Header Ads

Ramadhan Hari Pertama Warga Serbu Lapak


Inilah kondisi warga yang datang berbelanja di Pasar Ramadhan Hari pertama (17/5/2018)
Visioner Berita Kota Bima-Seperti Bulan Ramadhan ditahun-tahun sebelumnya, Bulan Puasa tahun ini (1430 H) Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dibawah kendali Walikota HM.Qurais H. Abidin, kembali membangun ratusan lokal lapak yang dipersiapkan untuk para pedagang. Tujuannya, agar para pedagang menjual berbagai jenis makanan dan minuman siap saji bagi masyarakat yang melaksanakan Ibadah Puasa.

Pembangunan lapak berjumlah 116 sebelah timur lapangan sera suba Kota Bima atau tepatnya disebelah baratnya Museum Asi Mbojo ini, teungkap bekerjasama dengan Asosiasi Pedagang Seluruh Indonesia (APSI). Koceng yang juga salah seorang anggota APSI Kota Bima menjelaskan, per lapak warga bisa mendapatkannya dengan cara memasukan uang masing-masing senilai Rp70 ribu. Dan uang pendaftaran tersebut, disetorkan melalui Bank BRI Cabang Bima. “Sementara penarikan retribusi kepada pengguna lapak, itu tidak ada. Semua lapak sudah diisi oleh para pedagang berbagai jenis makanan siap saji,” kata Koceng.

Tampak Walikota Bima (dua darikanan) dan Kapolres Bima Kota (paling kanan) meninjau Pasar Ramadhan
Pada lahan kosong di sebelah barat lapak dengan bagunan tenda itu, juga diakuinya akan diisi oleh para pedagang yang belum mendaftarkan diri. Namun, pada lahan kosong tersebut pun diakuinya sudah ada beberapa pedagang yang mengisinya. “Saat hari pertama pembukaan pasar Ramadhan oleh Walikota Bima ini, lapak ini diserbu oleh warga Kota Bima di berbagai wilayah guna membeli makan dan minum siap saji. Berbagai jenis makanan dan minuman tradisional Bima dipajang di pasar Ramadhan ini,” jelas Koceng.  

Pada pembukaan pasar Ramadhan secara resmi oleh Walikota Bima, Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Kota Bima, Siti Nurjanah S.Sos menyatakan, lapak ini disediakan secara gratis kepada masyarakat untuk menjual makanan dan minuman siap saji. “Alhamdulillah, pada pembukaan pasar Ramadhan hari pertama ini banyaks ekali masyarakat yang datang membeli makanan dan minum siap saji. Operasi pasar Ramadhan ini, akan berlangsung sampai akhir Buloan Puasa,” jelas Nurjanah.

Tampak Sekwan DPRD Kota Bima, Muhaimin Iskandar (tengah berpeci Haji) sedang membeli makanan di Pasar Ramadhan
Sementara itu, Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin dalam sambutannya di acara pembukaan pasar Ramadhan ini menghimbau, kepada para pedagang makana dan minuman siap saji agar tetap menggunakan sarung tangan. Tujuannya, agar makanan dan minuman yang dijualnya tetap dalam kondisi steril.

“Kita harus berguru kepada pedagang yang ada di luar sana termasuk di luar negeri, mereka selalu menggunakan sarung tangan agar makanan dan minuman tetap dalam kondisi steril. Tangan kita ini, kan tak pernah jauh dari keringat. Sehingga untuk menghindari keringat terkena makanan dan minuman siap saji itu, diwajibkan kepada para pedagang untuk menggunakan sarung tangan. Terimakasih kepada Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Winarta, SIK yang telah menyumbang sarung tangan secara gratis kepada para pedagang di pasar Ramadhan ini,” ujar Qurais.

Qurais juga mendesak, Dinas Koperindag Kota selain membangun pasar Ramadhan di Sera Suba, juga harus membangun hal yang sama di Pantai Amahami terutama di depan Masjid Terapung. Tujuannya, agar para jamaah usai melaksanakan Ibadah Sholat Maghrib dan atau usai melaksanakan kegiatan Sholat Tarawih bisa menikmati makanan dan minum siap saji di sana.
Kadis Koperindag Kota Bima, Siti Nurjanah S.Sos
“Selain di sini, pasar Ramadhan juga harus dibangun di pantai Amahami terutama di depan Masjid Terapung. Karena saat berbuka puasa, usai melaksanakan kegiatan ibadah di sana, masyarakat bisa menikmati makanan dan minuman siap saji,” desak Walikota Bima. 

Liputan langsung sejumlah awak media pada moment tersebut melaporkan, kegiatan 0pembukaan pasar Ramadhan ini juga dihadiri oleh kapolres Bima Kota,AKBP Ida Bagus Winarta SIK beserta isteri, Isteri Ketua DPRD Kota Bima yakni Yuli, Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina HM. Qurais, Kapolsek Rasanae Barat Kota Bima, Kompol Hatta, delegasi dari Dandim 1608 Bima, Kabag Humas Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin SIP, MM, Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, Sekwan DPRD Kota Bima, Drs. Muhaimin Iskandar, sejumlah pejabat lainnya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan kapalangan BUMN serta BUMD. (Rizal/Buyung/Wildan/AL/Nana/Gilang

No comments

Powered by Blogger.