Header Ads

Ratusan Masyarakat Bersama Dua Anggota DPRD Kabupaten Dompu Gelar Aksi Solidaritas Peduli Palestina

Aksi Solidaritas Peduli Palestina di Kabupaten Dompu.

Visioner Berita Dompu NTB-Ratusan masyarakat Kabupaten Dompu, Rabu (19/5/2021) melakukan aksi solidaritas di depan kantor DPRD Kabupaten Dompu. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk sikap dukungan, keperdulian dan rasa prihatin terhadap rakyat Palestina yang menjadi korban penindasan dan kebiadaban Negara Israel. Selain itu, massa aksi juga menggalang dana untuk membantu Palestina. 

Aksi yang dikoordinir Koordinator Umum (Kordum) Iwan Sakral dan Putra Taufan ini, dilakukan dengan cara berjalan kaki dari depan Masjid Baiturrahman Dompu menuju depan kantor DPRD Dompu. 

"Ini adalah aksi solidaritas kami masyarakat Dompu untuk pembebasan Palestina," ungkap massa aksi, saat menyampaikan orasinya di lokasi setempat. 

Menurut massa aksi, berdasarkan isi resolusi PBB mengenai perdamaian dan hak asasi manusia  bahwa setiap bangsa tidak boleh membiarkan penaklukan, dominasi dan eksploitasi oleh pihak asing. Dimana, hal itu merupakan  penyangkalan hak-hak asasi manusia, bertentangan dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan merupakan halangan untuk mempromosikan kerjasama dan perdamaian dunia. 

"Semua bangsa memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri berdasarkan hak mereka secara mutlak. Bebas menentukan status politik mereka dan bebas dalam hal mengurusi ekonomi, pembangunan sosial dan budaya," terangnya. 

Aksi Solidaritas Peduli Palestina di Depan Gedung DPRD Kabupaten Dompu.

Lanjut massa aksi, semua Negara berdasarkan ketentuan dari Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa atas dasar kesetaraan, non-intervensi dalam urusan internal semua Negara, dan menghormati hak-hak berdaulat dari semua bangsa dan integritas teritorial mereka. 

Berangkat dari hal ini, massa aksi yang tergabung tergabung dalam Aksi Solidaritas untuk Pembebasan Palestina menyatakan sikap mengutuk Keras Rezim Zionis (Yahudi Israel) laknatullah atas penjajahan, kekejaman, pembunuhan, pengusiran, pelecehan, penindasannya pada bangsa Palestina.

Selain itu, juga mendesak Pemerintah Pusat agar mendorong Negara Anggota OKI dan PBB No 181 Tahun 1947 tentang Alquds berada dibawa kendali International, karena resolusi ini bertentangan dengan keputusan UNESCO bahwa tempat Suci Alquds (Masjid Al Aqsha) merupakan warisan umat Islam (Situs Suci) Palestina.

"Kami juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Dompu agar menyampaikan sikap dukungan kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo untuk terus membantu dan mendukung rakyat dan bangsa Palestina, secara nyata," terangnya. 

Inilah Dua Anggota DPRD Kabupaten Dompu Yang Turut Bergabung Dalam Aksi Solidaritas Peduli Palestina.

Pantauan awak media, aksi solidaritas ini pun terlihat direspon baik oleh anggota DPRD Dompu yang saat itu ikut bergabung dalam aksi tersebut. Tidak hanya itu, dua orang anggota DPRD Dompu yakni Iskandar (Pas Dompu) dari Fraksi PKS, secara pribadi menyumbang dana sebesar Rp 10 Juta dan dana Rp 10 juta lainnya untuk membayar Sorban Palestina dari anggota Koordinator aksi solidaritas untuk Palestina. 

Sedangkan Ir. Muttakun (anggota DPRD Dompu faksi Nasdem) menyumbangkan dana sebesar Rp. 5 juta. Apa yang dilakukan, para wakil rakyat ini pun mendapat respon baik dan rasa syukur dari massa aksi solidaritas peduli Palestina. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.