Header Ads

Mengenal Sosok Kakak Beradik, Hengki - Rian yang Kini Sukses Jadi Pengusaha Vape di Kota Bima

Inilah Sosok Hengki (Baju Hijau Rambut Gondrong) Pengusaha Sekaligus Pemilik Cloud Vape di Kota Bima Besama Seorang Adik Kandungnya Rian (Baju Hitam) dan Rekannya Dirli (Baju Biru Dongker).

Visioner Berita Kota Bima-Vape (vapor) atau dikenal sebagai rokok elektronik kini makin digemari di kalangan anak muda khususnya di Kota Bima. Selain lebih bergaya, menyehatkan, vapor banyak variannya, sehingga tidak membosankan. 

Di Kota Bima, perkembangan Vapor sempat mengalami pasang surut namun hal itu tak terlalu lama. Sebelumnya rokok jenis elektronik ini "rentan" diisukan negatif. Merokok menggunakan Vapor lebih jahat dari rokok biasa. Demikian salah satu stigma yang dihembuskan untuk membendung Vape agar tidak berkembang. 

Hengki pria kelahiran Padang pemilik Cloud Vape bersama seorang adiknya Rian mengaku dirinya dilahirkan dari keluarga sederhana, proses yang cukup panjang juga dialaminya saat membangun bisnis. Terhitung sudah 7 tahun keduanya berdikari dengan usaha Vape di Kota setempat.

"Keluarga saya bukan keluarga yang kaya raya. Itulah yang membuat saya semangat untuk survive. Sejak 2016, bersama seorang kakak Hengki saya mulai terjun dan menekuni bisnis Vape ini. Awalnya kami membuka toko Cloud Vape off-line. Tahun 2015 hingga saat ini bisnis vape masih terus berkembang," terang Hengki melalui adik kandungnya Ryan pria usia 19 tahun ini, Sabtu (26/2/2022).  

"Kami mempuyai toko vape yang terletak di wilayah Paruganae Jalan Sultan Hasanuddin tepatnya samping lampu merah masjid raya Kota Bima. Setelah kami promosi lewat on-line juga bisnis vape ini booming. Pemasukan tiap bulannya itu jutaan bahkan lebih," tambahnya.

Sayangnya, kata Ryan saat sedang naik daun, bisnis ini sempat diterpa isu yang tidak sedap. Vapor dianggap lebih jahat dari rokok biasa. Akhirnya orang sempat sejenak berhenti vaping (sebutan untuk menikmati vapor). Ada yang balik ke rokok konvensional, tidak sedikit pula yang berhenti sama sekali.

"Vape dianggap barang ilegal karena belum ada regulasi dari pemerintah. Razia terhadap penjual Vape pun terjadi di mana-mana. Tapi saat ini masih lancar kok. Dan sampai sekarang masih bertahan, dan terus berkembang," ungkap Rian.

Khusus untuk vape, saat ini Rian bersama Hengki dengan usahanya, dan para vaper (pemakai vapor) mensosialisasikan Vape lewat media sosial melalui akun Instagram maupun Facebook agar diterima di masyarakat sehingga Vapor digemari masyarakat.

"Prediksi ke depan, dalam setahun ini masih bagus. Tergantung regulasi pemerintah juga. Semoga payung hukumnya segera ada, tidak abu-abu seperti sekarang," katanya.

Potret Ragam Liquid di Cloud Vape Kota Bima.

Dijelaskan Rian pemerintah mulai mendukung bisnis ini. Misalnya, di Indonesia pada 2018 vape mulai dicukaikan. Bahkan di tahun 2021 ini mau dibikinkan Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh Kementerian Perdagangan dan Perindustrian sehingga Vape makin diterima pasar. 

"Untuk diketahui saja, sejak dicukaikan di tahun 2018, industri vape Indonesia telah menyumbangkan pemasukan pajak Rp 150 milliar. Di tahun 2019 naik menjadi Rp 420 milliar, dan di tahun 2020 naik lagi menjadi Rp 680 milliar. Kini saya bersama pegiat Vapor khususnya di Kota Bima, berharap agar vape di bikin SNI oleh Kementerian Perdagangan, sehingga Vape makin diterima pasar," ungkap Rian.

Terlepas dari hal itu, pada 2020-2022 bisnis Vapor mengalami kelesuan gara-gara pandemi Covid-19 melanda dunia. Tak terkecuali di Kota Bima. 

Terlepas dari hal itu, usaha yang kami geluti saat ini untuk membagikan pengalaman hingga memotivasi kaum milenial untuk memulai berbisnis dengan beberapa ide dan gagasan yang luar biasa, semua itu bertujuan agar anak bangsa bisa menciptakan lapang pekerjaan baru dan meningkatkan perekonomian Indonesia di tengah pandemi," tandas Ryan.

Ditambahkannya, Cloud Vape mempunyai akun Instagram yakni @Cloudvape1. "Buat temen-temen bisa cek langsung di IG dan boleh juga langsung berkunjung di toko Cloud Vape yang terletak di jalan Sultan Hasanuddin Kota Bima (samping lampu merah masjid raya), buka setiap hari pukul 08.00 - 21. 00 Wita. Sekali lagi yang mau nanya bisa DM langsung di IG," pungkasnya.

Dia juga berpesan, terutama buat milenial. Saat ini mungkin sektor konvensional sedang mengalami krisis. Namun jangan salah era digital saat ini begitu banyak peluang. Semua tetap bisa dilakukan meski di rumah saja.

Akun Instagram Cloud Vape Kota Bima.

