Header Ads

Walikota Serahkan Bantuan Sarana Produksi Pengembangan Sentral Tanaman Pangan dan Hortikultura

WaliKota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, Saat Menyerahkan Bantuan, Jum'at (17/7/2020).
Visioner Berita Kota Bima-Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, menyerahkan bantuan sarana produksi kegiatan pengembangan sentral tanaman pangan dan hortikultura pada 5 lokasi dengan luas sebanyak 11,4 Ha yang bersumber dari APBD II Kota Bima di Aula Sekolah Alam Kelurahan Kodo Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, Jum’at (17/7/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Ellya HM. Lutfi dan beberapa kepala perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah serta perwakilan petani dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Raba dan Rasanae Timur.

Bantuan yang digelontorkan melalui Dinas Pertanian Kota Bima diberikan dalam upaya pengembangan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan berbasis sentral dengan perincian sebagai berikut : (1) Sayur-sayuran berupa tanaman tomat,  cabai, bawang merah, sawi dan kacang panjang untuk 4 (empat) kelurahan yakni kelurahan Kodo (5,5 ha), kelurahan kolo (3,9 ha), kelurahan rite (1 ha); (2) Tanaman Buah-buahan (Durian) untuk Kelurahan Dodu dan Nungga seluas 30 Ha.

Pemberian bantuan kepada kelompok awal ini diharapkan dapat percontohan bagi masyarakat dalam upaya pengembangan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan berbasis sentra, pengembangan berbasis sentra ini dilakukan pada tahun ini sebagai proses pembelajaran bagi masyarakat, bagaimana cara melaksanakan sistem budidaya sesuai anjuran dengan perencanaan yang sistimatis dari hulu sampai hilir, tidak hanya memikirkan bagaimana proses pengembangan kawasan dan proses budidayanya, tetapi juga kita memikirkan bagaimana pasarnya.

Ke depan Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pertanian Kota Bima akan terus berupaya mengembangkan luasan sentra ini sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati hasilnya.

Dalam laporannya Kadis Pertanian Kota Bima, Ir. Darwis menyampaikan bahwa penyerahan beberapa benih ini diharapkan petani-petani dapat mengembangkan hasil pertaniannya sehingga dapat memperoleh hasil yang banyak dan nantinya ada kelompok-kelompok yang akan membeli dan menjualnya dengan kemasan yang baik dan bagus supaya bisa di pasarkan di supermarket supermarket yang ada di Kota Bima.

Dalam sambutannya Wali Kota Bima menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini sesuai dengan komitmen Kota Bima bagaimana cara agar petani petani kita tidak saja fokus menanam jagung tetapi bisa mengembangkan tanaman tanaman lainya seperti sayur dan lainnya agar bisa menaikan ekonomi petani kita disaat bukan musim menanam jagung.

“Harapannya petani kita dapat menanam sayuran dan lainnya dengan jumlah yang besar dan lahan yang luas sehingga masyarakat kita yang berdagang sayur tidak lagi mendatangkan sayuran dari luar Kota Bima lebih-lebih masyarakat kita untuk memenuhi kebutuhan sayurnya tiap hari bisa langsung datang belanja sayur-sayuran segar dan terjamin,” jelas Wali Kota.

Diakhir sambutannya Wali Kota berpesan kepada penerima bantuan agar bantuan benih dari pemerintah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya agar hasil pertaniannya berkualitas baik dan bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan keluarganya. “Kepada Dinas terkait agar dapat selalu mendampingi dan terus membimbing petani petani kita agar bantuan ini bermanfaat dan tepat sasarannya,” tandas Wali Kota Bima. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.