Header Ads

Tokoh Bima dan Dompu di Jakarta Terpanggil Oleh Hutan Gundul di Tiga Daerah

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Saat Membuka Secara Resmi Aksi Menanam di Doro Bedi (Wadu Ntanda Rahi), Sabtu (25/1/2020)
Visioner Berita Bima-Tingkat kerusakan hutan di Kabupaten Bima, Dompu dan sebahagian kecil di Kota Bima bukan sekedar wacana hampa. Tetapi, diakui sebagai fakta tak terbantahkan. Bahkan kerusakan hutan di lahan tutupan negara dimaksud, dituding telah mencapai pada level “akut”.

Kepala BNPB RI, Letjend TNI Doni Monardo pada kunjungannya di Kabupaten Bima beberapa waktu lalu,  juga ikut menyaksikan tentang parahnya tingkat kerusakan hutan, salah satunya di Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Sementara catatan penting sejumlah awak media mengungkap, kerusakan hutan di Kabupaten Dompu diduga hampir di semua wilayah. Sementara di Kabupaten Bima, yang terparah adalah di Parado dengan luas lahan lebih dari 8 ribu hektar.

Masih di Kabupaten Bima, kerusakan hutan tutupan negara juga terjadi di Kecamatan Lambitu, di Kecamatan Donggo bagian barat, sebahagian di Ambalawi, dan di Kecamatan Wawo. Sementara di Kota Bima, kerusakan hutan terjadi di wilayah Desa Kolo Kecamatan Asakota. Parahnya kerusakan hutan di wilayah itu, diduga dipicu oleh dibukanya jalan ekonomi oleh Pemerintah Kota pada “masa itu”.

Inilah Antara Lain Dari Tokoh Bima-Dompu Berdomisili di Jakarta Yang Menganggas Aksi Penanaman di Toga Daerah Dimaksud 
Lagi-lagi, catatan media juga mengungkap tentang tragedi besar yang dipicu oleh gundulnya hutan di Bima dan Dompu. Banjir bandang yang menyerang Kota dan Kabupaten Bima baik sebelumnya maupun pada Desember 2016 dan sesudahnya yang menimpa sebahagian besar wilayah selatan Kabupaten Bima di serang oleh banjir bandang. Aspek kerugian warga terdampak bencana banjir bandang, bukan saja soal materi. Tetapi juga merambah pada wilayah psikologis.

Pun rasa trauma masyarakat di sejumlah wilayah di tiga daerah ini, hingga saat ini masih saja terlihat. Hal itu, nampak di saat musim hujan tiba pada tiap tahunya. Seiring dengan hal itu, catatan Visioner juga melaporkan bahwa aksi penghijauan khususnya pada lahan tutupan negara yang gundul akibat keserakahan pelaku pembalak liar pun dilakukan oleh Pemerintah yang juga melibatkan berbagai organisasi yang peduli pada lingkungan.

Upaya penghijauan alias penanganan pasca botaknya kawasan hutan tutupan negara, berlangsung di Desa Parado Wane Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Pada moment tersebut, juga melibatkan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah beserta jajaranya, Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri beserta jajaranya, relawan bencana, kalangan pelajar, mahasiswa di berbagai PTS di Bima dan lainya.

Namapk Tokoh Bima di Jakarta, H. Irwansyah (Memegang Tas) di Moment Penanaman di Parado (25/1/2020)
Namun sebelumnya, Kepala BNPB RI juga sempat melakukan aksi penghijauan di sekitar kawasan DAM Pela Parado. Namun kabar yang beredar, diduga pohon-pohon yang ditanam di sekitar kawasan DAM Pela Parado tersebut diduga telah mati akibat disemprot oleh petani jagung mengunakan obat pembasmi serangga.

Parahnya kerusakan hutan khusunya di kawasan tutupan negara di Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima pun berhasil mengetuk hati nurani para Tokoh asal Bima dan Dompu di Jakarta yang tergabung dalam Komunitas Yayasan Budaya Rimpu Nusantara Perwakilan Kota Bima, Budaya Rimpu Nusantara Perwakilan Kota Bima dan Budaya Rimpu Nusantara Perwakilan Kabupaten Dompu, BMMB dan lainya. Para Tokoh tersebut, antara lain H. Faharudin, Arsyad, Bams Uba Deo, Hidayatullah, Jamal, Mansyur, SH dan lainya.

Tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menggunakan pesawat terbang pada Jum’at (24/1/2020) sejumlah Tokoh penting yang diakui mengagas acara penghijauan di tiga daerah bertemakan Safari Muhibah 2020 Menanam 10.000 pohon ini terlihat langsung menggelar rapat koordinasi jelang menanam di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Nampak Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer di Moment Penanaman di Parado (25/1/2020)
Rapat penting yang melibat sebanyak 157 Organisasi termasuk relawan peduli lingkungan tersebut, berlangsung di aula Kantor Walikota Bima. Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Staf Ahli Walikota Bima, Drs. Gawis dan juga melibatkan DLH Kota Bima dan para Tokoh Bima adal Jakarta seperti, H. Irwansyah, H. Dudy Faharudin, Hidayatullah dan AKBP Ruslan (Ketua BMMB).

Pada moment tersebut, dijelaskan tentang parahnya hutan di Kabupaten Bima, sebahagian kecil di Kota Bima dan di Kabupaten Bima. Dijelaskan pula, kehadiran para Tokoh asal Bima dan Dompu di Jakarta ini diakui karena terpanggil oleh keprihatinanya luar biasa atas parahnya kerusakan hutan akibat penanaman jagu di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Pada moment itu pula, Pemkot Bima melalui staf ahlinya tersebut menyatakan apresiasi, terimakasih dan rasa bangganya terhadap para Tokoh Bima-Dompu dari Jakarta ini.

Tak hanya itu, Pemkot juga mengapreasi atas keterlibatan ratusan komunitas speduli lingkungan yang terlibat langsung pada ranah penghijauan di tiga daerah dan memberikan menyambut baik serta memberikan dukungan penuh kepada parah Tokoh Bima-Dompu dari Jakarta atas aksi mulianya ini. Liputan langsung sejumlah awak media pada moment tersebut melaporkan, juga dijelaskan tentang lokasi penanaman, cara menanam dan selanjutnya melakukan perawatan terhadap pohon yang ditanam.

Aksi Penanaman di Dana Teraha Kota Bima Yang Didalamnya Juga Melibatkan IARMi Bima (25/1/2020)
Rata-rata pohon yang ditanam itu adalah beringin yang sejak beberapa bulan silam disemaikan oleh Komunitas MHK. Pohon beringin ini diakiui disediakan secara gratis, dan ribuan manusia yang terlibat pada aksi penanaman baik di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu melakukanya secara sukarela. Mereka yang terlibat di dalamnya bukan saja kaum pria, tetapi juga kaum wanita.

Gerakan mulia perdana yang digagas oleh para Tokoh Bima-Dompu Jakarta ini, juga berhasil merangkul ratusan komunitas yang ada di tiga daerah di Maksud. Di dalamnya juga ada aktivis l;ingkungan, kalangan pelajar mulaid ari SD, SMP hingga ke Mahasiswa dari berbagai PTS di Bima dan Dompu. Bukan itu saja, pihak TNI dibawah kendali Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo S.IK dan jajaran FKPD lainya juga ikut terlibat langsung melakukan penanaman.

Masih dalam liputan langsung Visioner, aksi penanman di Kota Bima dilakukan didua lokasi. Yakni di Doro Bedi (Wadu Ntanda Rahi) dan di Dana Teraha (Kuburan Raja Bima). Ribuan bibit pohon beringin di tanam di dua lokasi itu. Gerakan menanam yang digagas oleh Tokoh Bima-Dompu Jakarta ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE. Lutfi dengan jajaranya, terlibat penanaman di Doro Bedi (Wadu Ntanda Rahi), Sabtu (25/1/2020).

Ratusan personil dari berbagai kalangan, terlihat terlibat langsung pada aksi menanam baik di Doro Bedi (Wadu Ntanda Rahi) maupun di Dana Teraha itu. Komunitas Hijau Bima, Komunitas Pecinta Alam (Kopa) Mbojo, Komunitas Babuju dibawah kendali Rangga Babuju, Komunitas Bombo Ncera dan lainya juga masih terlihat sangat konsisten di dalam aksi penanaman pada kawasan hutan gundul di Bima.

