Bukti Kepedulian Pemkab Bima, Desa Kala Dapat DAK Untuk Program Sanitasi

Foto Pengerjaan Jamban.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Kabupaten Bima hingga kini terus melakukan perbenahan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perkim terus mendapat kepercayaan Pemerintah Pusat. Salah satunya untuk program Sanitasi. Tahun 2021 ini, perhatian dan kepedulian pemerintah melalui program tersebut ditujukan pada sejumlah Desa. Tak terkecuali Desa Kala Kecamatan Donggo.

Anggaran untuk program tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).  Untuk Dusun Manggekompo Desa Kala dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kala Bersinar. 

Ketua KSM Kala Bersinar, Suherman menjelaskan total anggaran untuk pembangunan 50 unit Jamban (Toilet) yakni sebesar Rp333 Juta.

"Tahun ini desa kita terakomodir dalam program sanitasi, alhamdulillah itu menjadi sebuah kesyukuran bagi Desa Kala," terang Suherman pada media online www.visionerbima.com, Rabu (30/6/2021).

Dijelaskannya, pencairan tahap pertama baru 20% dari pagu anggaran. Anggaran sebesar itu digunakan untuk pengerjaan 13 Unit Jamban.

"Yang sedang dikerjakan, bahkan sudah mencapai 60%. Sementara sisanya akan dikerjakan tahap berikutnya," ungkapnya.

Foto Pengerjaan.

Suherman menjelaskan, tujuan program untuk meningkatkan perluasan akses sanitasi dengan menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.

"Selain itu juga meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat," jelasnya.

Lanjutnya, adapun sasaran dari program ini diprioritaskan kepada keluarga yang mempunyai anak balita dan ibu hamil.

"Terutama yang belum mempunyai sarana sanitasi yang memadai," katanya.

Untuk diketahui sebutnya, setiap warga yang akan menerima bantuan, sebelumnya telah di data sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Seperti, Ibu hamil, Balita, orang dengan kategori Stunting, Disabilitas dan masyarakat berpenghasilan rendah," tandasnya.

Atas perhatian pemerintah dalam kaitan itu, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih  yang sebesar-besarnya. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.