Header Ads

Danrem 162/WB Jadi Inspektur Upacara Penyambutan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Banjir

Danrem 162/WB (Dok Visioner).

Visioner Berita Kota Bima-Pelaksanaan upacara penyambutan Satgas penanggulangan bencana alam banjir dari satuan Yonzikon 13/Karya Etmaka di Kabupaten Bima tahun 2021 berlangsung di pelabuhan Bima Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Jum'at (9/4/2021) sekitar pukul 16.20 Wita.

Sekitar 150 orang peserta yang mengikuti upacara tersebut. Adapun yang bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramadhani, S.Sos, SH, M.Han. Sementara Komandan Upacara tersebut yakni Letkol Czi Alid Setiawan selaku Dansatgas Bencana Alam Bima NTB.

Turut hadir dalam kegiatan upacara  tersebut, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramadhani, S.sos, SH, M.Han beserta pejabat jajaran Korem 162/WB, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal, Danden Zibang Mataram, Dandenkes Mataram, Danden Pom Mataram, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE, Walikota Bima Bpk. H. Muhammad Lutfi, DPR RI Fraksi PAN Syafrudin, Ketua pengadilan negeri Bima Haris Tewa, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Feryandi, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tedjo Wicaksono, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo dan jajaran Persit Kodim 1608/Bima.

Peserta Upacara (Dok Visioner).

Sementara peserta yang mengikuti upacara tersebut, yakni 1 Pleton Babinsa Kodim 1608/Bima, 2 Pleton Personel Yonzikon/13 KF, 1 Pleton Brimob Bima, 1 Regu Pol Airud Bima, 1 Pleton Polres Bima, 1 Pleton Polresta Bima, 1 Pleton Pol PP Kota Bima, 1 Pleton Dinas Perhubungan Kota Bima, 1 Pleton Pol PP Kabupaten Bima.

Liputan langsung www.visionerbima.com, sebelum menyampaikan sambutannya, Danrem 162/WB yang bertindak sebagai inspektur upacara melakukan pemeriksaan pasukan dengan didampingi Forkompinda Kota dan Kabupaten Bima.

Jendral Satu Bintang ini dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh prajurit Satuan Tugas Zikon 13/Karya Etmaka di Kabupatwn Bima NTB. Kehadiran para prajurit di wilayah NTB sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat NTB terutama masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang.

"Bencana alam banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bima tidak hanya memakan korban jiwa namun juga memporakporandakan rumah penduduk dan fasilitas umum lainnya, tidak sedikit kerugian yang ditimbulkan oleh bencana tersebut," ungkap Danrem.

Anggota DPR RI Fraksi PAN (Dok Visioner).

Lanjutnya, untuk itu, penanganan bencana pasca banjir bandang ini harus kita lakukan secara bersama-sama, sehingga penanganannya dapat berjalan dengan baik dan dapat selesai dengan cepat. 

Sejak terjadinya bencana banjir tersebut bersama seluruh stakehorlder yang ada di wilayah Kabupaten Bima TNI turun langsung membantu masyarakat, dan pada hari ini TNI mendatangkan pasukan Satuan tugas Zikon 13/Karya Etmaka untuk membantu mempercepat proses pemulihan/rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir. 

"Penambahan perkuatan personel ini sangat bermanfaat untuk membantu mendorong proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir sehingga masyarakat dapat segera kembali ke rumah mereka masing-masing dan dapat beraktifitas dengan normal seperti sebelum terjadinya banjir," terangnya.

Bupati Bima (Dok Visioner).

"Untuk itu saya harapkan para prajurit Satuan 13/Karya Etmaka dapat segera Zikon tugas penyesuaikan diri dengan lingkungan penugasan, adakan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak terkait dalam penanganan pasca banjir Bima ini agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar," tambah Danrem.

Ia mengharapkan, mengingat para prajurit akan melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Bima ini tidak dalam waktu sehari atau dua hari namun bahkan lebih dari satu bulan sampai selesainya rekonstruksi penangan pasca banjir dan aktivitas masyarakat kembali seperti sediakala.

"Untuk itu saya sampaikan kepada seluruh prajurit agar segera beradaptasi dengan lingkungan dan adat istiadat serta budaya masyarakat setempat, adakan pendekatan dengan masyarakat. Hindari pelanggaran sekecil apapun agar tidak mencoreng pelaksanaan tugas mulia ini, jauhi perbuatan yang kurang terpuji selama melaksanakan tugas ini," pintanya.

Bantuan dari Zikon 13/Karya Etmaka untuk bahu-membahu, bersinergi dan jangan ada miskomunikasi di lapangan yang dapat merusak kebersamaan dalam membantu dan mendorong proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi penanganan pasca banjir, dengan harapan seluruh pelaksanaan kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan dan menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua. 

Momen Foto Bersama (Dok Visioner).

Usai sambutan Danrem 162/WB, selanjutnya dilakukan kegiatan pengalungan bunga yang dilakukan oleh Danrem 162/WB, Bupati Bima,   dan Anggota DPR RI Fraksi PAN kepada Personel Dansatgas penanggulangan bencana alam.

Pantauan media ini, upacara penyambutan Satgas penanggulangan bencana dari satuan Yonzikon 13/KF selesai dengan aman dan lancar.

Catatan penting lainnya, pelaksanaan upacara tersebut dalam rangka menyambut kedatangan personel dari Yonzikon 13/KF yang akan melakukan pembangunan jembatan di wilayah Kecamatan Madapangga.

Setelah dilaksanakan upacara tersebut, selanjutnya personel dari Yonzikon 13/KF menuju wilayah Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.