Aksi Penanaman di Parado (25/1/2020)
Aksi mulai yang digagas oleh para Tokoh Bima-Dompu di Jakarta ini, juga dilakukan di Kabupaten Bima yakni di wilayah Dewa Kecamatan Parado. Parado merupakan salah satu fokus utama aksi mulia ini. Karena di sana telah terjadi kerusakan hutan teramat parah seluas lebih dari 8000 hektar alias masuk dalam level Nasional. Sekitar 8 000 pohon yang ditanam di Parado. Berbagai komunitas peduli lingkungan yang antara lain TNI-Polri, Komunitas Hijau Bima dan Komunitas Bombo Ncera serta sejumlah komunitas lainya ikut terlibat di dalamnya termasuk Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (ARMI) Cabang Bima.

Aksi Penanaman di Parado tersebut, juga terlibat Wakil Bupati Bima Drs. H. Dachlan M. Noer beserta jajaranya termasuk BPBD setempat. Instansi terkait di Kabupaten Bima juga terlibat secara langsung di kawasan hutan gundul di Parado. Pada sesi penanaman di Parado, hampir seluruh Tokoh Bima-Dompu di Jakarta, juga ikut menyatakan keprihatinanya atas gundulnya seluas lebih dari 8.000 hektar di Parado.

Lagi-lagi pantauan langsung Visioner pada aksi mulia yang berorientasikan kepada penyelamatan daerah dari musibah banjir bandang karena gundulnya hutan ini melaporkan, ribuan peserta dari ratusan komunitas termasuk keterlibatan Pemkab dan Pemkot Bima ini terlihat dengan semangatnya melakukan aksi menanam pohon. Mereka melakukan aksi penanaman mulai dari jam 7.30 Wita-11.30 Wita.

Kerja mulia yang digagas oleh para Tokoh asal Bima-Dompu yang berdomilisi di Jakarta ini, juga dilaksanakan di dua lokasi di Kabupaten Dompu, yakni di sekitar Embung Karama Bura dan Manggelewa. Aksi penanaman yang melibatkan sejumlah pihak termasuk Komunitas Peduli Lingkungan di Kabupaten Dompu ini, dilakukan sejak Sabu pagi (25/1/2020) mulai pukul 7.30 Wita-11.30 Wita. Kasi mulai yang terjadi di Kabupaten Dompu ini, terlaksana dengan baik, dan para pihak yang terlihbat di dalamnya pun sangat bersemangat.

Foto Bersama Usai Penanaman di Doro Bedi (Wadu Ntanda Rahi) Kota Bima (25/1/2020)
Gerakan mulia ini terlihat dilakukan secara serentak di tiga daerah dengan waktu dan hari yangt sama. “Kami hadir atas panggilan jika yang dilatar belakangi oleh gundulnya hutan baik di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu. Apa yangkami lakukan ini merupakan pilot project dengan harapan dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. Sebab, menjaga alam adalah sama dengan menyelamatkan daerah dan masyaraktnya. Aksi mulia ini, sama sekali tidak ada kaitanya dengan masalah politik. Ini semata-mata panggilan jiwa atas keprihatinan kami dari Jakarta terhadap kerusakan hutan yang teramat parah di tiga daerah ini,” tegas salah satu Tokoh Bima-Dompu dari Jakarta, H. Faharudin.

Masih dalam kaitan aksi menanam ini, di masing-masing daerah di tiga daerah ini disiapkan sebanyak 100 bibit pohon beringin. Para pengagas aksi mulai ini hanya bisa berharap agar setelah menaman juga tumbuh rasa kebersamaan untuk merawanya hingga pohon itu bisa tumbuh dengan sempurna. Tak hanya itu, para penggagas ini juga mendesak agar Pemerintah di tiga daerah ini segera membentuk regulasi soal lingkungan  sebagai upaya penyegahan terhada aksi pembalakan liar khususnya pada kawasan hutan tutupan negara. “Kami juga berharap agar kedepanya Pemerintah bisa menjadikan aksi penanaman di kawasan hutan gundul sebagai agenda tahunan. Sebab, tingkat kerusakan hutan dimaksud sudah sangat parah,” desak Salah sato Tokoh Bima dari Jakarta yakni, Hidayatullah.

Singkatnya, yang terlibat dalam aksi penanaman di tiga daerah tersebut bukan hanya 157 komunitas sebagaimana dalam catatan dari pihak penyelenggaran. Tetapi, juga ada sebahagian besar komunitas lainya yang tidak masuk dalam catatan dimaksud. Mereka hadir secara spontan pada aksi penanam seperti yang berlangsung di Doro Bedi (Wadu Tanda Rahi), Dana Teraha, di Parado dan di Kabupaten Dompu.

