Header Ads

Ragam HUT Bima ke-379, Dari Pembukaan Hingga Pacuan Kuda Dengan Hadiah Paling Spektakuler

Semarak Pawai Budaya Sambut HUT Bima ke-379 Tahun 2019 (4/7/2019)
Visioner Berita Kabupaten Bima-Terdapat sejumlah hal spektakuler dalam pelaksanaan HUT Bima ke-379 tahun 2019. Yakni diawali dengan Pawai budaya yang dilaksanakan pada Kamis (4/7/2019) yang dikuti oleh ribuan manusia dari Desa, Kecamatan, SKPD, OPD, kalangan pelajar, Mahasiswa, Wartawan, berbagai suku yang ada di Bima, event pacuan kuda dengan hadiah spektakuler perdana senilai Rp480 juta, FKPD setempat, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, para petani, nelayan dan lainnya.

Pada konten pawai budaya menyambut HUT Bima ke-379 tahun 2019, berbagaib suku mulai dari Sunda hingga Bali menampilkan atraksi dan pakaian budaya sebagai ciri daerahnya masing-masing. Pun demikian halnya yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat Bima, mulai dari Rimpu Mbojo (Hijab Tradisional Bima), atraksi gantao (silat tradisional), ntumbu tuta (adu kepala), pencak silat, kareku kandei, buja kadanda, tarian wura bongi monca (tarian sembari menaburkan beras kuning), tarian pasapu monca dan lainnya.

Menariknya, peserta pawai budaya dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima, menampilkan pakaian adat dan kekhasannya masing-masing. Misalnya, Donggo dengan pakaian serba hitam dalam bungkusan tenunan serta Tembe Me’e (sarung hitam yang terbuat dari benang asli sekaligus warisan leluhur dan bernilai sangat mahal), Renda Kecamatan Belo dengan pakaian serba salungka (songket) yang juga dikenal sebagai warisan leluhurnya, dan Kecamatan-Kecamatan lainnya pun menampilkan tradisi yang berbeda.

Bupati-Wakil Bupati Bima Sambut Peserta Pawai Budaya di Podium Utama Di Depan Kantor Bupati Bima
Penampilan peserta pawai budaya kali ini, juga sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kaum wanita dari seluruh Kecamatan tampil dengan berbagai jenis rimpu. Sementara kaum pria, hadir dengan pakaian putih, Sambolo, selempang tradisional Bima dari berbagai corak dan warna, dan rata-rata menggunakan Sampari (keris) pusaka.

Liputan langsung Visioner pada moment pawai budaya ini melaporkan, seluruh peserta starting mulai dari Cabang Talabiu Kecamatan Woha dan berakhir di halaman Kantor Bupati Bima. Di kantor Bupati Bima, juga terlihat podium utama di mana di dalamnya ada Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M. Noer, Ketua DPRD Kota Bima Murni Suciyanti dan jajarannya, Kepala-Kepala SKPD/OPD dan jajaran Muspida setempat yang menyambut kehadiran peserta pawai budaya.

Di Podium utama tersebut, bukan saja dijadikan sebagai moment penyambutan peserta pawai budaya oleh Bupati-Wakil Bupati Bima. Tetapi, beragam atraksi budaya dari seluruh Kecamatan dan sejumlah suku dari daerah lain yang berdomisili di Bima juga ditampilkan pada moment tersebut. Beragam atraksi budaya yang dinilai spektakuler tersebut, praktis saja disambut dengan sangat apresiatif oleh para penyambutnya yang sejak awal berada di podium utama.

*Upacara HUT Bima, Bupati Ajak Semua Elemen Satukan Barisan Membangun Daerah

Moment Upacara HUT Bima ke-379 Tahun 2019 (5/7/2019)
Masih dalam menyambut HUT Bima ke-379 tahun 2019, pada tanggal 5 Juli 2019 dilaksanakan upacara yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Bima dengan tema “Berkarya Inovatif Wujudkan Bima Ramah”.

Moment tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE. pula dihadiri oleh Danrem 162/Wira Bhakti, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, berbagai elemen masyarakat, SKPD-OPD Kabupaten Bima, FKPD Kabupaten Bima, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Jenateke (Putra Mahkota) Bima, Muhammad Feriyandi, ST, Pimpinan Instansi Fertikal, BUMN, BUMD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Tokoh Pemuda dan lainnya.

Pada moment tersebut, Bupati Bima dalam sambutannya mengajak berbagai elemen masyarakat untuk menyatukan sikap, bergandengan tangan dan merapatkan barisan dalam upaya membangun daerah ini ke arah ini yang lebih baik.

Masih di Moment Upacara HUT Bima ke-379 Tahun 2019
Masih pada malam 5 Juli 2019, Pemkab Bima menyelenggarakan kegiatan do’a syukuran. Moment penting tersebut dilaksanakan di Kantor Bimati Bima. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M. Noer, Kapolda NTB, Brigjend Pol Drs. Nana Sudjana, MM, Kajati Bima, Arif SH, MH, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Bima Kabupaten Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Bima Murni Suciyanti, Kajari Bima Widagdo MP, SH, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, Danki Brimob Pelopor Den A Bima, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Seluruh Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Bima dan lainnya.

