Header Ads

Hebat, HIMDOS Gelar Baksos Dari Masjid Hingga ke Taman Amahami

                                               HIMDOS di Lapangan Sera Suba Kota Bima (15/11/2019)
Visioner Berita Kota Bima-Himpunan Mahasiswa Donggo-Soromandi (Himdos) dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Bima, terbentuk sejak tahun 2013. Oganisasi eksetrnal ini, selama ini tercatat sering menggelar kegiatan keagamaan seperti Yasinan bersama, advokasi dan aksi demosntrasi menuntut berbagai persoalan penting yang dihadapi. Salah satunya yakni masalah gundulnya hutan, air bersih, infstruktur, kegiataan kemanusiaan seperti aksi penggalangan dana untuk membantu korban kebakaran, banjir, gempa bumi dan donor darah.

Rangkaian perjuangan HIMDOS tersebut, tercatat cukup berhasil dengan beberapa indikator. Maksudnya, berbagai tuntutanya tercatat terpenuhi dan diakui adanya. Sekedar catatan, di dalam HIMDOS terdapat beberapa organisasi kemahasiswaan. Antara lain HMI, PMII, IMM dan lainya. Namun dalam catatan Visioner, selama ini HIMDOS belum menyentuh wilayah Bhakti Sosial (Baksos)-sebut saja pembersihan lingkungan.

Namun hal tersebut terjawab oleh HIMDOS dibawah Pimpinan (Ketua) periode 2019-2020 yakni Almaududin (mahasiswa semester V pada STIH Muhammadiyah Bima). Bentuknya, Dudin yang didampingi oleh Sekretaris HIMDOS yakni Yusril mampu menggerakan sekitar 50 personil untuk melakukan Baksos di sejumlah tempat di Kota Bima. Yakni, pembersihan karpet pada Masjid Agung Al-Muwahiddin Kota Bima, Lapangan Sera Suba dan Taman Amahami. Kegiatan tersebut, diakui Dudin merupakan yang pertama sejak terbentuknya HIMDOS.

                                             HIMDOS di Masjid Agung Al-Muwahiddin Kota Bima (15/11/2019)
“Baksos ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam sejarah terbentuknya HIMDOS. Sebenarnya hari ii juga kita mau melakukan aksi pembersihan di lingkungan Parugana’e Convention Hall Kota Bima. Namun, tak jadi dilakukan karena terbentur oleh adanya kegiatan pernikahan warga,” tandas Dudin di dampingi Yusril kepada Visioner, Jum’at (15/11/2019).  

Kegiatan Baksos di sejumlah tempat tersebut, respon masarakat diakuinya sangat baik. Dan, masyarakatoun berharap agar kegiatan terus dilaksanakan sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan. “Selama kegiatan tersebut, kami menemukan beragam bentuk sampah yang dibuang secara sembarangan. Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat tentang lingkungan masih sangat rendah. Sementara sampah yang kami kumpulkan tadi itu dibakar pada tempatnya, dan ada juga botol bekas yang kami jual, seperti botol bekas air miner,” tandasnya.

Rencananya, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dio Kota Bima. Namun yang dibutuhkan adalah adanya partisipasi serta kerjasama dari berbagai pihak terutama instansi terkait. “Kegiatan Baksos  yang dilaksanakan di sejumlah tempat tersebut, sama sekali tidak melibatkan instansi terkait-sebut saja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima. Pegerakan ini adalah murni insiatif dari HIMDOS, sebab sebelumnya kami tidak pernah berkoordinasi dengan DLH Kota Bima. Untuk kedepanya, kami akan melakukan koordinasi dengan pihak DLH Kota Bima. Sebab, masalah sampah di sejumlah titik di Kota Bima asih sangat membutuhkan perhatian semua pihak,” harapnya.

                                                HIMDOS di Taman Amahami Kota BNima (15/11/2019)
Dudin mengungkap, sampah terbanyak yang ditermukan oleh pihaknya pada kegiatan Baksos tersebut adalah di Sera Suba dan di Taman Amahami. “Di Sera Suba memang ada tong sampah yang disediakan oleh Pemerintah. Namun, para pengunjung di lapangan Sera Suba justeru membuang sampah di luar tong sampah yang disediakan oleh Pemerintah. Sementara di Taman Amahami, persediaan tong sampah terlihat sangat sedikit. Inilah yang memicu terjadinya aksi buang sampah sembarangan oleh pengunjung di Taman Amahami,” ujarnya.

Lepas dari itu, Dudin menyampaikan apresiasi da terimakasihnya kepada pihak Bakesbangpol Kota Bima. Sebab, Instasi tersebut ikut berpartisipasi memberikan bantuan kepada pihaknya selama kegiatan Baksos di sejumlah tempat tersebut. Bentuk bantuan yang diberikan adalah anggaran yang kemudian diperguanakann untuk keperluan makan dan minum. “Kami menyampaikan terimakasih secara khusus kepada Kepala Bakesbangpol Kota Bima, H. Ahmad Fathoni, SH atas kontribusi nyata yang diberikanya,” paparnya.

Singkatnya, kegiatan Baksos yang dilakukan oleh HIMDOS ini berjalan aman, sukses dan lancar. Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 8.00 Wita dan sempat berhenti karena kegiatan Sholat Jum’at bersama. Kegiatan Baksos kemudian dilanjutkan usai Sholat Jum’at hingga pukul 17.20 Wita. “Ucapan terimakasih dan apresiasi juga sampaikan kepada Media Online Visioner, karena ikut mensuport kegiatan ini,” pungkas Dudin. (FAHRIZ/RUDY/JASMIN/RIZAL)  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.