“Arab Pindah ke Kabupaten Bima”

Inilah Bibit Kurma Yang Siap Dibudidayakan di KTM

Tambora Tersebut
Visioner Berita Kabupaten Bima-Rabu (2/10/2019), muncul sebuah fenomena menarik bertemakan “Arab pindah ke Kabupaten Bima”. Itu maksudnya bukan Arab Saudi pindah ke Kabupaten Bima. Tetapi ada sebuah terobosan baru nan cerdas dari para Santri di Bima.

Bentuknya, sebuah tumbuhan yang bermanfaat terutama untuk santapan buka Puasa bersama yakni Kurma yang saat ini mau dibudidaya-diikembangkan di wilayah Kawasan Terpadu Mandidi (KTM) yang berlokasi di Kecamatan Tambora. Jika selama ini kebun Kurma lebih akrab dengan lingkungan Arab, maka sekarang pemandangan seperti itu akan terwujud di Kabupaten Bima.

Kepala Bidang Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima,  Aris Munandar, ST MT mengatakan, KTM Tambora akan di jadikan Embrio Produksi Perintis Kurma Tropis (EPPKT) di Indonesia. “Saat ini terdapat 1.000 bibit Kurma yang sudah bertunas di KTM. Ini merupakan pilot program yang lahir atas ide para Santri di Kabupaten Bima,” jelas Aris.

Aris menjelaskan, bibit Kurma ini berasal dari Thailand, dan selama ini belum ada yang merintis. “Kurma ini dibudidayakan di Kebun di wilayah KTM,” ujarnya. Selain Kebun Kurma,  pihaknya juga sedang mengembangkan peternakan sapi komunal. Kegiatan tersebut, merupakan dukungan dari Kementerian Tenaka Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) yang berkolaborasi dengan  Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah,” jelas Aris yang secara resmi sudah dilantik sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat oleh Bupati Bima pada Rabu (2/10/2019) ini.

Anton kemudian berharap, ke depan program ini mampu membawa Kabupaten Bima sebagai lumbung Kurma Indonesia". Selain program Disnakertrans, dirinya juga berharap jika ada pilot project  dari perangkat daerah lainnya yang berminat melakukan kolaborasi. Dalam kaitan itu katanya,  akan disiapkan lahan, termasuk agro wisata, shalter  point maupun  pondok wisata bagi penjelajah Tambora,” terangnya. (JASMIN/GILANG/FAHRIZ/RUDY)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.