Header Ads

Tangani Covid-19, Pemprov NTB Siapkan Anggaran Rp 25 Miliar

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dr. Nurhandini Eka Dewi
Visioner Berita Mataram NTB-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sediakan anggaran penanganan darurat bencana non alam virus corona (Covid-19) berkisar Rp 20 sampai 25 Miliar.  “Kita sedang menghitung berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur NTB yang menetapkan siaga darurat bencana non alam covid-19 sampai dengan Juli 2020. Dengan sampai Juli itu, angka coba kita siapkan antara Rp 20 miliar sampai Rp 25 miliar ,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sabtu, (21/3/2020) di Mataram.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dr. Nurhandini menjelaskan, anggaran sebesar itu nantinya digunakan untuk membiayai kebutuhan operasional. Contoh membeli alat pelindung diri (APD), membeli reagen, peralatan rumah sakit, tempat tidur bila mana terjadi ada penambahan covid-19, termasuk untuk membiayai pelatihan-pelatihan tenaga medis terkait covid-19.

Menurut Dokter Eka, anggaran covid-19 itu diambil dari anggaran Dinas Kesehatan (Dikes) NTB dan rumah sakit milik pemerintah daerah. Ia berharap dana tersebut nantinya bisa membantu penangangan covid-19 di NTB. “Dananya sudah ada sebetulnya di Dinas Kesehatan (Dikes). Cuman anggaran yang tadinya untuk yang lain, kita alihkan sementara untuk penanganan virus corona,” jelasnya.

Meskipun nantinya anggaran sebesar Rp 25 miliar itu disetujui oleh Pemerintah Provinsi NTB, tetap saja anggaran itu masih kurang. “Sebetulnya masih kurang. Nah, kurangnya kita belum tahu dan harus cari dimana, sehingga sewaktu-waktu ketika hal tersebut terjadi, kita bisa mengatasi dengan cepat,” tutupnya.(TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.