Header Ads

Pemkab Bima Salurkan Bantuan Korban Banjir di Sanggar

Pemkab Bima Saat Menyalurkan Bantuan di Kecamatan Sanggar.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Bantuan berupa berbagai kebutuhan untuk para korban banjir bandang yang terdampak di enam Desa yang berada di wilayah Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, kini mulai didistribusikan oleh Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah-BPBD Kabupaten Bima.

Bantuan tersebut berupa kebutuhan makanan dan logistik serta peralatan rumah tangga untuk para korban banjir, yang langsung diserahkan kepada pihak Pemerintah Kecamatan Sanggar, yang kemudian akan disalurkan untuk seluruh warga korban banjir yang terdampak.

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah-BPBD kabupaten Bima, Aries Munandar mengatakan, beragam bantuan yang didistribusikan tersebut berupa kebutuhan makanan harian, Sembako, Mie Instan, dan juga peralatan rumah tangga lainnya, selain itu pihak BPBD juga menyuplai kebutuhan air bersih  dengan menyediakan tandon air berserta aksesoris pendukungnya, m yang ditempatkan secara menyeluruh di enam desa yang terdampak banjir, kemudian air bersih tersebut akan di back up melalui PDAM, Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Dinas sosial, dan  PMI serta dari pihak BPBD Kabupaten Bima.

"Selain kebutuhan makanan harian dan logistik serta peralatan rumah tangga lainnya, kami juga menyuplai air bersih dengan menydiakan tandon air di sejumlah titik yang berada di enam desa yang terdampak banjir," Kata Aries, Minggu (17/1/2021).

Inilah Bantuan Yang di Diatribusi.

Kata dia, selain itu juga pihaknya mendirikan posko induk dan dapur umum, lokasinya di halaman kantor camat, karena disini aman dari ancaman banjir yang bisa saja kembali terjadi.

Selaku Pimpinan Daerah, Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, SE, mengatakan, kedatangannya bersama dengan pihak BPBD dan Dinas Sosial beserta beberapa pihak lain yang berada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima, untuk memberikan bantuan tanggap darurat sekaligus melakukan peninjauan secara langsung terhadap para Korban banjir, mengingat peristiwa bencana banjir yang terjadi cukup parah, pihaknya berharap agar Pemerintah kecamatan Sanggar untuk melakukan rapat koordinasi kembali, karena penyebab terjadinya banjir yang kerap terjadi diwilayah kecamatan  Sanggar tersebut, diakibatkan wilayah pegunungan yang telah digunduli untuk dialihfungsikan sebagai lahan pertanian warga.

Bupati dan Wakil Bupati Bima.

"Penyebab sering terjadinya banjir di Sanggar ini kan karena gundulnya gunung yang dialihfungsikan untuk lahan pertanian, jadi kami harap pemerintah kecamatan Sanggar akan melakukan rapat koordinasi, karena bagaimanapun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri, banjir ini akan selalu terjadi," ungkapnya.

Selain meidistribusikan bantuan yang diserahkan melalui pemerintah kecamatan Sanggar, Pemerintah Daerah Melalui BPBD Kabupaten Bima juga telah mendirikan Posko Utama dan dapur umum dihalaman kantor Kecamatan setempat, serta mendirikan beberapa posko induk yang berada di beberapa titik di sejumlah desa yang terdampak banjir bandang di wilayah kecamatan Sanggar. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.