Perluas Pasar, Gubernur Minta Disdag NTB Petakan Produk IKM

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah.
Visioner Berita Mataram NTB-Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diminta melakukan pemetaan varian produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang bisa dikirim ke luar daerah dalam rangka memperluas pasar.

Hal demikian dikatakan langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat melakukan Halal Bihalal sekaligus melakukan pembinaan ASN bertempat di Kantor Disdag Provinsi NTB, Kamis (11/6/2020).

Ia menjelaskan, bahwa selama ini memang ada sejumlah produk IKM NTB yang sudah dijual ke luar daerah, namun produknya harus lebih bervariasi.

“Dinas Perdagangan harus mampu mengidentifikasi produk IKM kita yang bisa dijual ke luar daerah. Jangan sampai, jenis produknya itu-itu saja tanpa adanya perubahan dan inovasi,” jelas Dr. Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Meski demikian, lanjutnya, harus pula diingat jangan sampai semangat menjual produk ke luar daerah, akan tetapi lebih banyak mengkonsumsi atau membeli produk daerah lain. “Karena itulah gerakan mencintai dan membeli produk lokal harus tetap digalakkan,” tuturnya.

Dr. Zul mengatakan, kunjungannya ke kantor-kantor OPD dalam rangka mempererat tali silaturahim, karena dalam situasi apapun, silaturahim harus tetap dijaga. “Karena, silaturahim dapat menjernihkan yang keruh, meluruskan yang bengkok dan menghimpun yang berserakan,” ungkapnya.

 Covid-19 ini, kata dia, mengajarkan kita untuk kembali lebih hangat, lebih bersahabat, dan menghargai sesama. Itulah yang disebutkan dengan New Normal dimasa yang akan datang.

Usai dari Dinas Perdagangan, Gubernur NTB melanjutkan kunjungannya ke Dinas Sosial Provinsi NTB. Dalam kunjungan tersebut, ia mengapresiasi kinerja dan semangat Dinas Sosial atas kerja kerasnya pendataan JPS Gemilang tahap dua berjalan dengan sukses.

“Alhamdulillah berkat kerja keras Dinas Sosial, Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang sangat sukses,” katanya.

Gubernur berharap pendataan JPS Gemilang yang bagus tersebut bisa terus dipertahankan. Karena menurut dia, penyaluran JPS Gemilang tersebut salah satu cara Pemerintah meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. “Alahmdulillah Dinas Sosial banyak menghadirkan ketentraman dan ketenangan bagi masyarakat di tengah pandemi yang melanda daerah kita tercinta,” tandasnya.(FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.