Header Ads

Pertahankan Tradisi-Budaya Bima, Dinda-Dahlan Wujudkan Terobosan Spektakuler Lewat Fashion Show

Antara Lain Peraih Juara Juara I di Dua Kategori pada Moment Fashion Show di Taman Panda Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima

Visioner Berita Kabupaten Bima-Kabupaten Bima dikenal dengan kekayaan budaya warisan leluhurnya. Antara lain tenunan Bima yang menampilkan beragam motif, corak dan warna. Kekayaan budaya warisan leluhur Bima berupa tenunan tersebut, juga diakui telah menembus pasar nasional dan bahkan dikenal dunia.

Dalam kaitan itu, Bupati-Wakil Bupati Bima yakni Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dchlan M. Noer tampaknya tak pernah tinggal diam. Perhatian besarnya di dalam menjaga, mempertahankan dan melestarikan budaya warisan leluhur Bima tersebut, diakui bukan sekeda pada moment menyambut HUT Kemerdekaan NKRI dan moment HUT Bima pada tiap tahunya.

Tetapi juga dilaksanakan pada sejumlah kegiatan penting lainya. Lagi-lagi itu, tertanggal 15-16/9/2022), Dinda-Dahlan menciptakan sejarah yang dinilai spektakuler. Yakni menggelar kegiatan acaraFashion Show. Moment spektakuler tersebut dilaksanakan di Taman Panda yang juga merupakan destinasi wisata kulinner Kabupaten Bima.

Menurut informasi yang dihimpun oleh sejumlah Awak Media melaporkan, moment yang dinilai spektakuler ini lahir atas kerjasama Pemkab Bima, Dekranasda setempat dan Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Masih menurut informasi yang diperoleh sejumlah Awak Media, kegiatan ini bukan saja menampilkan beragam motif, corak dan warna tentunan Bima yang sudah dalam bentuk baju serta celana. Tetapi juga dijelaskan sebagai moment bertarungnya para designer handal Bima dan lainya.

Olehnya demikian, moment luar biasa ini ditegaskan bukan bersifat serimonial. Tetapi diakui lebih memperkenalkan khasanah kekayaan Bima baik di mata Nasional maupun dunia. Sementara bagi para juara, disebutkan bukan sekedar mendapatkan uang masing-masing senilai Rp1 juta lebih. Tetapi juga mendapatkan hadiah lain berupa piala.

Kegiatan Fashion Show ini juga diakui memberikan kesempatan kepada sejumlah elemen di Kota Bima. Dan Festival Bima RAMAH ini mengusung tema, “Khasanah Fashion Mendunia Yang Ramah”. Moment spektakuler yang sukses memberikan efek positif bagi peningkatan pendapatan dan kesehateraan para kulinner di Panda Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Feriyandi, S.IP ini dijelaskan menampilkan sejumlah kategori.

Berikut kategori yang ditampilkan pada moment terebut dan para juaranya. Kategori rancang busana pakaian kerja dari bahan kain tenun Bima untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Juara I diraih perancang Siti Fatimah Azzahra (Desa Rabakodo-Woha) yang diperagakan oleh dan Siti Fatimah Azzahra dan Zulkarnain (Dinas Damkar Kabupaten Bima), Juara II pada kategori ini diraih busana rancangan Ety Kurnianingsih, SE (Kelurahan Penanae Kota Bima) yang diperagakan Rifki Munadi, SH dan Nadia Aprilia SE (BPKAD) Kabupaten Bima.

Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Feriyandi, S.IP (Paling Kanan) Bersama Sang Juara Pada Momen Fashion Show Dimaksud

Pada kategori OPD ini,  Juara III diraih rancangan Rohmiliar, SE, (Kelurahan Melayu Kota Bima) yang diperagakan Iqra dan Sri Wahyuni (Setda), Juara IV diraih perancang Ika Virda Apriati SE, (BTN Rontu) yang diperagakan Tri Juniarto S.STP dan Ika Virda (Setwan). Kategori ini juga menempatkan dua juara favorit yaitu busana hasil rancangan  Moh Fahril Hidayat Monggonao Kota Bima) yang diperagakan Moh Fahril Hidayat dan Maghfira Gita Savitri (BKD) serta  rancangan Susmawindardhani (Monggonao Kota Bima) yang diperagakan Andika Nafiulrizki dan Susmawindardhani (Dinas Pertanian).

