Header Ads

Proklim Desa Belo Perkuat Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan

Moment Pelaksanaan Kegiatan Proklim di Desa Belo Kabupaten Bima
Visioner Berita Kabupaten Bima-Salah seorang dari Komunitas Hijau Bima yakni Aryani Prawira Yudha, nampaknya bukan saja bergelut di bidang penghijauan di sejumlah wilayah di Kabupaten Bima. Sosok yang satu ini, juga aktif pada bagian lingkungan lainya. Kreasi barunya ini, dinilai jarang dilakukan oleh elemen lainya.

Kini ia hadir dengan kreativitas baru bernama Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Lewat instrumen ini ia membangun kesadaran masyarakat agar masyarakat setempat sadar akan lingkunganya. Kegiatan ini digelar di seluruh sudut gang yang ada di Desa Belo Kecamatan Palibelo. “Tujuan Program Proklim ini adalah Membangkitkan Semangat masyarakat untuk sadar lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui program ini dapat mencegah naiknya emisi gas rumah kaca dan membangun keterlibatan masyarakat terhadap penguatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim agar mendapatkan suplay oksigen yang cukup,” terang Aryani Prawira Yudha kepada Visioner.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Aryani mengaku tentu saja tak sendiri. Tetapi juga dibantu oleg Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima melalui dana CSR dari PT.PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Tambora/Unit layanan Transmisi dan GarduIinduk Bima. “Kegiatan dilibatkan langsung oleh Masyarakat Desa Belo dan aparatur Pemerintah Desa setempat. Salah satu tujuan adalah menyukseskan Proklim,” tandas Aryani

Melalui Proklim ini pula, diharapkan dapat memberikan efek positif bagi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, dan dapat memanfaatkan limbah botol plastik sebagai bahan baku untuk memperindah tata ruang pada lokasi Proklim di Desa Belo. “Di dalam Kegiatan Proklim tersebut, Komunitas Coco Bola Desa Belo yang menjadi inisiator sehingga kegiatan ini menjadi sukses dan berjalan dengan lancar. Dan Alhamdulillah lewat Proklim ini masyarakat sudah mulai sadar dalam menata halaman rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Pada moment kegiatan yang sama tepatnya di penghujung Desember 2019, Pj. Kades Belo yakni Irwan, SE mengatakan bahwa dengan adanya Proklim ini pihaknya mengaku akan mendukung sepenuhnya. Sebab, kegiatan ini dirasakan sangat positif bagi masyarakat setempat dalam membangun dan menata ruang lingkupnya sendiri. “Kami Dari Pemerintah Desa Belo tidak menutup mata dalam melihat kegiatan Proklim ini. Tentu saja Program ini akan kami dukung dan bekerjasama guna membangun Desa Belo menjadi lebih baik, serta dapat dicontohi oleh Desa-Desa lain di Kabupaten Bima,” harapnya.

Irfan kemudian menyatakan apresiasi dan terimakasihnya kepada Komunitas Coco Bola yang telah menjemput Proklim Desa dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) Pusat. Sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah lewat program ini masyarakat Desa Belo sudah mulai sadar dalam menata dan membangun sebuah inovasi dan kreatif lingkungan Desa,” pungkasnya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.