Sandiaga Uno Inginkan Pacuan Kuda Bima jadi Event Nasional

Sandiaga Uno bersama Gubernur NTB, Bupati Bima, Walikota Bima, Bupati Dompu, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah di Lokasi Pacuan Kuda.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno seperti dijadwalkan sebelumnya, akhirnya menginjakkan kaki langsung di Kabupaten Bima, NTB. Sandi tidak sendirian dalam kunjungan tersebut.

Ia mengajak serta pasutri selebritis tanah Air, Atta Halilintar serta Aurel Hermansyah. Selain itu, juga nampak stand up komedian Rigen Rakelna. Salah satu destinasi wisata yang dikunjungi rombongan Menparekraf yakni pacuan kuda di Desa Panda, Kabupaten Bima.

Sebelum menuju lokasi pacuan kuda, rombongan Kemenparekraf saat tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahudin, mereka disambut langsung Gubernur NTB Zulkieflimansyah serta Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri.

Di lokasi pacuan kuda Bima, netizen malah dibikin heboh dengan kemesraan pasangan suami istri yang baru menikah, Atta Halilintar-Aurel Hermansyah. Atta yang nampak tidak melepaskan tangannya di pundak Aurel, bikin netizen meleleh. Sebagian netizen bahkan bersoloroh jika ‘lem’ di pundak Aurel terlalu kuat sehingga tangan Atta bawaanya menempel terus.

“Kerennn pak..tolong pak itu lem Atta Aurel terlalu kuat, pisahkan sementara pak….jantung sdh kewer2 mau copot lihatnya. Sukses ya pak..trm ksh Atta Aurel disambut dng baik,” canda salah seorang netizen seperti dilihat dalam foto unggahan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah di akun media sosialnya, dilihat Minggu (13/6/2021).

“Masyaallah Atta Aurel selalu mesra disetiap kesempatan.sukses untuk pariwisata bima juga,” timpal netizen, dastermalangannisa.

Terlepas dari mesranya Atta-Aurel, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, tradisi olahraga pacuan kuda Bima untuk menjadi event nasional. Ia melihat secara langsung event ini. 

“Tadi ada beberapa permintaan. Dan juga event pacuan kuda Bima ini bisa diangkat menjadi event nasional,” ungkap Sandiaga Uno pada wartawan di arena pacuan kuda Bima.

“Jadi hari ini kita melihat satu event daerah pacuan kuda Bima yang bisa dikembangkan menjadi satu kegiatan pariwisata dan mungkin secepatnya kita akan melihat dari segi revitalisasi fasilitasnya,” ujarnya.

Dalam kunjungannya kali ini, Sandiaga Uno mengajak youtuber Atta Halilintar dan Aurel serta stand up komedian Rigen Rakelna. Dengan mengajak publik figur tersebut, tujuannya agar bisa mempromosikan wisata Bima.

“Dan juga harapannya tradisi pacuan kuda Bima ini bisa meningkatkan sumber daya manusia. Juga kita lakukan dengan pendekatan inovatif, adaptif dengan keadaan terkini sekarang,” tegasnya.

Menurutnya, pacuan kuda yang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman penjajahan Jepang di Bima ini merupakan sebuah potensi daerah. Sudah sepantasnya, kata dia, pacuan kuda atau dalam bahasa Bima “pacoa jara” ini berkembang agar mampu menopang taraf perekonomian masyarakat.

Karenanya, Sandiaga Uno juga akan menyiapkan rencana peningkatan sumber daya manusianya. Lebih khusus kepada para penunggang pacuan kuda atau joki cilik yang berasal dari kalangan anak-anak usia sekolah dasar.

“Kita akan pastikan kegiatan ini juga sesuai dengan kelayakan dari segi perlindungan anak. Kita akan melakukannya dengan pendekatan yang inovatif, adaptif dengan keadaan terkini sekarang,” ujarnya

Seperti diketahui, kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Bima, merupakan inisiatif dari Lembaga Barisan Muda Wirausaha Indonesia (LBM WI) Provinsi NTB.

Ketua LBM WI NTB Agus Fahrin menyampaikan bahwa tim nya telah bekerja keras selama sekitar tiga pekan untuk melakukan lobi dan mempersiapkan kedatangan Menparekraf ke Bima.

“Usaha ini merupakan inisiatif pengurus LBM WI NTB yang berkoordinasi dengan Ketua Umum DPP LBM WI Syamsul Hidayat, Tim Menteri, Founder Indonesia Respon, Pemda Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima, termasuk dengan Gubernur NTB,” terangnya. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.