Patut Diapresiasi, IDP-Dahlan Mampu Cetak 11.557 Wira Usaha Baru

Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, - Drs. H. Dahlan, M.Pd.
Visioner Berita Kabupaten Bima-Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, dan Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M.Pd terus konsisten mendorong masyarakatnya agar bisa membuka akses lapangan kerja dengan berwirausaha.

Selama  kepemimpinan Dinda-Dahlan, tercatat  sebanyak 11.557 wira usaha baru yang berhasil dicetak. Jumlah itu berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMK Kabupaten Bima per 31 Desember 2019.

Dari Belasan ribu wira usaha baru itu ada sebanyak 3.134 unit usaha yang telah ditingkatkan status UMKM Kategori atau jenis terbagi usaha mikro sebanyak 3.037, usaha kecil 84 serta usaha menengah 13 unit.

“Sedangkan, jumlah UMKM yang memiliki IUMK sebanyak 1.814 unit. Omset yang didapatkan mencapai Rp39,9 miliar,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima, Iwan Setiawan, SE.

Ia mengaku, tumbuhnya dan berkembangnya UMKM di Kabupaten Bima tersebut, tidak terlepas dari berbagai dukungan program, bantuan hingga pelatihan yang bersumber dari APBD II hingga APBN. “Melalui APBD II kita juga memberikan bantuan bagi wira usaha pemula,” katanya. 

Iwan menambahkan pelatihan (Diklat) yang dilakukan selama ini, seperti pengelolaan produk unggulan daerah dan kewirasuhaan. Kemudian Diklat peningkatan kapasitas UMKM. “Selain itu kita juga memberikan bantuan memperkuat modal bagi pemberdayaan kelompok ekonomi produktif,” tandasnya. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.