Header Ads

Cara Unik Sat Shabara Polres Bima Kota, Tidur Mengelilingi Pintu Masuk Gedung Dewan Menghalau Massa Hindari Benturan

Personil Sat Shabara Polres Bima Kota Tidur di Pintu Masuk Gedung Dewan Guna Mengahalau Masuk ke Dalam Ruang Sidang (20/8/2021)

Visioner Berita Kota Bima-Kehebatan Polres Bima Kota diakui bukan saja melalui pengungkapan kasus-kasus luar biasa (ekstra ordinary crime). Tetapi juga mampu meredam aksi anarkisme pada setiap kegiatan Unjuk Rasa (Unras) oleh berbagai elemen, terutama di kalangan Mahasiswa di bebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Catatan penting sejumlah Awak Media dalam beberapa bulan terakhir ini melaporkan, Kapolres Bima Kota melalui Kasat Shabara selain melakukan pengamanan terhadap para demonstran, juga melakukan penggalangan dalam bentuk memberikan pemahaman kepada mereka agar melakukan aksi-menyampaikan aspirasi dengan cara tetap mengedepankan nilai-nilai penting bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Esensinya, lebih kepada menghindari terjadinya benturan antara pihak yang melakukan aksi demosntrasi dengan pihak yang dituju. Alhasil, cara itu mampu meredam terjadinya ketegangan. Demikian dijelaskan oleh Kapolres Bima Kota melalui Kasat Shabara, Iptu Raju kepada Media Online www.visionerbima.com, Jum’at (21/8/2021).

“Pendekatan kemanusiaan dengan tetap mengedepankan nilai-nilai penting dan bisa diterima oleh para pendemo, Alhamdulillah selama ini mampu meredam terjadinya gerakan anarkis. Strategi tersebut berlaku sejak lama dan masih berlangsung sampai sekarang,” terang Raju.

Jum’at siang (20/8/2021) ratusan personil perempuan yang tergabung dalam IMM menggelar aksi demonstrasi di gedung DPRD Kabupaten Bima. Mereka menuntut banyak hal agar disikapi secara serius oleh pihak Legislatif setempat.

“Aksi demonstrasi tersebut berhasil merangsek masuk hingga ke dalam pekarangan DPRD Kabupaten Bima. Namun keinginan mereka untuk masuk sampai ke ruang sidang Dewan berhasil dihalau oleh seluruh personil Sat Shabara Polres Bima Kota,” ungkap mantan Kasat Pol Airud Polres Bima Kota ini.

Untuk menghalau agar massa dari IMM tersebut tidak sampai masuk ke dalam ruang sidang Dewan, seluruh personil Sat Shabara Polres Bima Kota melakukanya dengan strategi yang dinilai paling unik. Yakni seluruh personil Sat Shabara tidur di seluruh pintu masuk gedung Dewan.

“Staregi itu ternyata sangat ampuh untuk menghalau mereka yang berkehendak memaksakan diri untuk masuk ke dalam ruang sidang Dewan. Pada situasi yang demikian, Alhamdulillah tak ada seorang pendemo yang berhasil melewati personil Sat Shabara sedang tidur di seluruh pintu masuk gedung Dewan,” jelas Raju.

Liputan langsung sejumlah Awak Media pada moment tersebut melaporkan, aksi tidur seluruh personil Sat Shabara Polres Bima Kota untuk tujuan menghalau massa merangsek masuk ke dalam gedung Dewan berlangsung sekitar lebih dari satu jam lamanya. Dan selama itu pula tak terlihat adanya gerakan anarkis.

“Sejak awal hingga akhir, aksi demonstrasi berlangsung dengan kondusif, aman dan lancar. Dan selama demonstrasi itu berlangsung, tak terajdi gerakan anarki. Kami dari Polres Bima Kota menyatakan apresiasi dan terimakasih kepada adik-adik Mahasiswa yang menggelar aksi karena mampu meredam emosinya sehingga tak tejadi gerakan anarkis selama aksi demostrasi itu berlangsung,” pungkas Raju. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.