Untuk lomba rancang busana pesta dari bahan tenun Bima hasil rancangan Rahmiati A.Md.Kom (Desa Sangia Sape) yang diperagakan pasangan  Camat Sape M. Akbar SP, M.Si dan Siti Rahmah meraih Juara I, selanjutnya juara II Pada kategori ini diraih perancang Syahidah Amaninah, SE (Desa Samili-Woha) yang diperagakan Camat Woha Irfan H.M.Nor S.Sos dan Jumraqaidah. Busana hasil karya Miftahul Jannah S.Pd (Rabangodu Utara Kota Bima) yang diperagakan Camat Tambora Fadilah S.S dan Miftahul Jannah, S.Pd meraih Juara III dan Juara IV diraih busana hasil rancangan Siti Nurhasanah S.Pd (desa Rabakodo-Woha) yang diperagakan Camat Palibelo Drs. Darwis dan Maryam S.Pd.

Pada kategori busana santai/casual hasil rancangan Rahmiati A.Md.Kom (Desa Sangi-Sape) yang diperagakan Madinatul Hujjah berhasil meraih Juara I, disusul hasil rancangan Amrin M. Saleh (Rabangodu Utara Kota Bima) yang diperagakan Tamrin M. Saleh meraih Juara II. Selanjutnya rancangan Dedi Fahdiansyah (Penamae Kota Bima) yang diperagakan Zakiatul Safitri meraih Juara III dan hasil karya Luluk Kartika Ratih Kumala yang diperagakan Rifka Ayu meraih Juara IV. Sedangkan Juara V diraih perancang Ahmad S.Kep (Kandai 2 Dompu) yang diperagakan Ahmad S.Kep dan hasil rancangan Putri Aini (Paradowane) yang diperagakan Rosdiana meraih juara VI.

Sedangkan untuk kelompok lomba Rancang Busana anak SD hasil rancangan Syahidah Amaninah S.Pd (Desa Samili-Woha) yang diperagakan oleh Dika dan Aisyah (MIN 5 Bima) meraih Juara I. Rancangan Fitria Ramdhani Amd.RMK (Desa Tangga-Monta) yang peragakan oleh Muh. Alif dan AM. Faiqoh (MIS Tangga) meraih Juara II. Selanjutnya busana sekolah rancangan Rahmiati A.Md.Kom (Desa Sangia Sape) yang diperagakan oleh Rayyan dan Adelia (SDN Inpres Naru dan SD IT Az Zauti Sape) meraih Juara III dan Juara IV diraih rancangan Fitrianingsih (Desa Kananga Bolo) yang diperagakan oleh M. Fitrah  (SDN 1 Sila dan Naufa Arini (SDIT Al Azzam).

Sementara pada kategori busana sekolah untuk tingkat SMP yangdirancang oleh Rahmiati A.Md.Kom (Desa Sangia Sape) yang diperagakan Raihan dan Stefani (SMPN 1 Sape) meraih juara 1, disusul busana rancangan Fitri Ramdhani A.Md (Desa Tangga-Monta) yang diperagakan Alif Riska Ramadhan dan Rini Indahwati  (SMPN 1 Monta) sebagai Juara II. Juara III busana rancangan Suyati (Rabangodu Utara Kota Bima) yang diperagakan Aiman Faruk (SMPN 1 Karumbu) dan Annisa Faiqa (SMP 1 Langgudu) berhasil meraih juara III dan juara IV diraih perancang Miftahul Jannah S.Pd (Kelurahan Rabangodu Utara Kota Bima) yang diperagakan Fardin dan Ruhul Khusnul Khotimah (SMPN 1 Tambora).

Dan pada Lomba Marawis antar kecamatan, Juara I diraih Grup Marawis Kecamatan Woha disusul Grup Marawis Kecamatan Madapangga pada posisi Juara II. Selanjutnya, Juara III disabet Grup Marawis Kecamatan Monta, Juara Harapan I  Kecamatan Sape, Juara Harapan  II Kecamatan Bolo dan Juara Harapan III Kecamatan Parado. Para juara mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piala serta Piagam dari pihak Panitia Penyelenggara.

Liputan langsung sejumlah Awak Media pada moment Fashion Show yang dilaksanakan selama hari berturut-turut tersebut melaporkan, warga yang datang dari berbagai pelosok juga hadir untuk menyaksikanya. Keramaian yang terjadi hingga malam hari karena dipicu oleh moment spektakuler tersebut, diakui berhasil memberikan keuntungan besar pagi para pedagang terutama para kulinner di sepanjang jalan di Taman Panda. (FAHRIZ/JOEL/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.