Kapolres Bima Kota, Bicara Dari Memastikan Angka Kriminal Menurun dan Beramal di Bulan Ramadhan

Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, S.IK, MH

Visioner Berita Kota Bima-Sampai dengan hari ini, tercatat belum sampai setahun AKBP Rohadi, S.IK, MH menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. Kendati demikian, sosok yang dikenal ramah, santun, humble, terbuka untuk semua orang dan dinilai kaya akan kesolehan sosialnya ini berhasil membuktikan keberhasilanya dalam pengungkapan beragai kasus kejahatan luar biasa (ekstra ordinary crime) di wilayah hukum Polres Bima Kota.

Antara lain terkait pengungkapan kasus Narkotika jenis sabu seberat 1 Kg lebih milik oknum Aparat Sipil Negara(ASN) yang juga tergolong bandar besar-sebut saja Muhammad Isnaini alias Gembel (39) yang kini kasusnya tengah disidangkan oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Raba-Bima. Pengungkapan kasus barang haram sekaligus perusak tatananan kehidupan sosial masyarakat serta nasib dan masa dean anak bangsa khususnya generasi muda tersebut (sabu), tercatat sebagai yang terbesar perdana dalam sejarah terbentuknya Polres Bima Kota.

“Perang melawan peredaran Narkotika jenis sabu maupun Miras, terus kita galakan dan tak ada istilah kata akhir. Pengungkapan kasus sabu oleh dua Tim di Satresnarkoba Polres Bima Kota (Cobra Alpha dan Cobra Bravo), tentu saja dilakukan. Para pelakunya ada yang sudah divonis penjara dan ada pula yang masih menjalani proses hukum. Perang melawan barang haram tersebut merupakan atensi Kapolri melalui Kapolda NTB yang tentu saja wajib hukumnya ditindaklanjuti oleh seluruh Kapolres yang ada di wilayah hukum Polda NTB. Sedangkan di Bulan Suci Ramadhan 1444 H (2023) ini, Satresnarkoba Polres Bima Kota berhasil mengungkap sejumlah kasus, baik Narkoba jenis sabu maupun Miras,”  tegas Rohadi diampingi Wakapolres setempat, Kompol Mujahidin, S.Sos kepada sejumlah Awak Media, Rabu (11/4/2023).

Selain itu, sosok kelahiran Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berbasis Reserse Kriminal (Reskrim) yang dikenal taat dalam beribadah ini juga menegaska tak ada toleransi bagi para pelaku yang memblokir jalan. Hal itu tercermin kepada sejumlah pelaku asal Kecamatan Ambalawi-Kabupaten Bima yang ditangkap dan kemudian diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Pelakunya ada yang sudah divonis penjara oleh pihak Majelis Hakim pada PN Raba-Bima. Dan ada pula yang sedang menjalani proses hukum. Selain mengganggu ketertiban umum, aksi memblokir jalan juga menganggunggu ketertiban umum. Olehnya demikian, bagi kami tak ada toleransi bagi pihak yang memblokir jalan. Jika ada aspirasi yang ingin disampaikan, jangan jadikan jalan raya sebagai sasaran. Tetapi, sampaikan pada alur yangtelah disediakan oleh Negara,” imbuhnya.

Atensi keras lainya dari Rohadi yang wajib ditindaklanjuti oleh oleh Sat  Reskrim setempat adalah terkait kasus kejahatan terhadap anak dibawah umur, pemerkosaan, perkelahian antar kampung, kasus panah-memanah yang diakui telah memakan banyak korban, Pencurian dan Kekerasan (Curas), pencurian dan Pemberatan (Curat) hingga kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor). Dari beragam kasus kejahatan luar biasa itu pula, sejumlah Unit pada Satreskrim Polres Bima Kota dibawah kendali Iptu Muhammad Rayendra Rizqiila Abadi Putra, S.T.K, S.IK diakui berhasil menangkap dan memproses para pelakunya sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Dalam mengungkap berbagai kasus kejahatan tersebut, Tim Puma I dan Puma II berhasil membuktikan kemampuanya di dalam bekerja. Terkait kasus kejahatan terhadap anak dibawah umur yang para pelakunya berhasil ditangkap dan dipenjara, kami terus meghimbau kepada para orang tua serta keluarganya agar tetap waspada dan mawas diri. Soal kasus Curat, Curat dan Ciranmor-kami juga menghimbau agar masyarakat tetap berjaga-jaga (antisipasi), mawas diri dan tetap waspada pula. Sedangkan soal kasus panah-memanah, para pelakunya berhasil ditangkap. Mereka ada yang sudah divonis penjara dan ada pula yang sedang menjalani proses hukum. Sementara terkait kasus perkelahian antar kampung, yang kami kedepankan adalah pendekatan persuasif dan Alhamdulillah hasilnya sangat efektif,” tandasnya.

