Header Ads

Rawat Hasil Pembangunan Melalui Kerja Gotong Royong

Bupati Mabar-NTT, Drs. Agustinus Ch. Dula Saat Menyerahkan Hadiah Pada Kegiatan BBGRM
Visioner Berita Labuan Bajo, NTT- Bulan Bhakti Gotong merupakan momentum untuk menyadarkan masyarakat untuk bekerjasama atas swadaya masyarakat. Gerakan gotong royong berguna untuk memperkuat integritas sosial ,meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan atas swadaya masyarakat serta meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat agar mampu membangun diri secara mandiri,mandiri secara gotong royong dan gotong royong secara mandiri.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Manggarai Barat,Drs. Agustinus Ch.Dula ( Gusti Dula) pada acara puncak Pencanangan Bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tahun anggaran 2019 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat yang berlangsung di Desa Golo Mbu Kecamatan Sano Nggoang,Kamis (27/6/2019)

Kegiatan BBGRM kali ini dipadukan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK-47,Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG)-3,Hari Keluarga (Harga)-26, Dan Pencanangan Sadar Pajak Tingkat Kabupaten Manggarai Barat tahun 2019

Menurut Bupati Gusti Dula,pencanangan BBGRM menjadi moment yang strategis untuk merefleksikan diri dengan melestarikan budaya gotong royong melalui aksi nyata merawat sarana dan prasarana yang di bangun melaui APBD II maupun APBN.

Sarana yang di maksud seperti jalan,gedung sekolah,irigasi dan fasilitas umum lainya,manakala dalam perjalananya ada yang rusak,agar segera di perbaiki secara gotong. "Saya minta Para Camat,Lurah dan Kepala Desa jangan bermental proyek,perbaiki sarana dan prasarana yang rusak di desa melalui kerja gotong royong,jangan tunggu proyek,” tegas Bupati Gusti Dula.

Ia mengajak para Camat,Lurah serta Kepala Desa,untuk menjaga lingkungan di wilayah kerja masing-masing terutama lingkungan sumber mata air dengan reboisasi atau menanam pohon yang bisa menghasilkan sumber air. Pada kesempatan tersebut,Bupati Agustinus Ch Dula,mengapresiasi para kades dan Lurah yang mencapai realisasi PBB-P2 100% keadaan sampe 21 Juni 2019.

Kecamatan NDOSO  meliputi Desa Raka, Ndoso,Golo Poleng,Wae Buka,Waning,Pong Narang,Lumut,Kasong,Momol,Golo Ruaa,Golo Bore,Golo Keli,Tehong dan Pateng Lesu. Kecamatan Macang Pacar meliputi Desa Wontong,Regho,Raba,Nanga Kantor,Bari,Mbakung,Nggilat,Watu Manggar,Watu Baru,Lewat dan Saraenaru.

Kecamatan Pacar meliputiDesa Waka,Manong,Romang,Kombo Tengah dan Loha. Kecamatan Kuwus meliputi Desa Sama,Coal,Bangka Lewat,Golo Pua dan Kelurahan Nantal. Kecamatan Kuwus Barat meliputi Desa Sompang Kolang dan Wajur. Kecamatan Lembor Selatan meliputi Desa Suru Numbeng,Benteng Tado,Watu Tiri dan desa Modo.

Kecamatan Sano Nggoang meliputi Desa Golo Kempo,Golo Leleng,Wae Lolos,Pulau Nuncung,Poco Golo Kempo,Watu Panggal,Sano Nggoang,Mata Wae,Golo Ndaring,Golo Kondeng dan desa Nampar Macing. Kecamatan Mbeliling yakni di Desa Cunca Wulang. Kecamatan Lembor meliputi Desa Ponto Ara,Wae Kanta,Poco Dedeng,Golo.

Kecamatan Kecamatan Komodo yakni di Desa Papagarang. Kecamatan Welak meliputi Desa Watu Umpu,Pong Welak,Sewar,Golo Ndari dan desa Gurung. Bupati Drs.Agustinus Ch Dula secara resmi mencanangkan BBGRM di tandai dengan pemukulan Gong dan penyerahan Piagam Penghargaan kepada 65 Kepala Desa 100 % Realisasi

Penagihan Pajak tahun 2019. Piagam penghargaan atas Realisasi PBB-P2 tertinggi tahun 2018 kepada Camat Sano Nggoang, Mbeliling dan Ndoso. Penyerahan piagam penghargaan atas Realisasi PBB-P2 tertinggi tahun 2019 kepada Camat Ndoso, Macang Pacar dan Pacar. Penyerahan BUS kepada BUMDes Ca Nai Desa Golo Kempo Kec. Sano Nggoang dan BUMDes Timbang Raung Desa Rego Kec. Macang Pacar (DISHUB)

Tak hanya itu, Bupati Mabar juga menyerahkan hadiah Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten dan Provinsi, Penyerahan hadiah Lomba Pengolahan Pangan Lokal Non Beras B2SA, Penyerahan hadiah lomba PHBS, dan Pemberian penghargaan kepada Peserta KB lestari tahun 2019.

Bupati Mabar juga menyerahkan bantuan dari Dinas Pertanian. Diantaranya benih padi berlabel kepada kelompok Tani Bantang Cama 2 Desa Watu Panggal Kecamatan Sano Nggoang. Benih jagung berlabel kepada kelompok Tani Sinar Kandang Desa Pulau Nuncung,Kecamatan Sani Nggoang. Benih kedelai berlabel kepada kelompok Kelompok Tani robo Cie Desa Golo Kempo Kecamatan Sano Nggoang. Benih sayur kepada kelompok Komodo Makmur Desa Nggorang Kecamatan Komodo.

Bukan ittu saja, Bupati Mabar juga menyerahkan buku rekening kelompok wanita tani yang diwakili oleh 2 Desa yang bersumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. Yakni Penyerahan bantuan kepada 2 Rumah lbadah (1 Gereja dan 1 Masjid).

Pada moment ini, Bupati Mabar melakukan peninjauan stan Gelar TTG dan Stan Perlomban pengolahan pangen lokal B2SA. Kegiatan BBGRM yang berlangsung sejak 25 hingga 27 Juni yang berpusat di Desa Golo Mbu Kecamatan Sano Nggoang,selain di ikuti 12 Kecamatan,64 Desa,5 Kelurahan,juga di ikuti Seluruh OPD Lingkup pemerintah Manggarai Barat. Kegiatan tersebut berjalan sukses dan mendapat antuasias dari seluruh warga Kecamatan Sano Nggoang. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.