Header Ads

Duka Cita Atas Gugurnya Kabinda Papua, Presiden RI Perintahkan TNI dan Polri Kejar Anggota KKB

Presiden RI Didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan Saat Menyampaikan Peryataannya di Istana Merdeka.

Visioner Berita Jakarta-Dukacita mendalam turut disampaikan Presiden Joko Widodo atas gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Kontak tembak tersebut terjadi di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, pada Minggu sore (25/4/2021), kemarin.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan rasa dukacita yang mendalam kepada keluarga dan yang ditinggalkan,” terangnya melalui pernyataan yang disampaikan pada Senin (26/4/2021) di Istana Merdeka, Jakarta.

Kepala Negara mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memanjatkan doa bagi almarhum agar mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Almarhum juga akan memperoleh penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian, dan pengorbanan yang diberikan.

“Mari kita mendoakan semoga arwah almarhum Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanannya,” kata Presiden.

Lanjutnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal bersenjata baik di Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air.

“Saya tegaskan, tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di Tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air,” tegasnya.

Saat menyampaikan pernyataan, Kepala Negara turut didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, Yang Gugur di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Secara terpisah, segenap Keluarga Besar Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, yang gugur di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Seraya memanjatkan doa harapan, agar Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Gugurnya Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya merupakan kehilangan besar bagi negara dan bangsa, khususnya TNI. Semasa hidupnya, Almarhum adalah pribadi yang pemberani, berjiwa patriot dan rela berkorban demi mengemban tugas apapun yang dipercayakan negara.

Kabinda Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur saat terjadi kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan penghadangan, saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI dan Polri dalam perjalanan menuju Kampung Dambet.di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua

Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet sebagai bagian observasi lapangan untuk mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal KKB di wilayah tersebut, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan memberikan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu.

Sedangkan sebagai bentuk penghargaan negara atas pengabdian dan pengorbanan Almarhum, Brigadir Jenderal TNI Brigjen I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, dinaikkan pangkatnya menjadi Mayjen TNI Anu. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.