Header Ads

Bupati Bima Letakan Batu Pertama Pembangunan 185 Hunian Tetap Warga Berdampak Banjir

Momen Peletakan Batu Pertama Pembangunan 185 Hunian Tetap Bagi Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Peletakan batu pertama (ground breaking) oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE (IDP) bersama Wakil Bupati Drs. H. Dahlan M. Noer, Kepala Satgas Pelaksana Penanggulangan Bencana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Ir. Widiarto bersama para pejabat terkait lingkup kementerian tersebut, Jum'at (4/6/2021) menandai dimulainya pembangunan 185 unit hunian tetap bagi warga terdampak banjir di Kabupaten Bima yang berlokasi di Desa Tambe Kecamatan Bolo.

Pembangunan hunian tetap pada lahan kurang lebih 3,6 hektar ini merupakan bentuk perhatian langsung Presiden RI Bapak Joko Widodo kepada masyarakat terdampak bencana banjir yang terjadi pada tanggal 2 April 2021 lalu.

"Oleh karena itu, atas nama warga terdampak dan masyarakat Kabupaten Bima menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden dan Menteri PUPR yang telah membantu masyarakat untuk memiliki rumah layak huni, yang sehat dan dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai," ujar Bupati.

Selain kepada pemerintah pusat Bupati juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, BNPB, TNI/Polri dan PT. Hutama Karya sebagai pelaksana yang telah memberikan bantuan dan respon cepat terhadap upaya pemulihan bencana dan pasca bencana di Kabupaten Bima.

“Semua respon dan dukungan tersebut menunjukkan betapa baiknya sinergi instansi terkait dalam penanggulangan bencana," terang Bupati.

Pada kesempatan tersebut Ketua Satgas Pelaksana Penanggulangan Bencana Kementerian PU PR Ir. Widiarto memaparkan, rumah yang dibangun antara lain dilengkapi dengan prasarana sanitasi komunal, air minum dan jalan lingkungan dan diharapkan dapat segera dilaksanakan karena rumah ini merupakan kebutuhan hakiki dalam meningkatkan harkat dan martabat manusia serta menjadi tempat tinggal yang layak huni untuk melahirkan generasi penerus.

"Rumah Tipe 36/108 m2 atau 9 X 12 m yang dibangun oleh PT. Hutama Karya tersebut diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 5 bulan," cetusnya.

Senada dengan Bupati Bima Kadis Perkim NTB Jamaludin ST MT yang juga memberikan sambutan harapan gubernur, pemerintah diharapkan tidak hanya membangun hunian tetap tetapi juga sejumlah infrastruktur lainnya diharapkan mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Menutup sambutannya, Jamaludin mengajak semua pihak untuk menjaga hasil pembangunan dan mudah-mudahan kedepan sinergitas yang sudah dibangun akan dapat berlanjut.

Selain Kepala Satgas Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR, sejumlah pejabat yang hadir yaitu Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB Jamaludin ST, MT, Sesditjen Perumahan M. Hidayat, Direktur Rumah Khusus Yusniwati, para Kepala Balai lingkup Kementerian PU PR, Pimpinan DPRD Kabupaten Bima dan unsur FORKOMPIMDA kabupaten Bima. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.