Kegiatan Sukuran ini diisi dengan pembacaan Alqur’an, nyanyian pantun adat Bima yang diiringi dengan tarian ada setempat serta do’a dan dzikir bersama. Pada moment tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri berharap agar adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya, peningkatan rasa percaya diri masyarakat Bima untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Dan pada moment itu pula, Bupati Bima juga menyerahkan lahan bagi pembangunan Pos Polisi di di Desa  Sondosia Kecamatan Bolo. Dan tahun 2019 ini, Bupati Bima juga berjanji akan menghibahkan tanah bagi pembangunan Kompi Brimob di Kecamatan Sape dan mempersiapkan lahan bagi pembangunan Kompi TNI di Kabupaten Bima. “Dengan penguatan terhadap TNI dan Polri, diharapkan dapat membebaskan Bima dari “stigma Zona Merah”.

Pemotongan Tumpeng di Moment Syukuran HUT Bima ke-379 Tahun 2019
Selain itu, Bupati Bima juga merencenakan akan membangun Rumah Tahanan (Rutan) di Kabupaten Bima atas pertimbangan karena Rutan yang ada di Kota Bima semakin sempit. Untuk hal yang satu ini, diakuinya sedang dilakukan uji kelayakan. “Diharapkan kepada Bagian Tatapem dan Dinas PUPR bidang Tata Ruang serta Bappeda agar dapat merencanakannya secara detail. Hal tersebut, juga menyangkut berbagai aspek sehingga Kabupaten Bima kedepannya dapat tertata dengan baik,” imbuh Bupati Bima sembari menambahkan bahwa pembangunan Masjid Agung di halaman Kantor Bupati Bima akan dimulai dalam waktu segera.

Soal Pilkades serentak yang dilakasanakan dalam tahun 2019 dan diikuti oleh 82 Desa, Bupati berharap agar terlaksanakan dengan aman dan tenteram. “Kami juga berterimakasih kepada TNI dan Polri karena telah mampu mewujudkan Kamtibmas Kabupaten Bima selama pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang sudah kita lewati bersama. Suasana Kamtibmas yang kondusif tersebut, juga lahir karena tumbuhnya kesadaran berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Bima,” tandas Bupati Bima sembari menjelaskan bahwa pekerjaan awal bagi perpanjangan run way di Bandara Muhammad Salahuddin Bima sedang dilaksanakan.

*Pacuan Kuda Dengan Hadiah Spektakuler

Moment Pacuan Kuda Sambut HUT Bima ke-379 Sekaligus Prebutan Piala Kapolda NTB (6/7/2019)
Pada HUT Bima ke-379, Pemkab Bima juga menyambutnya dengan kegiatan spektakuler. Yakni pelaksanaan event pacuan kuda tradisional di lapangan Pacuan Kuda Panda Kabupaten Bima. Ratusan kuda dari berbagai kelas dilombakan pada event tersebut. Tak hanya itu, hadirnya para Joki cilik kian menambah nilai spektakuler pada event yang satu ini.

Kegiatan pacuan kuda ini, dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah. Pada moment tersebut, dihadiri oleh Bupati-Wakil Bupati Bima, Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Nana Sudjana, MM, Kapolres Bima Kabupaten, Dandim 1608 Bima, FKPD Kabupaten Bima, SKPD/OPD setempat, Sekda Kabupaten Bima, Drs. HM. Taufik H.AK, Ketua Pordasi Kota dan Kabupaten Bima, Pordasi Kabupaten Dompu, Pordasi Kabupaten Sumbawa, Pordasi NTB dan juga Pordasi Manggarai Barat (Mabar) NTT.

Kuda-kuda yang ditampilkan pada moment pacuan ini, tercatat bukan saja dari NTB dan Pulau Sumbawa. Teapi, puluhan kuda pacuan lainnya datang dari luar daerah-sebut saja Mabar NTT. Yang tak kalah menariknya, Gubernur NTB mengikutkan dua ekor kuda pribadinya pada lomba pacuan kuda menyambut HUT Bima ke-379 tahun 2019 ini. Kuda milik Gubernur NTB ini bernama Bidadari Villa dan Lowdosky. Pada putaran pertama, Bidadari Villa berhasil berada pada urutan pertama. Sementara Lowdosky berada urutan kedua.

