Header Ads

Mahasiswa Unram Bersihkan Kalaki Dalam Sekejap dan Tanam Pohon Mangrove di Panda

Moment Pembersihan Pantai Kalaki Oleh Mahasiswa-Mahasiswi Unram Program Vokasi Unram PDD Bima  (24/8/2019)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Peristiwa penumpukan sampah di sepanjang pantai kalaki Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima sesungguhnya bukan hal baru. Tetapi, telah menjadi fenomena yang terjadi secara terus-menerus hingga saat ini.

Upaya memerangi sampah di pantai Kalaki acapkali dilakukan oleh Pemkab Bima yang bekerjasama dengan pihak-pihak lain. Kendati upaya pembersihan dilakukan berulang-ulang kali, namun persoalan sampah di pantai Kalaki belum mampu dituntaskan dalam waktu satu kali saja. Sebab, di pantai Kalaki tercatat sebagai muara akhir dari sampah yang dibawa oleh gelombang laut.

Wajah Pantai Kalaki Usai Dibersihkan Oleh Mahasiswa-Mahasiswi Unram Program Vokasi Unram PDD Bima (24/8/2019)
Memerangi sampah di pantai Kalaki, juga dilakukan oleh puluhan personil Mahassiwa-Mahasiswi Program Vokasi Universitas Mataram (Unram) Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Bima. Kegiatan bhakti sosial (Bhaksos) bertemakan “Cintai Pantai Kita Sebagai Bentuk Dukung Pemerintah Daerah Menuju Bima RAMAH dan NTB Gemilang” tersebut dilaksanakan pada Sabtu pagi (24/8/2019) sekitar pukul 9.00 Wita dan beralhir sekitar pukul 10.15 Wita.

Liputan langsung Visioner pada moment tersebut menjelaskan, upaya mulia yang dilakukan oleh puluhan personil Mahasiswa-Mahasiswi Unram ini, sukses membuat pantai Kalaki menjadi bersih dan indah dalam waktu sekejap. Pada moment tersebut, merekan pun terlihat sangat kompak dalam memerangi sampah di pantai Kalaki. Sampah yang dibersihkan di sepanjang pantai Kalaki di di kumpulkan di luar dan kemudian dibuang pada tempatnya.

Aksi Penanaman Mangrove Oleh Mahassiwa-Mahasiswi Program Vokasi  Unram PDD Bima di Pantai Panda (24/8/2019)
Kerja keras kalangan akademisi tersebut, praktis saja membuat pantai Kalaki menjadi bersih dan sangat indah. Usai pembersihan dilakukan, praktis saja tak ditemukan adanya sampah di sepanjang pantai kalaki. “Ini kegiatan yang dilakukan pada akhir liburan. Sebab, Senin (26/8/2019) mereka akan kembali masuk kuliah. Hari ini ada dua mata kegiatan yang dilaksanakan. Yakni pembersihan pantai Kalaki dan penanaman pohon mangrove di pantai Panda,” tandas Wakil Direktur III Program Vokasi Unram PDD, Dedy Supriadin, S.Pt, M.Si.

Masih dalam liputan langsung Visioner, pada moment kegiatan pembersihan pantai Kalaki ini juga melibatkan pihak Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima dibawah kendali Kadis, Ir. Hj. Nurma. Usai membersihkan pantai Kalaki, puluhan personil Akademisi asal Unram NTB ini kemudian begegas ke Pantai Panda.

Mereka Berpose Bersama Sembari Memegang Pohon Mangrove Sebelum Ditanam di Pantai Panda (24/8/2019)
Di sana mereka terlihat melakukan penanaman ratusan pohon Mangrove. Bibit pohon Mangrove ini, sekitar 100 pohon diperoleh dari DKP Kabupaten Bima. Sementara sisanya, dibeli oleh pihak Akademisi dimaksud. “Ada 100 pohon Mangrove yang disumbang secara gratis oleh pihak DKP Kabupaten Bima kepada kami. Sementara 50 pohon mangrove, kami beli sendiri Rp4 ribu per pohonnya. Singkatnya, sebanyak 150 pohon ini telah kami tanam semua di pantai Panda,” tandas Dedy.

Semula Dedy menyatakan, ratusan pohon tersebut rencananya mau ditanam di salah satu mata air di Desa Rora Kecamatan Donggo. Namun karena kondisinya yang lumayan jauh, akhirnya diputuskan untuk ditanam di Panda. “Aksi pembersihan pantai yang dirangkaikan dengan penanaman Mangrove ini merupakan wujud kepeduilian kami dari Unram NTB terhadap lingkungan. Untuk itu, kami berharap agar tumbuh-kesadaran berbagai pihak untuk melakukan hal yang sama. Sebab, masih banyak ruang-ruang di sepanjang pantai ini yang mendesak untuk penanaman pohon Mangrove. Kepedulian juga harus muncul terkait pembersihan sampah di sepanjang pantai yang ada,” harapnya. (RIZAL/GILANG/FAHRIZ/RUDY)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.