Header Ads

Poros Pemuda Nusantara Gelar Aksi Pertahankan Akmal Tetap Jadi Kasat Reskrim Polres Bima Kota

Dari arena Aksi pertahankan Akmal sebagai Kasat Reskrim Polres Bima Kota Oleh Poros Pemuda Nusantara
Visioner Berita Kota Bima-Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Iptu Akmal Novian Reza S.IK diakui telah membuktikan kinerja terbaiknya pada hal baru menjabat sekitar lima bulan lebih di Mapolres setempat. Diantaranya, pengungkapan dua kasus pembunuhan di Kota Bima yakni di Kendo dan di Gilipanda Kota Bima, pengungkapan kasus kejahatan keras (Jatanras) layaknya penjamretan-pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), kasus pencurian satwa langka dan sejumlah kasus bersar lainnya.

Namun, minggu-minggu terakhir ini terhendus kabar bahwa Akmal telah dikeluarkan Trnya oleh Kapolda NTB menjadi Kasat Narkoba Polres Lombok Barat (Lobar)-Polda NTB. Dengan tanpa melawan kebijakan Polda NTB, sebuah komunitas bernama Poros Pemuda Nusantara mengaku terkejut. Sebab, Akmal diakuinya masih dibutuhkan oleh masyarakat Kota Bima untuk untuk terus memberikan kiprah terbaiknya dalam pengungkapan kasus-kasus besar serta ikut menciptakan suasana Kamtibmas yang baik buat daerah ini.

Sebagai bentuk kecintaannya sekaligus ingin mempertahankan Akmal menjadi Kasat Reskrim Polres Bima Kota, Poros Pemuda Nusantara menggelar aksi di dua lokasi yakni di depan Mapolres Bima Kota dan di depan Kantor Walikota Bima pada Senin (4/2/2019). “#Save Akmal,” demikian tag line yang mereka usung pada spandung yang dibentangkanya saat menggelar aksi.

Koordinator aksi yakni, Arif Kurniadi SH, Usman dan Solihun dalam aksinya meminta kepada Kapolda NTB agar tetap mempertahankan Akmal menjadi Kasat Reskrim Polres Bima Kota. “Dalam mengungkap kasus besar perlu ekstra intelektual memadai, kecerdasan tinggi, sebab suatu kejahatan tidak hadir dengan sendirinya melainkan ada upaya yang mempengaruhi kejahatan tersebut. Dan, Akmal telah membuktikan kemampuannya dalam mengungkap persoalan tersebut walau jabatannya sebagai Kasat Reskrim Polres Bima Kota baru seumur jagung,” tegas ketiganya.

Ketiganya menyatakan, berkaca pada beberapa kasus yang pernah ditertangkap oleh Kasat dibawah kordinasi Akmal yakni mulai dari kasus pengungkapan bandar narkoba sampai kasus pembunuhan, dan semuanya tidak lepas dari kerja keras seorang aparat penegak hukum antara Kapolres Bima Kota dan Sat Reskrim.

“Sebut saja kasus penangkapan Budi Santoso dengan BB 1 Kg Narkoba jenis sabu, kasus pembunuhan di Kendo kecamatan Rasanae Timur. Kasus pembunuhan di Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat yang diakuinya membuat publik bertanya-tanya, sejumlah pihak dari keluarga korban Almarhum Mu’amar Ramadhoan dari Desa Ngali Kabupaten Bima dan Keluarga di Kendo pada saat itu melakukan demontrasi didepan Mapolres Bima Kota dengan tuntutan mendesak aparat kepolisian untuk segera menangkap pelaku pembunuhan.

“Untuk menjawab desakan para pendemo, akhirnya Pak Akmal sebagai Kasat Reskrim memberikan peringatan kepada keluarga korban dihadapan publik. Saat itu, Akmal dengan tegas mengatakan "percaya omongan saya bahwa akan saya tangkap pelaku pembunuhan dalam 1x24 jam". Hasilnya, Akmal mampu membuktikan janjinya. Buktinya, dalam waktu 1x24 jam, pembunuh Mu’amar Ramadhoan yakni Farhan Mustakim mampu ditangkap,” tandas ketiganya.

Atas kinerja keras yang dibuktikannya dengan nyata tersebut, juga telah mampu meredam ketegangan sepertinya yang terjadi sebelum farhan dibekuk oleh Tim Opsnal dibawah kendali Akmal. “Sikap tegas seperti ini jarang dimiliki oleh semua aparat kepolisian sehingga publik dan pihak keluarga korban sngat apresiatif kepada pihak Polres Bima Kota,” katanya.

Papar ketiganya, sederet prestasi atau kemapuan yang dimiliki oleh Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah SH, MH Sat Reskrim setempat dibawah kendali Akmal tersebut-maka atas nama Poros Pemuda Nusantara mempromosikan serta mendorong semua masyarakat agar kiranya dapat membantu dalam mempertahan posisi jabatan Akmal sebagai Kasat Reskrim Polres Bima Kota.

“Kesadaran ini adalah panggilan moral kami sebagai masyrakat dan pemuda dalam rangka mengkonvoi keliling Kota Bima sekaligus memberikan atensi kepada msyarakat sehinggap semua pihak dapat membantu dalam segala komunikasi pengungkapan kasus-kasus dan tetap dalam kondisi aman terkendali.  Itulah yang diharapkan oleh semua masyarakat demi kemajuan suatu daerah,” pungkasnya.

Selanjutnya Poros Pemuda Nusantara menyampaikan pernyataan sikapnya. Pertama, kami yang tergabung dalam Poros Pemuda Nusantara melakukan gerakan modal dalam rangka Save Iptu Akmal Novian Reza sebagai Kasat Reskrim Polres Bima Kota.

Kedua, karena kami menilai setiap kasus-kasus kejahatan kriminal besar mampu terungkap dalam tempo waktu yang sangat cepat. Dan ini merupakan sebuah langkah strategis dalam upaya penegakan hukum di Kota Bima.

Ketiga, kami pemudan aktivis beserta masyarakat Kota Bima sangat mengapresiasi gerak cepat dalam berantas kejahatan keriminal di Kota Bima. Bagi kami, Akmal sangat pantas diberikan penghargaan selaku Kasat Reskrim Polres Bima Kota.

Keempat, gerakan yang kami bangun adalah gerakan moral, panggilan jiwa untuk mempertahankan jabatan Akmal selaku Kasat Reskrim Polres Bima Kota. Besar harapan kami dan masyarakat Kota dalam rangka agar agar Akmal tidak dimutasi atau dipindahkan dalam jabatan apapun. Sebab, kami dan masyarakat Kota Bima pada umumnya merindukan sosok tegas seperti Akmals ehingga daerah ini tetap dalam kondisi aman, damai dan sejahtera.

Selanjutnya, kami mengucapkan terimakasih terhingga kepada Kapolres Bima Kota dan pemkot Bima yang senantiasa mengabdi, setia kepada masyarakat Kota Bima sehingga dapat mewujudkan cita-cita besar perubahan Kota Bima bangkit menuju Gemilang, sejuk dan tenteram. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.