Header Ads

Resahkan Masyarakat, Polres Bima Kota Razia Knalpot Racing

Ilustrasi Razia Knalpot Racing
Visioner Berita Kota Bima-Keberadaan knalpot racing yang memiliki suara bising dianggap masyarakat Kota Bima sangat menganggu kenyamanan, karena menimbulkan polusi suara. Berbagai jenis knalpot reacing dari berbagai macam merek motor yang jumlahnya sekitar 120 buah, terlihat jelas di dalam ruangan petugas penilangan Sat Lantas Polres Bima Kota, Kamis (12/3/2020).

Knalpot racing tersebut diamankan saat Polisi melaksanakan razia, penertiban serta diamankannya saat operasi gabungan. Penertiban pada kendaraan, terutama knalpot racing itu dianggap mengganggu dan meresahkan masyarakat. Karena, knalpot yang dipasang, digunakan di kendaraan itu membuat bising saat di jalan. Maka perlunya ditertibkan, dan penindakan terhadap para pelanggar kendaraan tidak sesuai dengan standar.

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono melalui Kasubbag Humas AKP Hasnun menjelaskan, sebanyak 120 buah knalpot yang berhasil diamankan oleh petugas. Karena motor yang menggunakan knalpot reacing dapat mengganggu kenyamanan serta meresahkan warga dengan suara bisingnya. Hal tersebut juga melanggar pasal 285 tentang kelengkapan kendaraan yang tidak sesuai dengan spektek.

Sebanyak 120 buah Knalpot racing tersebut diamankan saat petugas melaksanakan razia, penertiban pagi serta saat melaksanakan Opgab selama 3 bulan terakhir. Bagi siapa saja yang kedapatan menggunakan knalpot reacing pada kendaraan beroda dua saat adanya razia, maka akan diberikan tindakan langsung (Tilang) serta dilakukannya penyitaan. "Sepeda Motor  yang menggunakan knalpot reacing akan bisa keluar setelah knalpot motor tersebut diganti dengan knalpot yang standar," jelasnya.

Kapolres Bima Kota Melalui Kasubbag Humas AKP Hasnun, juga menyarankan agar masyarakat menggunakan knalpot standar dari pada menggunakan knalpot reacing pada kendaraan sepeda motornya, selain harganya yang  mahal dan melanggar aturan, suara bising knalpot racing juga sangat mengganggu kenyamanan dan meresahkan warga sekitar. " Alangkah Lebih baik untuk menggunakan knalpot standar dari pada menggunakan knalpot racing. Dan tentunya sangat disayangkan jika knalpot racing itu dibeli dengan harga mahal, akan tetapi disita jika didapat oleh petugas saat razia," pungkasnya.(TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.