Di Bulan Suci Ramadhan 1444 H (2023 M) ini, Rohadi memastikan bahwa angka kriminal di wilayah hukum Polres Bima Kota sangat menurut jika dibandingkan dengan di bulan-bulan sebelumnya. Dalam kaitan itu, pihaknya menggunakan sejumlah strategi penanganan. Antara menempatkan sejumlah personil Polisi di berbagai titik startegis di Kota Bima pada moment rawan sore, menempatkan seluruh Bhabinkamtibas yang bekerjasama dengan Babinsa pada Kodim 1608/Bima di seluruh Kelurahan dan Desa di wilayah hukum Polres Bima Kota untuk menekan kondisi kebisingan di saat masyarakat sedang tidur nyenyak di Bulan Ramadhan, memasang personil Polisi yang non Muslim di seluruh Masjid/Musholah di saat masyarakat melaksanakan kegiatan Ibadah Sholat Tarawih dan mengantisipasi sekalgus menyikapi secara tegas oknum-oknum yang membunyikan petasan di malam hari di saat Bulan Ramadhan.  

“Dari keragaman strategi penananganan tersebut, Alhamdulillah angka kriminalis di wilayah hukum Polres Bima Kota di Bulan Ramadhan ini sangat menurun jika dibandingkan dengan dibulan-bulan sebelumnya. Capaian tersebut juga dikarenakan oleh tingginya kesadaran partisipasi masyarakat, para Tokoh Agama, Pemuda dan lainya. Oleh sebab itu, kami nyatakan apresiasi dan berterimakasih yang sebesar-besarnya. Untuk ke depanya, kita berharap agar kerjasama yang baik ini bisa dipertahankan, dijaga dan dilestarikan sampai kapanpun,” harap Rohadi.

Sementara jelang hari raya Idul Fitrih 1444 H ini, pihaknya yang bekerjasama dengan pihak TNI pada Kodim 1608/Bima, Sat Brimob Batalyon C Pelopor, Sat Pol PP Kota Bima, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat kini mulai membangun Posko Pengawasan (Pospawas) dan Posko Pengamanan (Pospam). Pospawas dan Pospam tersebut, ditegaskanya bertujuan untuk mengantipasi terjadinya berbagai bentuk kerawanan.

Moment Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, S.IK, MH Menyerahkan Bingkisan Idul Fitrih Kepada Wartawan, Rabu Malam (11/4/2023)
“Yakni mulai dari Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) hingga mengantisipasi terjadinya berbagai bentuk kejahatan jelas hari Raya Idul Fitrih 1443 H. Pospawas dan Pospam tersebut dibangun di sejumlah tempat. Yakni di kawasan Amahami, Pelabuhan Bima, pintu masuk dari Kabupaten Bima keKota Bima yakni di wilayah Kelurahan Jatibaru dan di wilayah Kelurahan Kumbe Kecamatan Rasanae Timur-Kota Bima,” terang Rohadi.

Terlepas dari itu, di Bulan Suci Ramadhan 1444 H ini, pihaknya juga memanfaatkan untuk membagikan rezeki kepada para pihak yang dinilai sangat membutuhkanya. Aksi mulia tersebut bukan saja dalam bentuk membagikan makanan berbuka Puasa (Takjil) kepada para pengguna jalan raya di Kota Bima. Tetapi juga menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada fakir-miskin di wilayah hukum Polres Bima Kota.

“Selain itu, di Buan Suci Ramadhan ini kami juga menyerahkan bantuan seala kadarnya untuk kelanjutan pembangunan Masjid dan Musholah di Kota Bima. Kami berharap agar bantuan tersebut memiliki manfaat bagi para penerimanya. Dalam kaitan itu pula, kami juga sangat berharapagar hal yang sam juga bisa dilakukan oleh pihak-pihak lain yang memiliki rezeki lebih dari Allah SWT,” harap Rohadi.

Masih soal bantuan kemanusiaan, pihaknya juga sudah memprsiapkan Sembako yang dala waktu dekat diberikan kepada fakir-miskin yang ada di wilayah hukum Polres Bima Kota. Bantuan tersebut, antara lain dalam bentuk bers, minyak goreng dan lainya.

“Bantuan yang sudah kami persiapkan tersebut bukan saja bersumber dari Polres Bima Kota. Tetapi juga diperoleh dari berbagai Mitra Polres Bima Kota. Dalam kaitan itu pula, kami nyatakan apresiasi dan terimakasih kepada para Mitra yang telah memberikan sebahagia rezekinya kepada fakir-miskin melalui kami di Polres Bima Kota ini,” tuturnya.

Lagi-lagi soal aksi beramal, Rabu malam (11/4/2023) Kapolres Bima Kota yang didampingi Wakapolres setempat menyerahkan bingkisan Idul Fitrih 1443 H kepada sejumlah Awak Media sebagai Mitra kerjanya. Bingkisan tersebut yakni berupa menu pelengkap untuk berbuka Puasa dan makan sahur dan lainya.

“Maaf, hanya itu yang bisa kami berikan untuk rekan-rekan Wartawan. Pada kesempatan ini kami menyatakan apresiasi,terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada rekan-reka Wartawan atas kerjasamanya yang baik dengan Polri. Diharapkan agar kerjasama yang baik ini bisa dijaga, dipertahankan dan dilestarikan sampai kapanpun. Sebab, Media Massa merupakan salah satu pilar penting yang mendukung kinerja Polri, terutama kami di Polres Bima Kota. Dan kesuksesan Polri dalam pengungkapan berbagai kasus hingga terciptanya Kamtibmas daerah ini, salah satunya tercipta atas kontribusi positif yang dipersembahkan oleh rekan-rekan Wartawan pula,” pungkas Rohadi. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.