Ekspresi Kajari Bima, Bupati Bima. Gubernur NTB dan Kapolda NTB di Moment Pacuan Kuda (6/7/2019)
Uniknya, Usai Bidadari Villa memenangkan putaran pertama-Gubernur NTB langsung menyerahkannya kuda tersebut kepada Kapolda NTB, Brigjend Pol Drs. Nana Sudjana, MM. Maksudnya, kuda tersebut langsung menjadi milik pribadi Kapolda NTB. Dan penyerahan kuda oleh Gubernur NTB kepada Kapolda NTB ini pun disambut dengan meriah oleh ratusan warga yang hadir pada moment pacuan kuda ini.

Yang tak kalah spektakulernya lagi, event pacuan kuda kali ini Gubernur NTB menyediahkan hadiah terbesar perdana dengan total nilai sebesar Rp480 juta. Sekedar catatan, event pacuan kuda kali ini bukan saja dalam rangka menyambut HUT Bima ke-379 tahun 2019. Tetapi, juga dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 sekaligus merebut piala dari Kapolda NTB (Kapolda NTB Cup 2019).

*Hari ini (7/7/2019) Berbagai Event Sambut HUT Bima ke-379 di Taman Panda

Wakil Bupati Bima, Drs.H.Dachlan M.Noer Sedang Mencicipi Makanan Dalam Acara Lomba Masak dan Makan Ikan di Taman Panda (7/7/2019)
Minggu (7/7/2019), di Taman Panda dilaksanakan berbagai event dalam menyambut HUT Bima ke 379. Yakni mulai dari lomba bakar ikan-lomba makan ikan yang melibatkan SKPD/OPD dan pihak di luar instansi, perahu hias, drama kolosal hingga pameran hasil karya tradisional Bima yang salah satunya tenun asli Renda Kecamatan Belo (Salungka) dari berbaga corak dan warna.

Sejumlah mata lomba tersebut, diakui diberikan hadiah spektakuler mulai dari sepeda motor dan door price lainnya. Hadiah tersebut, diperoleh melalui undian. Maksudnya, berbagai elemen masyarakat yang hadir pada moment tersebut masing-masing diberikan kupon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Visioner menjelaskan, acara inti dari kegiatan tersebut adalah lomba masak dan makan ikan. Kegiatan yang dinilai spektakuler itu dibuka secara resmi oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE. Hadir pada moment yang sangat meriah ini yakni Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dachlan M. Noer, Kepala SKPD/OPD, jajaran DPRD Kabupaten Bima, FKPD setempat, Sekda Kabupaten Bima Drs. HM. Taufik H.AK, pihak BUMD dan BUMN di Bima dan lainnya.

Berbagai event berhadiah tersebut, dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari. Namun, dibukan secara resmi oleh Bupati Bima pada Minggu sore (7/7/2019). Hingga berita ini ditulis, dilaporkan bahwa berbagai event tersebut berakhir sampai ba’da Sholat Isya. Dan penyerahan hadiah bagi juara maupun kupon berhadiah dilaksanakan pada Minggu malam pula.

Ekspresi Komunitas Senam Aerobic Usai Menggelar Kegiatan di Taman Panda (7/7/2019)
Penyerahan hadiah bagi peraih juara diberbagai mata lomba dilakukan oleh Bupati Bima-Wakil Bupati Bima, Sekda Kabupaten Bima, Kepala FKPD/OPD maupun Unsur FKPD Kabupaten Bima. Sementara antusiasme masyarakat dalam menghadiri berbagai event penting ini, terlihat sangat tinggi.

Sementara peningkatan ekonomi bagi para pedagang di sepanjang Taman Panda sebagai dapat positif dari kegiatan spektakuler ini, terlihat nyata adanya. Puluhan Kuliner yang berjejer di sepanjang Taman Panda, terlihat tak pernah sepi dari kunjung warga yang datang menyaksikan berbagai event ini. Dampak ekonomi lainnya, juga dirasakan oleh pedagang kaki lima yang ada di sana. Tak hanya itu, para tukang parkirpun sukses menarik keuntungan dari event ini. Sebab, setiap kendaraan ditarik jasa parkirnya.

Singkatnya, pelaksanakan kegiatan ini berlangsung dengan sangat kondusif alias tidak ditemukan sedikitpun adanya gangguan keamanan. Betapa tidak, sejak awal hingga malam hari aparat baik Sat Pol PP, Polisi maupun TNI terlihat melakukan pengawasan hingga pengamanan di berbagai sudut pelaksanaan kegiatan dimaksud.  

Pada Minggu pagi, berbagai Komunitas Senam Aerobic baik Kota maupun Kabupaten Bima juga melaksanakan kegiatan senam dalam rangka menyambut HUT Bima ke-379 tahun 2019. Aksi sehat yang dilakukan oleh berbagai komunitas tersebut yang juga melibatkan berbagai elemen masyarakat termasuk Pemerintah setempat, dilaksanakan di Taman Panda Kabupaten Bima. Mereka terlihat tampil dengan semangat dan disambut secara antusias oleh berbagai elemen masyarakat. Yang tak kalah menariknya, ada beberapa anggota dari Komunitas Senam Aerobic mendapatkan door price.(TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.