Muscab Perdana PII Dompu Gelar Muscab Perdana, Abdul Muis Diaklamasi

Dari Moment Muscab PII di Dompu
Visionrt Berita Dompu-Setelah sukses menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Perdana di Kabupaten Sumbawa Barat Rabu (8/5) lalu. Minggu (12/8) malam,  Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Dompu menggelar kegiatan yang sama.

Muscab ke I PII Kabupaten Dompu yang dihadiri 37 orang anggota PII, dan Pimpinan OKP Kabupaten  Dompu. Mengambil tempat di Kompleks Perum BTN Pepabri Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Acara berlangsung dari pukul 21.00 Wita hingga 23.30 Wita.

Hadir mewakili Pengurus Pusat PII, dari Komite Pengembangan Organisasi, yang bertindak sebagai Korwil Bali-Nusra, Ir. Hadi Santoso,  ST,  MM, IPM. Sekaligus menginisiasi,  mengarahkan, dan membuka Muscab PII kabupaten Dompu.

"PII merupakan satu-satunya organisasi profesi keinsinyuran, sebagaimana tertuang dalam UU No. 11/2014 tentang Keinsiyuran. Dan telah diterbitkan PP No 25/2019 untuk pelaksanaan UU tersebut. Karena itulah,  kami Pengurua Pusat terus mendorong percepatan pembetukan Cabang di seluruh Indonesia demi optimalisasi pelaksanaan Peraturan Pemerintah tersebut," ujar Hadi dalam sambutannya.

Munurut Hadi, kegiatan Muscab tersebut sesuai instruksi Ketum PP PII, Dr. Ir. Heru Dewanto, M. Sc (Eng), IPU. Dan mengacu petunjuk teknis yang telah dirumuskan Komite Pengembangan Organisasi PP PII. Guna mendorong terbentuknya kepengurusan PII yang legal di setiap Kabupaten/Kota se Indonesia.

"PII telah berdiri sejak tanggal 23 Mei 1952. Namun sampai hari ini belum seluruh Kabupaten/Kota memiliki Pengurus Cabang PII. Termasuk di NTB ini baru ada dua Cabang PII, yakni Bima dan Kab. Sumbawa Barat.  Jadi Pengurus Cabang Dompu ini adalah yang ketiga," terang Hadi.

Sebagai Koordinator Wilayah Bali-Nusra, Hadi mentargetkan pada tahun 2019 ini,  seluruh Kabupaten/Kota di NTB,  NTT,  dan Provinsi Bali terbentuk Pengurus Cabang dan Pengurus Wilayah. Mengingat PP 25/2019 menegaskan setiap insinyur yang akan melakukan praktik keinsinyuran wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) yang dikeluarkan oleh PII.

"Kepengurusan Cabang yang legal, menjadi ujung tombak implementasi PP 25/2019. Sehingga peningkatan kualitas dan kompetensi para insinyur yang sangat strategis dalam pembangunan bangsa benar-benar dapat terwujud," imbuhnya.

Sementara itu,  dalam Muscab PII Kabupaten Dompu yang dipimpin oleh Ir. Hadi Santoso,  ST, MM,  IPM,  Ir. Abdul Muis, M. Si,  dan Siti Asmah,  ST. Terpilih secara aklamasi,  Ir. Abdul Muis,  M. Si sebagai Ketua PC PII Kabupaten Dompu periode 2019-2022.

Dalam Sambutannya,  Ketua Terpilih PC PII Kab. Dompu, Ir. Abdul Muis, M. Si,  berkomitmen untuk mendorong seluruh insinyur di Kabupaten Dompu bergabung dalam struktrur kepengurusan PII. Guna memudahkan jalannya roda organisasi. Mengingat posisi strategis PII dalam meningkatkan SDM para insinyur.

"Saya minta waktu pada Pengurus Pusat PII,  untuk menyusun kepengurusan PII Cabang Dompu. karena ingin mengakomodir sebanyak mungkin insinyur di daerah ini. Meski persyaratan untuk masuk tidak gampang. Saya sendiri bersedia menjadi Ketua ini karena fungsi mulia dari organisasi ini," ujar pria yang merupakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dompu itu.

Termasuk, pihaknya berencana akan menyampaikan keberadaan PC PII Kab. Dompu secara langsung pada Bupati Dompu serta pejabat teras lainnya. Sehingga sinergi PII dengan Pemerintah Daerah dapat terjalin dengan baik.

"Saya menjadi Kepala Dinas sudah lama. Tahu persis bahwa idealisme para insinyur tidak sebagus saat zaman dulu.  Saya menunggu-nunggu momentum gerakan penguatan insinyur selama ini. Alhamdulillah, malam ini kita telah membentuk PC PII dompu. Inilah wadah untuk kita mewujudkan idealisme itu," tutup Abdul Muis. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.