Header Ads

Bersih Kotanya Sejahtera Warganya



Penulis: Ardiansyah (Warga Kota Bima)

Kota merupakan wilayah dimana semua arus transaksi serta distribusi barang dan jasa berlangsung, hampir 24 Jam aktifitas tidak pernah berhenti. Masalah perkotaan jauh lebih rumit dan kompleks mulai dari sosial politik ekonomi hingga pada sanitasi dan kebersihan yang akan menjadi penyakit utama kehidupan kota kedepan, kalau ini tidak di prioritaskan sejak dini maka dosa kota akan makin menumpuk.

"Kebersihan sebgian dari iman"-Ini sebuah ungkapan bahwa pentingnya kebersihan bagi kehidupan masyarakatnya, ungkapan ini harus terimplementasi dalam setiap indifidu masyarakat dan tentu harus didorong dengan program program pemerintah kita baik skala provinsi maupun kota itu sendiri.

Pada tingkat provinsi kehadiran ZulRohmi gubernur dan wakil gubernur baru ini betul betul mengimplementasikan ungkapan "Kebersihan Sebagian dari Iman" lewat program unggulannya ZERO WESTE yaitu penangan sampah yang menjadi masalah dan menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Program ini tentu harus direspon baik oleh semua kalangan lebih husunya Pemkot Bima sebagai pemerintah tingkat II yang memiliki power dalam memobilisasi masyarakat untuk sama sama membangun daerah jauh dari sampah.

Pemkot harus kita sama sama dorong mengambil langkah cepat untuk memberikan payung hukum serta membentuk program ditingkat kota dalam menangani persoalan sampah ini.

Semua elemen harus bersinergi bahu membahu bukan justru mencari kesalahan satu sama lainnya, segera lupakan persoalan perebutan kekuasaan yang menang buka diri untuk sama sama duduk dalam satu meja, bukankah kebersamaan tentu akan lebih kuat?Pemkot juga dalam hal ini harus membuka diri merangkul elemen elemen yang potensial untuk digerakan sehingga penanganan sampah dapat terselesaikan dengan baik.

Sampah juga bernilai rupiah Bila kita cerdas melihat peluang ekonomi maka kita bisa menghasilkan rupiah dari sampah, banyak diberbagai daerah memanfaatkan sampah menjadi barang bernilai ekonomi.

Handicraft salah satu hasil krajinan dari sampah memiliki nilai ekonomi. Program ini akan memberikan multiplier effect terhadap masyarakat disisi lain kota jauh dari sampah dan disisi lainnya mendapatkan manfaat secara ekonomi.....

Mari bumikan slogan "Bersih Kotanya Sejahtera Warganya”

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.