Setelah Dinyatakan Legal Oleh Dewan Pers, IMO Indonesia Siap Gelar Rakernas Perdana di Bali


Ketua Umum DPP IMO Indonesia, Yakub F. Ismail
Visioner Berita Bima-Ikatan Media Online (IMO) Indonesia merupakan sebuah wadah yang memayungi Wartawan di Media Online. Setelah Dewan IMOdinyatakan legal oleh Dewan Pers, oganisasi ini secara resmi pula telah membentuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Bukan itu saja, IMO Indonesia pun sudah membentuk Cabang berbagai daerah (Kabupaten/Kota) di Indonesia termasuk di NTB. Oleh karenanya, kini Wartawan Media Online Indonesia sudah bernapas lega dan bahkan bangga. Sebab, IMO Indonesia telah hadir sebagai Organisasi yang memayunginya.

Setelah dinyatakan legal oleh Dewan Pers Pers yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan deklarasi di Grand Hotel Cempaka-Jakarta pada (27/10/2017), dalam waktu dekat IMO Indonesia akan menggelar kegiatan yang dinilai spektakuler di Denpasar-Bali. Yakni melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) perdana. Rakernas IMO ini, akan berlangsung di Puri Saron Hotel-Bali. Rakernas IMO Indonesia di Bali akan berlangsung pada 13-15 Pebruari 2018. “Tagline kegiatan Rakernas perdana di Bali ini, IMO-Indonesia Siap Menjadi Mitra Strategis,” tegas Ketua Umum DPP IMO-Indonesia, Yakub F. Ismail, kepada sejumlah awak media.

Pada Rakernas itu paparnya, DPP IMO-Indonesia akan menyampaikan beberapa capaian dan program kerja. Diantaranya, memfasilitasi pembuatan Film Jurnalistik “Serumpun Sebalai” karya Victory News dengan Produser eksekutif  Wendy Oktavianus. Selain itu, memfasilitasi pembuatan Buku Jurnalistik Online “Rahasia Sukses Mengelola Media Online ” karya Ferry Komeng.
Yakub menjelaskan, DPP sudah membuat nota kesepahaman (MoU) dengan dua Notaris di Jakarta yang akan membantu rekan-rekan anggota IMO secara nasional untuk dapat membuat badan usaha Perseroan Pers secara kolektif dengan harga yang terjangkau. “DPP IMO Indonesia juga membuat MoU untuk Sentra Release dengan Pemerintah secara berjenjang. Di Pusat misalnya, dengan Kementerian, TNI, Polri, Badan/Lembaga Negara. Demikian pula di Tingkat Provinsi serta Kabupaten dan Kota,” terangnya.
“Releasenya akan diintergasikan dengan Website imo-indonesia.com, yang juga dalam waktu yang sama dapat langsung tersebar kepada seluruh anggota secara nasional via subscribe imo-indonesia.com,” sambungnya seraya menegaskan, “DPW IMO-Indonesia Bali akan menjadi  pilot project dari program tersebut,” urainya.
Pengurus DPW IMO Indonesia NTB, Abdul Sukur, ST
Pada moment Rakernas di Bali tuturnya, DPP juga akan memberikan Sertifikat kepada anggota yang telah tergabung dengan IMO-Indonesia. Selain melantik pengurus DPW Bali dan pengukuhan DPW lainnya secara kolektif, momentum Rakernas ini juga mengagendakan penyempurnaan AD/ART dan Peraturan Organisasi untuk selanjutnya diharapkan dapat menjadi pegangan seluruh anggota dalam menjalankan roda organisasi.
“Paparan-paparan mengenai bidang pengembangan usaha, mungkin saja direalisasikan. Tetapi yang terpenting, mekanisme dari usaha tersebut berujung kepada kesejahteraan anggota. Hal-hal lainya, penyampaian regulasi media online dan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 dan ITE juga sangat penting untuk dipaparkan pada momentum Rakernas ini,” tegasnya.
Momentum Rakernas di Bali, juga akan diisi dan dimanfaatkan untuk kegiatan ramah tamah serta keakraban sesama anggota dengan agenda City Tour, dan Dinner di Cruiseline yang akan ditutup dengan Nonton Bareng (Nobar) Film Jurnalis “Serumpun Sebalai”. Khusus film ini, diperkirakan Agustus mendatang akan dapat tayang di seluruh jaringan XXI secara nasional.
DPW IMO-Indonesia Dipastikan Hadir di Arena Rakernas Perdana
Rakernas PerdanaIMO Indonesia yang akan diselenggarakan di Denpasar-Bali, dinilai bukan saja sebagai sesuatu yang sangat penting sekaligus kebanggaan bagi kalangan Pengurusnya dan anggota yang dinaunginya. Tetapi, kegiatan spketakuler (Rakernas) ini merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu.
Sukseskan Rakernas Perdana IMO Indonesia di Denpasar-Bali
Pada perhelatan Rakernas Perdana ini, terungkap bahwa seluruh DPW IMO Indonesia di berbagai penjuru Nusantara, dipastikan akan hadir. Hal tersebut, dikemukakan oleh Pengurus DPW IMO-Indonesia Nusa Tenggara Barat (NTB), Abdul Sukur, ST. “Saya dan Ketua DPW IMO Indonesia NTB akan hadir pada moment Rakernas ini. Dan DPW IMO Indonesia di seluruh Nusantara, juga akan hadir pada Rakernas ini,” ujar Sukur.
Ketegasan Ketum DPP IMO-Indonesia bahwa organisasi ini hadir sebagai wadah diskusi dan mempererat relasi antarindustri media dan stake holders, serta mendorong jurnalisme ciber agar mampu beradaptasi dengan terhadap perkembangan teknologi (Era Digital).
Jelasnya, IMO-Indonesia memiliki peran kuat dalam mereduksi pemberitaan hoaks, produksi pemberitaan yang objektif dan sesuai fakta akan terakumulasi yang efeknya membentuk citra positif, bukan saja di Indonesia, tetapi juga luar negeri. “IMO hadir menepis berita hoaks, sementara mempererat semangat kebangsaan dan kebhinekaan adalah yang utama. Rakernas pertama IMO-Indonesia di Bali akan membahas soal AD/ART organisasi. Selain itu, juga akan ada kegiatan hearing terkait perkembangan Media Online yang mencakup isu-isu strategis,” tuturnya. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.