Header Ads

Pasca Banjir di Kadole, BPBD Kota Bima Tinjau Relokasi Rumah Untuk Pelebaran Drainase

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima.
Visioner Berita Kota Bima-Sebagai langkah serta upaya percepatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bima melalui beberapa unsur jajarannya, melakukan peninjauan secara langsung kondisi serta sistim drainase, yang berada di wilayah perumahan relokasi banjir, di lingkungan Kadole Kelurahaan Oi Fo’o-Kota Bima, Jum'at (26/3/2021). 

Hal tersebut sebagai tindak lanjut, atas Peristiwa Banjir yang terjadi beberapa hari sebelumnya dikawasan rumah relokasi, yang kini telah ditempati oleh sebagian kelompok masyarakat di berbagai wilayah di Kota Bima.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima, Najamuddin mengatakan, Peninjauan dilakukan secara bersama oleh Pihak BPBD, DLH, PUPR, Perkim serta dari Tim Tehknis lainnya, dengan langsung melakukan pemetaan serta perhitungan secara sistematis dalam pengerjaan pelebaran sistim drainase dikawasan tersebut, sehingga dengan pelebaran drainase yang dilakukan, arus air hujan dari arah pegunungan sekitar tidak lagi menggenangi dan dapat mengalir lancar hingga ke muara.

“Kami bersama Tim Tehknis melakukan pemetaan dan perhitungan secara sistematis untuk permukaan drainase, pelebaran akan segera dikerjakan mulai dari hulu hingga ke muara, sehingga air hujan tidak lagi tergenang dan menyebabkan banjir di kemudian hari,” terangnya.

Sebelumnya, kawasan perumahan relokasi kadole di kelurahan Oi Fo’o-Kota Bima tersebut, terendam banjir dengan ketinggian hampir 1 meter. Yang terjadi pada Sabtu Pekan lalu, setelah hujan deras mengguyur dan mengakibatkan air hujan dari arah pegunungan sekitar menggenangi kawasan tersebut.

Sementara Rumah Relokasi Banjir di kawasan Kadole yang dibangun sejak tahun 2018 sebanyak 1.228 unit bangunan, yang diperuntukan bagi para korban banjir bandang yang terjadi wilayah Kota Bima di tahun 2016 silam, kini sudah mulai ditempati oleh Kelompok Masyarakat dari berbagai wilayah kota Bima, sejak akhir tahun 2020 lalu. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.