Aksi Mulia Prody Gizi UMB, Tes Gula Darah Masyarakat Secara Gratis

Foto Bersama Dosen dan Mahasiswa Prody Gizi UMB Usai Kegiatan Mulia di Taman Amahami-Kota Bima, Minggu (15/10/2023)

Visioner Berita Kota Bima-Pada Minggu pagi (15/10/2023) taman Amahami Kota Bima bukan saja diramaikan oleh warga yang berolah raga dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan para pelaku UMKM. Tetapi pada moment yang sama, Media Online www.visionerbima.com juga disuguhkan oleh sebuah aksi mulia yang dilakukan oleh puluhan Mahasiswa Program Study (Prody) Gizi di Universitas Muhammadiyah Bima (UMB).

Pada moment itu, Mahasiswa Prody Gizi UMB terlihat melakukan tes gula darah kepada para pengunjung secara gratis. Dan aksi mulia tersebut dilaksanakan secara gratis alias tanpa menarik biaya.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Majelis Kesehatan umum Sekaligus Dosen Prody Gizi dari UMB, Darmin kepada Media ini. Darmin menjelaskan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Prody Gizi UMB dengan Majelis Kesehatan Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bima.

“Jadi kegiatan ini diawali dengan senam sehat dan dilanjutkan dengan antro pemetri gizi, pengukuran tinggi badan, berat badan, tensi, cek gula darah, asam urat, kolesterol dan konseling gizi sebagai kelanjutanya. Ini merupakan kegiatan sosial sekaligus pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen Prody Gizi pada UMB,” terang Darmin.

Kegiatan sosial lainya yang dilakukan oleh pihaknya sebelumnya antara lain melakukan antro pemetri gizi pada balita ke sekolah-sekolah. Antara lain di Kecamatan Ambalawi dan Kecamatan Wera-Kabupaten Bima.

“Hal itu dilakukan di beberapa sekolah di Kecamatan Wera dan Kecamatan Ambalawi. Belum lama ini, kami dari Prody Gizi UMB juga melaksanakan kegiatan sosial berupa sunatan massal. Hal itu juga dirangkaikan dengan kegiatan KKN Tematik,” tandasnya.

Kegiatan mulia ini diakuinya sebagai yang pertama kali sejak terbentuknya UMB. Sebab, Prody Gizi pada UMB ini merupakan program baru yang usianya baru satu tahun. Namun demikian, ada beberapa kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh pihaknya.

“Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin pada setiap semesternya. Sekali lagi, setiap semester kita akan agendakan kegiatan sosial untuk masyarakat oleh Dosen. Sasaranya adalah masyarakat umum dan lebih khusus pada bidang kesehatan,” papar Darmin.

Soal pembiayaan bagi kegiatan mulia tersebut, diakuinya bersumber dari UMB dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bima. Dan dalam kaitan itu pula, diakuinya tidak ada intervensi anggaran dari Pemerintah.

“Ini merupakan kegiatan yang bersifat mandiri dari UMB dan PDM Kabupaten Bima. Sementara antusiasme dan animo masyarakat terhadap kegiatan ini Alhamdulillah sangat tinggi. Saking antusiasnya masyarakat, bahkan kami tidak sanggup melayaninya. Sebab, program yang kami usulkan ini adalah sesuai dengan penyakit yang berkembang di tengah-tengah masyarakat,” jelas Darmin.

Antara lain penyakit-penyakit yang tidak menular, dan kegiatan yang dilakukan dalam kaitan itu merupakan upaya pencegahan stunting secara dini. Sementara penyakit yang paling dominan ditemukan oleh pihaknya melalui aksi mulia dimaksud, diakuinya sangat bervariatif.

“Pada masing-masing pasien ditemukan adanya penyakit asam urat, kolesterol dan ada juga yang normal. Karena program ini lebih banyak menyasar pra lansia, yang banyak ditemukan adalah kolesterol dan asam urat,” ungkapnya.

Kegiatan ini diakuinya digagas oleh PDM Kabupaten Bima dan sasaran utamanya adalah wilayah Kabupaten Bima. Namun pada Minggu pagi itu, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Amahami-Kota Bima.

“Kegiatan ini tidak membatasi soal wilayah teritorialnya. Untuk itu, kegiatan ini juga dilaksnakaan di Kota Bima. Sekali lagi, ini merupakan pengabdian secara gratis dari kami untuk masyarakat,” tutur Darmin.

Pada semster berikutnya, pihaknya berencana akan kembali melakukan kegiatan yang sama. Hal itu akan dirangkaikan dengan Mildanya UMB.

“Insya Allah pada moment tersebut kami akan melakukan tes urine dan pencegahan Narkoba. Dan pada moment yang bersamaan, Insya Allah kami akan melaksanakan kegiatan donor darah secara massal,” pungkas Darmin. (TIM VISIONER)   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.