Header Ads

Covid-19 Belum Juga Usai, Tiga Pilar Kian Bekerja Keras Membangun Kesadaran Masyarakat

Moment Vaksinasi Merdeka Presisi Yang Dilakukan Oleh Tiga Pilar di Salah Satu Tempat di Kota Bima

Visioner Berita Bima-Covid-19 diakui telah memakan banyak korban di seluruh Indonesia, baik meninggal dunia maupun yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU). Hingga kini virus mematikan itu belum juga hilang dari bumi pertiwi.

Oleh karenanya, Presiden RI terus menekankan agar peningkatan kesadaran masyarakat untuk taat pada Protokol Kesehatan (Prokes) seperti penggunaan masker, cuci tangan baik sebelum maupun sesuadah beraktivitas, intensitas dalam berolah raga hingga kepada peningkatan kesadaran masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi (program Nasional).

Menindaklanjuti Instruksi Presiden dalam kaitan itu, tiga pilar di daerah yakni Bupati/Walikota, Polri dan TNI hinggga kini masih terus membangun kesadaran masyarakat baik soal Prokes maupun vaksinasi. Sementara di Bima, Bupati Bima Hj. IndahDhamayanti Putri, SE dan Walikota Bima ters meningkatkan kerjasama dengan TNI-Polri mengajak masyarakat untuk terus ikut dalam kegiatan vaksin.

Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH, Kapolres Bima Kabupaten, Heru Sasongko, S.IK, SH dan Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal yang melibatkan Dikes diduag daerah-sejak awal hingga saat ini terlihat menghabiskan waktu di lapangan mengajak masyarakat untuk ikut kegiatan vaksinasi.

Strategi vaksinasi yang dilakukan oleh tiga pilar ini, yakni diploting pada masing-masing wilayah Babinsa dan Bhabinkamtibmas baik di Kota maupun di Kabupaten. Tak hanya itu, kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan di sejumlah tempat lainya seperti di Pondok Pesantren (Ponpes) di Masjid-Masjid dan lainya.

Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, SH membenarkan hal itu. Tertanggal 6 September 2021 jelasnya, tiga pilar menggelar kegiatan Vaksinasi Presisi Merdeka di sejumlah tempat. Pada hari itu, diakuinya ada 590 orang warga di sejumlah wilayah Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ikut pada kegiatan ini.

“Untuk wilayah Kota Bima berjumlah 375 orang dengan rincian 69 orang dari wilayah Polsek Asakota, 165 orang di wilayah Polsek Rasbar, 31 orang di wilayah Polsek Rasanae Timur, 79 orang di Poli klinik PolresBima Kota, dan 31 orang di klinik TNI (Kodim 1608/Bima),” terangnya kepada sejumlah Awak Media.

Sementara di wilayah Kabupaten Bima pada hari itu, dijelaskanya berjumlah 216 orang. Rincianya 71 orang di wilayah Polsek Wawo, 63 orang di wilayah Polsek Sape, 22 orang di wilayah Polsek Lambu, nihil di wilayah Polsek Langgudu, 28 orang di wilayah Polsek Ambalawi, dan 32 orang di wilayah Polsek Wera.

Yang dilakukan oleh tiga pilar dalam kaitan itu yakni Vaksin Sinovac dengan rincian sebanyak 375 dosis milik Polri dan 216 dosis milik Dikes Kabupaten Bima.

“Kegiatan vaksinasi masih terus digalakan. Untuk itu, kami dari Tiga Pilar lebih menghabiskan waktu pada tiap harinya di lapangan dalam rangka membangun kesadaran untuk ikut pada kegiatan dimaksud. Tujuanya, lebih kepada mengantisipasi masyarakat baik Kota maupun Kabupaten Bima dari serangan Covid-19,” terangnya.

Tertanggal 7 September 2021, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH didampingi oleh Wakapolres setempat, Kompol Mujahidin, S.Sos dan Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Mustafa Kamal melakukan pemantauan secara langsung kegiatan vaksinasi masyarakat di wilayah Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba-Kota Bima. Kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Baitul Hamid.

“Kegiatan tersebut juga disambut dengan sangat baik oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lainya. Kegiatan tersebut berlangsung sejak pada hingga siang hari, dan Alhamdulillah jumlah masyarakat yang divaksin mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan sebelumnya,” ulasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama pihaknya (Tiga Pilar) bersama Ketua Panitia Masjid Abdul Hamid, Lurah setempat dan Camat Raba. “Alhamdulillah sampai dengan hari kesadaran masyarakat untuk itu kian meningkat saja,” ungkapnya.

Rabu (8/9/2021), pihak Tiga Pilar melaksanakan kegiatan Vaksinasi Merdeka Presisi di Pondok Pesantren Imam Syafi’i yang berlokasi di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota-Kota Bima. Kegiatan tersebut terlaksana dengan baik atas kerjasama antara Tiga Pilar dengan pihak Ponpes setempat.

“Alhamdulillah sambutan pihak Ponpes Imam Syafi’i dalam kegiatan tersebut sangat baik. Jumlah yang divaksin di sana jumlahnya juga banyak,” bebernya.

Namun beberapa hari sebelumnya, pihaknya juga melaksanakan kegiatan Vaksinasi Merdeka Presisi di Ponpes Al-Hussainy Kota Bima. Kegiatan tersebut diakuinya dilaksanakan mulai dari pagi hingga siang hari. Jumlah Santriawan dan Santriawati serta Civitas Akademik pada Ponpoes Al-Hussainy yang divaksinya juga diakuinya banyak.

“Terimakasih telah menyambut kegiatan ini dengan sangat baik. Kegiatan Vaksinasi Merdeka Presisi ini masih akan dilakukan sampai terpenuhinya target yang ditentukan oleh Pemerintah kepada masing-masingdaerah di Indonesia. Mari terus ikut dalam kegiatan Vaksinasi Merdeka Presisi ini, sebab dampaknya sangat baik untuk kesehatan kita semua di maa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.