Peluang Bisnis Vape, Semakin Naik Daun di Kalangan Kaum Muda

Beberapa tahun belakangan ini vape atau rokok elektrik sudah menjadi tren baru, sebagai pengganti rokok bagi anak muda. Laju jumlah pengguna vape makin tahun kian banyak, sehingga bisnis vape menjadi salah satu pilihan usaha yang terbilang menjanjikan.

Tren vape semakin menjamur di berbagai wilayah di tanah air, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Bima dan kota lainnya. Banyak para perokok juga yang beralih mengunakan vape, sebab dirasa lebih aman dan memiliki rasa yang sangat beragam.

Prospek Bisnis Vape

Bisnis vape, saat ini memang semakin naik daun dan mulai merambah ke banyak kalangan. Dengan begitu, bisnis vape memiliki prospek manis bagi Anda yang ingin coba jalankan. Bahkan dari pengalaman pebisnis yang lebih dahulu terjun di bisnis ini, mereka mengatakan bisa menghasilkan omzet belasan hingga puluhan juta tiap bulannya dari satu gerai toko.

Untuk memulai bisnis vape, Anda terlebih dahulu perlu menentukan konsep bisnis yang akan dijalankan. Apakah bisnis vape ini berupa toko online, gerai toko offline, atau hanya membuat produk liquid saja. Anda dapat menyesuaikannya sendiri dengan modal dan keinginan usahanya seperti apa. Jika memiliki modal yang terbatas maka membuka toko online bisa menjadi salah satu pilihannya.

Toko Vape Biasanya Memiliki Hal Ini Untuk Menjaga Kepercayaan Konsumen

Dalam menjalankan sebuah bisnis kepercayaan merupakan salah satu kunci utama dalam meraih kesuksesan usaha. Apabila bisnis Anda sudah dipercaya maka tentunya pelanggan atau konsumen tidak akan ragu lagi membeli produk yang ditawarkan tanpa merasa khawatir ditipu atau dirugikan.

Hal yang dapat membantu usaha Anda semakin dipercaya ialah legalitas atau status resmi usaha. Dengan legalitas, usaha yang Anda jalankan akan tercatat resmi dan memiliki ketetapan hukum yang sah. Kebanyakan toko vape ternama dan ramai pembeli memiliki legalitas usaha yang sah. Sebab produk vape sendiri merupakan produk yang ditujukan untuk orang dewasa atau yang berusia 18 ke atas.

Kelebihan Bisnis Vape

Sebagai sebuah usaha, bisnis vape memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bisnis lainnya. Hal ini dapat menjadi nilai tambah yang baik bagi Anda yang sedang mempertimbangkan ide bisnis untuk dijalankan secara serius. Beberapa kelebihan dari bisnis vape seperti :

1. Bisnis Vape Memiliki Banyak Ragam Produk dan Varian untuk Dijual

Kelebihan pertama bisnis vape dapat menjadi usaha yang menggiurkan ialah banyaknya produk dan varian vape untuk dijual. Salah satu produk vape yang reguler dibeli konsumen adalah liquid. Cairan liquid berguna untuk menciptakan rasa ketika dioleskan di mod vape atau rokok elektriknya.

Botol liquid sendiri memiliki ragam rasa yang unik seperti cokelat, mangga, blueberry, vanila, tiramisu, dan rasa-rasa lainnya. Dengan begitu, Anda dapat menentukan sendiri jenis produk apa serta range harga produknya yang akan dijual.

2. Bisnis Vape Tergolong Ramah Kepada Reseller atau Pebisnis Pemula

Anda dapat menjadi seorang reseller produk vape apabila memiliki modal yang minim dan terbatas. Bisnis vape terkenal dengan keramahannya kepada para reseller produk. Banyak vendor atau distributor besar yang dapat diajak kerjasama untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Maka sebagai pebisnis pemula Anda akan sangat terbantu akan kemudahan tersebut. Hal yang perlu Anda lakukan ialah mencari tahu kontak atau alamat dari distributor atau vendor tersebut. Melalui berbagai sumber seperti informasi di internet, sosial media, atau melalui orang yang bekerja disana.

3. Bisnis Vape Memiliki Jaringan Komunitas yang Luas dan Konsumen yang Royal

Kelebihan bisnis vape terakhir di pembahasan kali ini ialah adanya jaringan komunitas yang luas dan habit konsumen yang royal. Dengan hadirnya tren vape di tengah masyarakat, mendorong sebagai orang untuk mendirikan komunitas vape di Indonesia. Saat ini komunitas vape telah banyak bermunculan dan berkembang di banyak Kota.

Dengan komunitas yang semakin luas, maka secara otomatis produk vape juga akan semakin dikenal pebisnis vape itu sendiri. Selain itu, vape juga dikenal dengan para konsumennya yang royal.

Mereka rela merogok kocek hingga jutaan rupiah demi menyalurkan kesukaan pada berbagai jenis produk vape. Bahkan, dari mereka ada yang menjadi addict dan tidak bisa terlepas dari kegiatan ngevape dalam kesehariannya.

Jenis-Jenis Produk Bisnis Vape

Vape memiliki ragam produk dan varian rasa liquid untuk dijual. Beberapa produk memang secara reguler perlu dibeli seperti botol liquid. Berikut jenis-jenis produk vape yang umum dan dijual di gerai atau toko vape : Botol Liquid, Mod, Coil, Kapas, Atomizer, Charger atau Baterai.

Itulah sejumlah pembahasan mengenai peluang dan kelebihan bisnis vape yang semakin naik daun dan manis di kalangan kaum muda. Bisnis ini memang memiliki prospek menjanjikan dengan profit keuntungan hingga puluhan juta rupiah apabila Anda jalankan secara serius. Sebagai pebisnis pemula tentunya Anda dapat memilih usaha ini karena beberapa kelebihannya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.