Foto Bersama Salah Satu Komunitas Peduli Lingkungan Yakni Kopa Mbojo Usai Menanam (25/1/2020)
Dan inilah nama-nama Organisasi maupun personal dalam catatan panitia yang terlibat pada aksi menanam dimaksud.

1 YAYASAN BUDAYA RIMPU NUSANTARA PERWAKILAN KOTA BIMA
2          YAYASAN BUDAYA RIMPU NUSANTARA PERWAKILAN KAB BIMA
3          MBOJO HIJAU KEMBALI
4          BABUJU
5          KOMUNITAS JAO BIMA (KOMUNITAS HIJAU)
6          PEJI RIMPU FOKKA
7          KOSAMBO
8          PENIKMAT KOPI SENJA
9          FORUM PENGURANGAN RESIKO BENCANA
10        IKATAN ALUMNI SMPP (READY 2.000 BIBIT)
11        SABUA RA’A NDAI MBOJO
12        GENERASI PEDULI SIMPASAI
13        SAHABAT PULAU INDONESIA CHAPTER BIMA
14        LINGKAR DAKWAH MAHASISWA INDONESIA
15        SMKN 3 KOTA BIMA
16        SDN 23 TANJUNG KOTA BIMA
17        PRAMUKA KWARTIR CABANG BIMA
18        STKIP TAMAN SISWA BIMA
19        KARANG TARUNA MUDA MANDIRI DESA NIPA AMBALAWI
20        KUMPULAN REMAJA INOVATIF, PRODUKTIFM INSIATIF & KREATIF
21        FORUM KOMUNIKASI PEMUDA LANGGUDU
22        KARANG TARUNA NTOKE
23        GENERASI ANTI NARKOBA NASIONAL BIMA
24        KAMPULI (KOMUNITAS MPURI PEDULI)
25        GENERASI BESI TUA
26        KOMUNITAS BIMA NTOBO (BINTO)
27        KERABAT ANGIN RIBUT
28        BANK SAMPAH THE GADE
29        IARMI BIMARAYA
30        IKA SPENSA PALIBELO
31        SMAN 1 WOHA
32        SMAN 2 WOHA
33        SMAN 1 MONTA
34        SMAN 1 PARADO
35        SMPN 1 AMBALAWI
36        KNPI SOROMANDI
37        KETUA PEMUDA NTOKE
38        RSERIES BIMA (CLUB MOTOT SPORT)
39        KOMUNITAS PETERNAK ENTOK
40        RUMAH ZAKAT ACTION
41        MEDIA BUSER BIMA
42        MBOJO INSIDE
43        IKA SMP BIMA RAYA 86
44        SISPALA SMKN 1 DONGGO
45        KOMUNITAS MANTIKA
46        FORUM KUMUNIKASI PECINTA ALAM BIMA
47        KOMUNITAS GALARA MBOJO
48        PPM MACAB BIMA
49        KOMUNITAS JELAJAH KOLO
50        YAYASAN STUDI KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP
51        STIKES YAHYA
52        SMK YAHYA
53        DPK BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA
54        MUSLIMAH BIMA PEDULI
55        MOTOR CLASSIC SILA
56        MAPALA PAREWA STKIP TAMAN SISWA
57        JEJAK RIMBA
58        UKM. LBC  STIT SUNA (LBC)
59        KI BIMA
60        BARISAN SATRIA MUDA
61        SISWA PECINTA KELESTARIAN ALAM SMAN 1 AMBALAWI
62        KOMUNITAS PEMUDA OIWAU
63        PERBAKIN DOMPU
64        KNPI DOMPU
65        YAYASAN PEMBERDAYAAN POTENSI SOSIAL EKON. MASY.
66        KWARCAB PRAMUKA DOMPU
67        SAKA WIRAKARTIKA
68        SAKA KENCANA
69        SAKA BHAYANGKARA
70        SAKA BAKTI HUSADA
71        IKATATAN MAHASISWA WORO MATARAM
72        GENERASI ANTI NARKOBA NASIONAL DOMPU
73        KARANG TARUNA DORO RASA
74        KOMUNITAS SABUA WEKI
75        PEMUDA MUHAMMADIYAH KAB DOMPU
76        SAMALAONA 92 DOMPU
77        IKATAN MAHASISWA PELAJAR PARADO
78        IKATAN ALUMNI MAN DOMPU
