Header Ads

Festival Uma Lengge Dan Pekan Budaya Maria Akan Segera Digelar

Penyelenggara Festival dan pekan Budaya

Visioner Berita Kabupaten Bima-Festival Uma Lengge yang digelar di Desa Maria Kecamatan Wawo, tercatat sebagai agenda tahunan. Kegiatan ini, diselenggarakan oleh salah satu Komunitas Budaya Bima yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dan Dinas Pariwisata Provinsi NTB.

Catatan Visioner menjelaskan, pada kegiatan Festival Uma Lengge sebelumnya sangat ramai dihadiri oleh berbagai kalangan. Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE beserta jajarannya pun ikut terlibat di dalamnya. Kegiatan itu, juga dibuka secara resmi oleh Bupati Bima.

Masih terkait Festival dimaksud, berbagai kegiatan yang berkorelasi dengan seni dan budaya Bima pun ditampilan di dalamnya. Sehingga, kegiatan ini kerap diapresiasi yangsangat baik dari berbagai kalangan baik lokal, regional maupun Nasional.

Lagi-lagi, Visioner menguak masalah menarik terkait Festival Uma Lengge sebelumnya. Kegiatan itu, selain mempertotonkan keanekaragaman seni budaya Bima juga bertujuan untuk memertahasnkan eksistensi kekhasan Dana Mbojo. Oleh karena itu, itu kegiatan ini selain memberikan dampak positif bagi daerah juga mampu memberikan dampak ekonomis bagi kehidupan masyarakat sekitar.

Sementara kegiatan Festival Uma Lengge yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, diamati bakal lebih ramai dari sebelumnya. Sebab Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Dinas tekait di Provinsi NTB direncanakan akan hadir. Oleh karenanya, pihak penyelenggara Festival ini berharap agar seluruh elemen masyarakat di manapun terutama Bima agar menyempatkan diri untuk menyaksikannya secara langsung.

Sultan Bima, Muhammad Putera Ferryandi, ST (tengah pegang mic) Bersama Panitia Penyelenggara Festival dan Pekan Budaya
Menurut panitia penyelenggara, agenda tahunan Festival Uma Lengge dan Pekan Budaya Maria 2019 kembali digelar. Event yang diselenggarakan sejak beberapa tahun ini akan berlangsung pada 7-11 september 2019. Pagelaran Festival Uma lengge dan Pekan Budaya Maria 2019 rencananya akan dihadiri langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah.

Acara yang berlangsung di lokasi wisata Uma lengge tersebut siap diramaikan oleh beberapa jenis atraksi budaya (ntumbu, mpa,a manca, bela leha dll) dan berbagai kegiatan kegiatan budaya, pengunjung juga akan disuguhkan berbagai panganan khas Wawo.

Desa Maria, yang menjadi tempat berlangsungnya event ini sudah ditetapkan menjadi desa wisata Nusa tenggara barat tahun 2019. Wisata budaya yang menjadi agenda tahunan ini memberikan sekaligus menginformasikan nilai tradisi masyarakat yang dikemas menarik ke dalam event pariwisata untuk pengunjung, jadi wajib kita ramaikan bersama. (GILANG/FAHRIZ/RUDY)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.