Header Ads

Sertijab Empat Perwira Polri di Posisi Jabatan Penting di Polres Bima Kota-Diakui Telah Menorehkan Prestasi Besar

        Moment Sertijab Empar Personil Perwira di Mapolres Bima Kota, Kamis (4/3/2021)

Visioner Berita Kota Bima-Kamis (4/3/2021), jajaran Polres Bima Kota menggelar sebuah kegiatan besar. Yakni Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat personil Perwira Menengah (Pamen) Polri pada posisi jabatan yang dianilai penting.

Dan keempat personil Perwira yang disertijab tersebut, diakui sama-sama telah menorehkan prestasi besar dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan luar biasa selama menjabat di Mapolres Bima Kota.

Kegiatan Sertijab ini dipimpin secara langsung oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wocaksono, S.IK. Momoment ini digelar di Ruang Rapat Utama (Rupatama) lantai dua Polres Bima Kota.

Keempat personilPerwira yang disertijab sebagaimana sprint mutasi Polda NTB sebulan lalu itu, yakni Wakapolres Bima Kota, Kompol Syafruddin (jabatan baru pada Bidang Humas Polda NTB). Syafrudin merupakan putra kelahiran Kelurahan Kodo Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. 

Selama menjabat sebagai Wakapolres Bima Kota, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono, SIK bahwa yang bersangkutan juga terlibat membantu Sat Reskrim dan lainya dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan kriminal luar biasa.

Tak hanya itu, Kapolres Bima juga mengakui bahwa Syafrudin juga terlibat sangat aktif bersama sejumlah Satuan lainya dalam pengamanan Pilkada Kabupaten Bima periode 2020-2025 pada wilayah hukum Polres Bima Kota. Oleh karenanya, Kapolres Bima Kota menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga serta penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Syafrudin.

“Beliau memiliki peran aktif dalam membantu saya selama menjabat sebagai Wakapolres Bima Kota. Kepada Syafrudin, saya ucapkan terimakasi dan selamat menempati jabatan baru di Polda NTB,” tandas Kapolres Bima Kota ini, AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.IK.  

Posisi Syafrudin sebagai Wakapolres Bima Kota dihantikan oleh Kompol Mujahidin S.Sos. Sebelumnya, Mujahidin merupakan putra Kelahiran Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu namun sudah lama berdomisili di Kota Bima.

Beberapa tahun silam, Mujahidin juga pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bima, tepatnya saat Markas Komando (Mako) Polres Bima berlokasi di Raba. Saat menjabat sebagai Kasat Reskrim waktu itu, Mujahidin dikenal sangat tegas, berani dan sukses mengungkap sejumlah kasus-kasus besar, antara lain pembunuhan dan kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor).

Pergatian jabatan juga terjadi pada Bagian Perencanaan Polres Bima Kota. Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) yakni, Kompol Hardjanto Saksono. Posisi Hardjanto sebagai Kabag Ren yang selama di Mapolres Bima Kota diakui telah membuktikan pengabdian terbaiknya di bidang perencanaan, kini digantikan oleh AKP M. Saleh.

Dalam hal ini, Kapolres Bima Kota menyatakan apresiasi, bangga, terimakasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Hardjanto yang kini menempati jabatan baru pada Direktorat Narkoba Polda NTB. 

Kasat Reskrim Polres Bima Kota yakni Iptu Hilmi Manossoh Prayugo, S.IK yang telah membuktikan pengabdian terbaiknya dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan luar biasa mulai dari soal kasus asusila terhadap anak di bawah umur, Curanmor, pembunuhan dan lainya kini pindah menjadi Kasat Reskrim Polres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Tak hanya itu, saat menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bima Kota-Hilmi memiliki peran yang dinilai luar biasa dalam kasus pembangunan Jety (pelabuhan) mini di Bonto Kota Bima hingga menetapkan Feri Sofiyan, SH (Wakil Walikota Bima) sebagai tersangka. Soal kasus yang dinilai heboh ini, hingga kini belum juga di P21 oleh pihak Kejaksaan setempat padahal berkasnya diakui sudah sangat lengkap.

Masih soal kasus ini, tercatat sudah dua kali mondar-mandir dari Kejaksaan ke Polres Bima Kota. Konon informasinya, Jaksa belum bisa menyatakan P21 terkait kasus ini karena pertimbangan masih harus diekspos lagi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Mataram-NTB, dan ditengarai perlu ditambahkan pasal alternatif sesuai ketentuan yang berlaku pada UU tentang Pelayaran.

Padahal sebelumnya, saat aksi demo salah satu LSM di Bima pihak Kejaksaan setempat menyatakan tak ada lagi penambahan pasal alternatif. Sayangnya, sampai dengan detik ini kasus tersebut masih berada di Kantor Kejaksaan setempat, belum juga dinyatakan P21 padahal waktunya sudah lewat dari 14 hari.

Lagi-lagi menurut informasi yang dihimpun sejumlah Awak Media, menduga bahwa pihak Kejaksaan belum juga menyatakan P21 terkait kasus itu karena alasan akan memberikan petunjuk baru kepada pihak Kepolisian. Namun, petunjuk dimaksud ditengarai bukan secara tertulis.

Kembali ke soal Sertijab Kasat Reskrim Polres Bima Kota, posisi Hilmi digantikan oleh Iptu M. Rayendra Rizkila Abadi Putra, S.T.K, S.IK. Berdasarkan informasi yang dihimpun Visioner, Rayendra merupakan putra kelahiran Lombok, lulusan PTIK dan usianya masih tergolong muda serta masih lajang.

Terkait kerja keras Hilmi atas keberhasilanya dalam mengungkap berbagai kasus kejahatan luar biasa di wilayah hukum Polres Bima Kota, Kapolres Bima Kota ini menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga serta penghormatan yang setinggi-tingginya.

“Hilmi bersama pasukanya di Sat Reskrim telah membuktikan kiprahterbaiknya dalam pengungkapan berbagai kasus kejahatan luar biasa. Oleh  karenanya, kita semua harus mengapresiasnya. Selanjutnya, saya ucapkan selamat kepada Hilmi yang kini menempati jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Polres KSB, semoga amanah. Dan kepada Kasat Reskrim yang baru, diharapkan juga mampu membuktikan kiprah terbaiknya,” harapnya.

Sementara Kapolsek Wawo yakni Iptu Jufrin kini menempati jabatan baru pada Bagian Humas Polres Bima Kota. Posisi Jufrin sebagai Kapolsek Wawo kini digantikan oleh Iptu Rusdi.

Laiputan langsung sejumlah Awak Media pada moment tersebut melaporkan, usai Sertijab maka selanjutnya keempat Perwira yang baru menempati jabatan penting tersebut mengucapkan sumpah jabata. Kegiatan ini juga dipimpin secara langsung oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo, S.IK.

Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.IK  dalam sambutanya usai kegiatan tersebut menjelaskan, Sertijab ini adalah proses penyegaran sekaligus promosi jabatan yang lazim berlaku pada Lembaga Polri. Kapolres Bima Kota kemudian mengakui prestasi empat orang mantan Periwira tersebut selama menemaninya dirinya.

Selanjutnya, Kapolres Bima Kota berharap agar keempat Perwira tersebut bisa membuktikan kiprah terbaiknya dengan sungguh-sungguh pada tempat tugas yang baru. Dan para penggantinya, ditekankan agar bisa membuktikan pengabdian terbaiknya, terutama dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan luar biasa di wilayah hukum Polres Bima Kota. “Intinya, tunjukan pengabdian terbaiknya,” pungkasnya. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.