79        KARANG TARUNA BINTANG LAUT KEL. TANJUNG
80        KOMUNITAS PERSAHABATAN
81        PEMUDA PANCA MARGA
82        IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH
83        MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTRE DOMPU
84        IKATAN BIDAN INDONESIA CABANG KOTA BIMA
85        GABUNGAN PECINTA ALAM WOJA DOMPU
86        KNPI KEC. DONGGO
87        GERAKAN RAKYAT ANTI KORUPSI DPC BIMA
88        GERAKAN RAKYAT ANTI KORUPSI DPC DOMPU
89        GERAK INDONESIS DPD PROV NTB
90        SMKPPN BIMA
91        KOMUNITAS PENGAMAT DAN PEDULI LINGKUNGAN
92        ALUMNI SMEAN PARIWISATA 97
93        GERAKAN ARAH BARU INDONESIA
94        BIMA JIP ADVENTURE COMMUNITY
95        BIMA JIP ADVENTURE COMMUNITY
96        INDONESIAN OFF-ROAD FEDERATION
97        FORUM TEAM SIAGA BENCANA
98        RELAWAN TANGGAP BANJIR
99        POKDARWIS OI KAMPASI MANGGALEWA
100      KOALISI PEREMPUAN INDONESIA
101      FORUM KOMUNIKASI PUTRA-PUTRI PURNAWIRAWAN TNI/POLRI INDONESIA
102      KOMUNITAS ALUMNI SMPN 1 MONTA
103      ALUMNI SMAN 1 DOMPU
104      KOMUNITAS ALUMNI SMA ANGKATAN 94 DOMPU
105      IKATAN MAHASISWA TADEWA
106      KOMUNITAS ALUMNI PASKIBRA SMPN 1 MONTA
107      IKATAN ALUMNI YOKYAKARTA
108      DESA IKHLAS
109      KELUARGA TANI HUTAN OI KAMPASI & OI NENI
110      SUGIARMAN
111      HAZRAH
112      MUKHLIS
113      NUKRAMANSYAH CHOMBO
114      NURHIDAYAH
115      M. JIHAD
116      DESA BUMI PAJO
117      DESA DESA O'O
118      KOMUNITAS BARA
119      ALUMNI MAN 1 BIMA
120      DESA LEWINTANA SOROMANDI
121      DESA DORIDUNGGA
122      PASKIBRA SMAN 2 LANGGUDU
123      KOMUNITAS PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DESA RUPE
124      SANGGAR SENI NURUL HUSNAH KEC MONTA
125      PASKIBRA SMPN 1  MONTA
126      PRAMUKA SMPN 1 MONTA
127      DELEGASI DANGDUT BIMA
128      ANAK GUNUNG DORO TEWE
129      PMR SMAN 2 LANGGUDU
130      SANGGAR LILIN BELO
131      VESPA CARE DIVISION
132      LOKA LATIHAN KERJA (LLK )
133      BIMA DOMPU BERSATU (DOMPU)
134      LINDUNG HUTAN BIMA
135      TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) PROSPEK BIMA
136      SANGGAR MANGGE NCUHI
137      TEAM PELAKSANA INOVASI DESA
138      ALUMNI  SMAN 1 MANGGALEWA
139      DOMPU GOWES COMMUNITY
140      BIMA DOMPU BERSATU (BIMA)
141      PRODI BK STKIP BIMA
142      KOMUNITAS PEDULI LINGKUNGAN DOMPU
143      KOMUNITAS PEMUDA PEMUDA TANGGAP BENCANA KOBI
144      RELAWAN TANGGAP BENCANA KOTA BIMA
145      PENCAK SILAT NURUL HUSNAH DESA TANGGA
146      PIK. REMAJA PONPES HAMZANWADI NW
147      ALUMNI SMPN 1 SAPE 83
148      KOMISI
149      YAYASAN AL-WAFA BIMA
150      PEMUDA TANGGUH TANGGAP BENCANA
151      MAJELIS ZIKIR KOTA BIMA
152      PRAMUKA SMKN 2 KOTA BIMA AMBALAN SULTAN SALAHUDIN GUDEP 03-049-050
153      YUNI PUTRI
154      KKE STIH BIMA
155      SDN TALABIU  KEC. WOHA KAB. BIMA
156      KOMUNITAS BOMBO NCERA
157      KKE STIH MUHAMMADIYAH BIMA
(TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.