih kepada menghasilkan mutu dan kualitas pembangunan sesuai harapan bersama. Selain itu, Lutfi juga berharap agar tidak ada oknum-oknum LSM yang bertindak macam-macam selama pembangunan gedung ini berlangsung. “Kalau ada oknum LSM yang macam-macam selama pembangunan ini berlangsung,m silahkan laporkan kepada kami maupun aparat penegak hukum baik Kepolisian maupun Kejaksaan,” imbuhnya.

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Saat Menyampaikan Sambutannya (8/8/2019)
Liputan langsung Visioner pada moment tersebut melaporkan, kegiatan ini dirangkaikan dengan serah-terima akta hibah atas tanah bagi pembangunan gedung maupun penambahan lahan seluas 1.500 meter dari Walikota Bima kepada Kakanwil Kemenkumham RI NTB. Serah-terima akta hibah atas tanah tersebut, ditandatangani oleh Kakanwil Kemenkumham RI NTB, Walikota Bima, Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa, MH yang disaksikan oleh Wakil Walikota Bima, Ketua DPRD Kota Bima dan lainnya. Usai serah-terima akta hibah atas tanah tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama bagi pembangunan gedung berlantai 3 ini.

Secara terpisah, Kepala Kantor Imigrasi kelas III Bima yakni Dedy yang dimintai komentarnya menyatakan, bangunan gedung milik Kantor Imigrasi Kelas III Bima ini merupakan yang termegah dan terbesar di NTB. Selain itu, darah kelahiran Betawai (Jakarta) ini juga menyampaikan apresiasi, bangga dan terimakasihnya kepada Pemkot Bima yang telah menghibahkan lahan skaligus menambah lahan seluas 1.500 meter bagi pembangunan gedung ini.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Media Online visionerbima.com yang sejak awal ikut mendorong kehadiran Kantor Imigrasi di Bima hingga terus mempublikasikan mulai dari soal negosiasi lahan bagi Kantor Imigrasi Bima hingga pembangunan gedung berlantai 3 ini. Bangunan berlantai 3 ini dibangun dengan anrran Rp21 M. Dan anggaran itu pula akan digunakan untuk pembangunan mes pegawai Imigrasi ini di atas lahan seluas 1.500 meter yang baru saja ditambahkan oleh Pemerintahan Lutfi-Feri. Oleh karenanya, kami ucapkan terimakasih tak terhingga kepada Pemkot Bima,” Papar Dedy. “Dari total anggaran tersebut, Rp18 M lebih untuk pembangunan gedung, sisanya digunakan untuk pembiayaan bagi Consultant Perencana dan Pengawasa Management Kontruksi,” tambahnya. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.