Header Ads

Puluhan Tahun Warga Miskin Tinggal di Dapur, Kadisos Malah Tanya Alamatnya


Kadisos Kota Bima, Drs. H. Muhidin serahkan bantuan tanggap darurat kepada Sudirman (4/4/2018)
Visioner Berita Kota Bima-Kondisi kemiskinan tukang gerobak bernama Sudirman Yasin beserta isteri dan tiga anaknya di salah satu RT di Kelurahan Pane, Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima adalah nyata adanya. Puluhan tahun, keluarga ini hidup di dapur bibinya yakni Halimah. Sekian lama kondisi Sudirman beserta keluarganya ini, tampaknya nyaris luput dari perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bima.

Tetapi tak bisa dinafikan, Pemerintah juga pernah hadir memberikan Bansos Rastra beberapa kali saja kepada keluarga ini. Ketua RT 05/2 Kelurahan Pane yakni Dodi, juga membenarkan hal itu. Anak pertama Sudirman yakni Targhiburrahim, merupakan siswa MAN 1 Kota Bima yang sangat berprestasi. Pembuktian prestasinya di bidang ilmu Kimia, Matematika dan bahasa Inggris serta kemampuan mengaji juga dibuktikan melalui sejumlah piagam pernghargaan dan piala.

Targhiburrahim, sesaat lagi akan menamatkan diri padfa MAN 1 Kota Bima. Dan atas prestasi terbaik yang dimilikinya, diapun di undang untuk mendaftarkan diri di Kampus Negeri. Oleh karenanya, Targhiburrahim telah mendaftarkan diri pada Unram-NTB dan UNY. Hanya saja, Targhiburrahim tak memiliki biaya untuk biaya transportasi dan akomodasi keluar Kota ketika dia dinyatakan lulus di salah satu Kampus Negeri tersebut.

Karena kekurangan dimaksud, warga berinisiatif untuk mengumpulkan uang yang digunakan untuk keberangkatan Targhiburrahim ke luar Kota nantinya. Uang yang sudah terkumpul tersebut, kini sudah sekitar Rp300 ribu rupiah. “Setelah beritanya viral di Media terkait kondisi keluarga ini, banyak orang yange manngis, itu termasuk Sudirman Yasin dan keluarganya. Orang-orang menangis, karena kasihan terhadap kondisi kemiskinan yang menimpa Sudirman dan keluarganya,” ungkap Ketua RT setempat, Dodi kepada Visioner, (4/4/2018)

Kadisos Kota Bima (berbaju putih dan bertopi) terlihat sembari meberikan pencerahan kepada Sudirman (bertopi dan berkaus merah)
Rabu (4/4/2018), muncul peristiwa menarik soal kondisi kehidupan Surdirman beserta keluarganya. Yakni, tampaknya Dinas Sosial (Disos) Kota tidak tahu. Padahal, kondisi kemiskinan nyata yang menimpa Sudirman beserta keluarganya ini sudah berlangsung puluhan tahun. Pembuktiannya, Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Kota Bima, Drs. H. Muhidin justeru bertanya dimana alamat lengkapnya yang bersangkutan. “Kami berharap agar Crew Visioner bisa memberitahukan alamat lengkapnya yang bersangkutan kepada kami. Sehingga, hari ini juga kami langsung turun ke lapangan memberikan bantuan tanggap darurat,” pinta Muhidin, Rabu (4/4/2018).

Beberapa saat setelah diberitahu tentang alamat Sudirman, Muhidin beserta anggotanya langsung turun ke ke lapangan memberikan bantuan tanggap darurat. Visioner juga terlibat pada moment penyerahan bantuan tersebut. Pada moment itu juga, Dodi selaku Ketua RT juta ikut terlibat di dalamnya. “ini bentuk respon cepat kami terhadap kondisi yang menimpa Sudirman dan keluarganya. Saat ini, kami hanya membawa bantuan tanggap darurat saja untuk yang bersangkutan. Soal apa model bantuan yang diberikan, ya tulis saja bantuan tanggap darurat,” jelas Muhidin.

Pada kesempatan sebelum menyerahkan bantuan tanggap darurat tersebut, Muhidin yang didampingi oleh Kabid Lindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dra. Hj. Fatimah juga sempat melihat langsung ruangan tempat tinggal Sudirman beserta keluarganya. “Mestinya sebelum beritanya dipublikasikan, Wartawan juga harus koordinasi terlebih dahulu dengan kami,” ujar Muhidin.

Inilah jenis bantuan tanggap darurat dari Disos Kota Bima untuk Sudirman dan keluarganya
Liputan langsung Visioner pada moment tersebut, juga menjelaskan bahwa Muhidin akan memperjuangkan keluarga ini masuk kedalam Program Keluarga Harapan (PKH). “Insya Allah, kami akan mengusulkan agar keluarga ini masuk ke PKH.Hasil konsultasi saya dengan kelaurga ini, nampaknya mereka sudah memiliki BPJS dan juga menerima Bansos Rastra,” pungkas Muhidin.

Masih dalam liputan langsung Visioner, pada kesepmatan tersebut tak ada beras apalagi uang yang diserahkan oleh Disos Kota Bima kepada keluarga yang sudah puluhan tahun diterpa oleh kemiskinan nyata ini. Yang diserahkan, hanya tikar, bantal, alat cuci, gula, kpi dan lainnya. Dan, kehadiran Muhidin di rumah keluarga sangat miskin yang hidup di dapur milik Bibinya bernama Halimah ini, tercatat hanya sekitar setengah jama. “Ini kali pertama Pemerintah Kota Bima mendatangi keluarga ini, oleh karenanya kami menyatakan terimakasih,” papa Dodi selaku Ketua RT setempat.

Sementara itu, Sudirman yang menerima bantuan dari Disos Kota Bima ini terlihat hanya bisa tersenyum, tetapi tak banyak berbicara. Namun, dia menyatakan apresiasi dan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Disos Kota Bima. “Dan, kami juga mengucapkan terimakasih atas janji Kadisos Kota Bima yang akan memasukan kami ke PKH,” ujar Sudirman dengan nada singkat. (TIM VISIONER

No comments

Powered by Blogger.