Kapolres Bima Pimpin Rakor Kesiapan Penanganan Bencana Alam

Rapat Koordinasi Kesiapan Penanganan Bencana Alam di Kabupaten Bima, Jum'at  (6/11/2020).

Visioner Berita Kabupaten Bima-Kegiatan rapat koordinasi kesiapan penanganan Bencana alam di Kabupaten Bima, Jum'at  (6/11/2020) berlangsung di Aula Tambora Polres Bima dengan di hadiri Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S. IK, Dandim 1608 Bima diwakili oleh Danramil Woha Kapten Inf. Sukahar, PJU, Polres Bima  Kapolsek Jajaran Polres Bima, Pasi ops Yuswanto, SH, Kabid Pol PP Sahrul S. Sos, Kabid BPBD M. Gunawan, Basarnas diwakili Rescver Ryonda Aryan.

Kegiatan di awali dengan sambutan Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S. IK, sebagai pimpinan rakor yang intinya ini adalah Mengingat Untuk wilayah NTB di Pulau Lombok intesitas curah hujan cukup tinggi, sedangkan Pulau Sumbawa beberapa hari ini curah hujan berkurang dan masih terlihat kekeringan khususnya di Kabupaten Bima sehingga perkembangan cuaca tidak menentu.

"Dengan adanya perubahan cuaca tersebut perlunya kita bersinergi seluruh instansi terkait dalam mengantisipasi apabila terjadinya bencana alam seperti upaya evakuasi dan bantuan terhadap masyarakat," tuturnya.

Kemudian dilihat beberapa bencana alam yang sudah pernah terjadi secara umumnya di Kabupaten Bima yaitu bencana banjir bandang disebabkan pegunungan gundul pohon di babat akibat pertanian jagung  disamping itu juga rawan terjadinya longsor dibeberapa daerah di Kabupaten Bima. 

Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S. IK.

Dari beberapa peserta rapat masing-masing memberikan masukan dan tanggapan yang intinya mengapresiasi kepada Kapolres Bima yang sudah menginisiasi rapat koordinasi kesiapan dalam mengahadapi bencana alam karena bencana alam merupakan tanggung jawab bersama dan kesiapan untuk  Bencana sana menangani Bencana alam yang sewaktu waktu akan terjadi di wilayah Kabupaten Bima. 

Setelah mendengar masukan, saran pendapat peserta rapat Kapolres Bima menyimpulkan antara lain, segera dibuatkan SK dan surat perintah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah sebagai dasar kita bekerja. Apel gelar  kesiapan penanganan Bencana alam  akan di laksanakan tanggal 12 November 2020 pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan Bupati Bima dengan Irup PJS Bupati Bima.

Para Kapolsek dan Kasubsektor Jajaran  untuk menindak lanjuti diwilayah masing-masing dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam kesiapan penanganan Bencana Alam dan hasil tindak lanjut dilaporkan ke Kapolres Bima. 

"Dilibatkan PLN dan Telkom dalam apel siaga dan dalam pergelaran apel dibuat secara meriah agar menjadi sorotan bahwa Pemerintah Kabupaten Bima bersama TNI-Polri siap tanggap bencana alam untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Bima," tandas Kasubbag Humas Akp Hanafi.

 Kegiatan  di mulai pukul 09.00 Wita dan berakhir pukul 10.30 Wita berjalan dengan aman dan lancar. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.