Header Ads

Berguru Pada Bima, Mabar Siap Gelar Event Pacuan Kuda Perdana Merebut Piala Bupati

Ketua Pordasi Mabar-NTT, Feri Adu
Visioner Berita Mabar, NTT-Event pacuan kuda tradisional yang berkali-kali sukses dilaksanakan oleh jajaran Pordasi Koda dan Kabupaten Bima, tampaknya catatan penting bagi daerah lain di Indonesia. Tak hanya mampu memberikan efek posifitif bagi sejumlah pihak terutama pada sisi peningkatan ekonomi kesejahteraan masyarakat, event pacuan kuda tradisional Bima juga diakui paling hebat karena kamapuan para joki ciliknya yang justeru jauh berbeda dengan yang terjadi di daerah lain yang menampilkan joki-joki dewasa.

Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) NTT misalnya, tak segan mengaku iri dan tertarik dengan kesuksesan Kabupaten dan Kota Bima terkait pelaksanaan event pacuan tradisional yang diakui sangat spektakuler. Untuk itu, orang Bima harus bangga. Oleh karenanya, Mabar NTT akan menjadikan Bima sebagai guru alias motivator bagi pelaksanaan pacuan kuda. Hal tersebut, dikemukakan langsung oleh Ketua Pordasi Mabar-NTT, Feri Adu kepada Visioner melalui saluran selulernya, Jum’at (17/5/2018).

“Berguru pada Bima, Mabar akan menggelar even pacuan kuda perdana. Kegiatan tersebut, akan dilaksanakan pada Agustus 2018 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI sekaligus merebut piala Bupati Mabar,” jelas Feri Adu yang juga aktivis lingkungan ini.

Mantan aktivis yang dikenal tegas dan berani ini menjelaskan, jelang event perdana pacuan kuda merebut piala Bupati Mabar ini, saat ini pihaknya sedang melakukan penataan hall atau arena pacuan kuda di Desa Timbu Nampar Kecamatan Komodo Kabupaten Mabar-NTT.

“Peserta pacuan kuda nantinya, akan kami undang dari Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawam, KSB dan bahkan sejumlah daerah di pulau Lombok-NTB. Sementara untuk peserta di dataran Flores, kami akan undang Pordasi Sumba, Manggarai Timur dan lainnya. Undangan tetrsebut, tentu saja akan dilakukan melalui Asosiasi Pordasi,” terang Feri.

Diakuinya, Bupati Mabar yakni Drs. Agustinus CH. Dula mengaku sangatv tertarik dengan kesukses Bima dalam melaksanakan event pacuan kuda tradisional. Dari ketertarikanya itu, Bupati Mabar berkeinginan besar melaksanakan event Pordasi di Kabupaten Mabar. “Agustus 2018 merupakan event Pordasi perdana dalam sejarah terbentuknya Kabupaten Mabar. Oleh karenanya, Bupati Mabar saat inilah sebagai penggagas event pacuan Kuda di Kabupaten Mabar ini,” tandasnya.

Inilah event pacuan kuda tradisional Bima yang menamilkan joki-joki cilik hebatnya
Menjawab pertanyaan terjkait hadiah yang akan diperoleh para juara pacuan kuda nantinya, Feri mengaku jelas ada. Namun, hal tersebut perlu dibicarakan dengan seluruh panitia Pordasi Mabar dan Bupati Mabar pula.

“Yang jelas hadiahnya ada, dan tentu saja akan kami persiapakan. Pelaksanaan pacuan kuda tradisional perdana di Mabar ini, diamati akan berlangsung spektakuler dan sangat ramai. Betapa tidak, sejumlah daerah baik di NTB maupun di NTT akan hadir meramaikannya. Kita juga berencana akan mengundang Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, Walikota Bima dan Bupati-Bupati dui NTT. Pacuan kuda tradisional perdana ini, juga berorientasi kepada pengembangan dunia wisata di Mabar,” terangnya.

Secara terpisah, Ketua Pordasi Kota Bima Feri Sofiyan, SH mengaku senang dan bangga bahwa kesuksesan event pacuan kuda tradisional Biman yang sudah berlangsung berkali kali telah dijadikan sebagai guru sekaligus motivator bagi Kabupaten Mabar-NTT.

“Ini tentunya menjadi catatan penting bagi seluruh masyarakat Kota dan Kabupaten Bima. Pada pelaksanaan event pacuan Kuda perdana di Mabar di Bulan Agustus 2018, Insya Allah kami akan hadi di sana. Namun sebelumnya, hal tersebut tentu saja akan kami koordinasikan dengan pihak Pordasi Kota dan Kabupaten Bima. Sekali lagi, terimakasih kepada Bupati Mabar berikut pihak Pordasinya. Dan, terimakasih juga kepada seluruh warga Kota dan Kabupaten Bima, warga Dompui, Sumbawa dan KSB serta Mabar yang telah berpartisipasi aktif terkait pelaksanaan pacuan kuda tradisional Bima selama ini,” papar Calon Wakil Walikota Bima periode 2018-2023 berpasangan dengan H. Muhammad Lutfi, SE (Lutfi-Feri) ini. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.