Header Ads

Setelah Membagikan Masker di Cabang Talabiu dan Bolo, Kini Bupati Bima Serahkan APD dan Bingkisan ke RSUD

Moment Bupati Bima Menyerahkan APD dan Bingkisan kepada Para Petugas Medis RSUD Bima (13/4/2020)
Visioner Berita Kabupaten Bima-Kiprah Pemerintahan Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP)-Drs. H. Dahlan M. Noer (Dahlan) sejak awal hingga kini terkait mengantisipasi agar Covid-19 tak menyebar ke masyarakatnya di berbagai wilayah, bukan sekedae wacana. Tetapi, diakui sebagai fakta tak terbantah.

Yakni mulai melakukan pengendalian, pengawasan dan pemeriksaan di Posko Tim Gugus Covid-10 di perbatasan Kota dengan Kabupaten Dompu hingga pembagian masker di berbagai lokasi strategis kepada para pengguna jalan raya dan pengendara di cabang Talabiu Kecamatan Woha dan di pertigaan Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Tak hanya itu, Pemerintahan IDP-Dahlan juga telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp70 miliar untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Bima tahun 2020. Setelah bergerak secara nyata dalam bentuk membagikan masker secara gratis di cabang Talabiu dan di pertigaan di Kecamatan Bolo, Pemerintahan IDP-Dahlan kembali menyerahkan APD kepada petugas medis RSUD Bima. Bukan hanya itu yang diserahkan ke petugas medis RSUD Bima, tetapi juga ada bingkisan.

Penyerahan APD da bingkisan kepada pihak RSUD Bima tersebut, dilaksanakan pada Senin pagi (13/4/2020) di halaman RSUD Bima oleh Dinda yang disaksikan oleh sejumlah pejabat terkait. Pada moment penyerahan APD dan bingkisan tersebut, Dinda menghimbau kepada Dirut RSUD Bima yakni drg. H. Ishsan agar mengapresiasi dan menjaga petugas medis dengan baik.

“Saya serahkan APD dan bingkisan ini untuk dipergunakan petugas medis di dalam pasien di RSUD Bima. Oleh karenanya, tolong tenaga medis dijaga dengan baik. Kita juga berharap agar tenaga medis ini tidak menjadi korban,” harap Dinda.

Dinda kemudian berharap agar masyarakat mengikuti himbauan Pemerintah untuk melakukan social distancing maupun physical distancing. “Pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi, terimakasih, rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada tenaga medis yang sudah bekerja maksimal di RSUD Bima selama menangani pasien yang berstatus PDP hingga pada akhirnya dinyatakan negatif Covid-19. Sementara harapan agar masyarakat tetap mengikuti anjuran Pemerintah merupakan salah satu cara memutus mata rantai Covid-19,” imbuhnya.

Dinda menandaskan, APD saat ini sangat sulit untuk didapatkan karena sangat langka. Kalaupun ada, harga ADP sekarang sangat mahal harganya. Maka dengan bantuan yang tengah diserahkan tersebut, diharapkan dapat membantu para petugas kesehatan dengan APD yang memadai khususnya di RSUD Bima yang memiliki ruang isolasi untuk PDP. “Semoga bantuan ini bisa membantu para petugas medis di RSUD Bima ini,” ujar Dinda.

Diakuinya, para petugas medis sangat rentan terhadap  penyebaran Covid-19. Sebab, para petugas medis adalah orang yang bersentuhan secara langsung dengan warga yang berstatus ODP maupun PDP. Oleh karenanya, Dinda menyatakan bahwa para petugas medis harus dilengkapi dengan APD yang memadai. “Tentu saja kita sudah melihat di beberapa rumah sakit sudah mulai kekurangan APD. Atas hal itu, tak jarang kita temukan para petugas media yang menjadi jas hujan sebagai APD dalam menangani pasien,” tandas Dinda.

Catatan pentingnya, bingkisan yang sampaid engan detik ini belum diketahui isinya itu untuk diketahui bukan bersumber dari APBD 2 Kabupaten Bima. Tetapi berdasarkan informasi yang diperoleh Visioner mengungkap, bingkisan tersebut bersumber dari pribadinya Dinda.

Selain membagikan APD ke petugas medis, Dinda juga memberikan insebtif kepada sekitar 90 orang petugas medis masuk kedalam Tim Gugus Covid-19. Besaran insentifnya diatur sesuai dengan ketentuan RSUD Bima. Sementara pada moment pemimpin apel pagi di RSUD Bima, Dinda mengharapkan agar para petugas medis untuk tidak panik dalam melayani warga yang berstatus PDP maupun ODP.

Dilain pihak, Direktur RSUD Bima drg.H.Ihsan pada moment tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada Bupati Bima yang telah membantu menyerahkan bantuan APD dan bingkisan untuk para petugas medis di RSUD Bima. “APD yang diserahkan oleh Bupati Bima ini, tentu saja sangat bermakna untuk petugas medis di RSUD Bima. Untuk itu, saya atas nama Pimpinan RSUD Bima menyampaikan apresiasi, terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Bima,” ujar Ihsan dengan nada singkat. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.