Header Ads

MTQ ke-31 Tingkat Kabupaten Bima, Bupati Ajak Masyarakat Bersinergi Membangun Bima RAMAH

Bupati dan Wakil Bupati.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, Senin malam (8/11/2021), membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-31 tingkat Kabupaten Bima Tahun 2021 yang akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 8 sampai dengan 14 November 2021 di Lapangan Semangka Sape.

Tema penyelenggaraan MTQ tahun ini adalah “MTQ XXXI Tahun  2021, Ikhtiar  Mewujudkan Generasi Qurani untuk Mewujudkan Bima RAMAH Berkelanjutan”. 

Tema ini, kata Bupati Bima, mengandung  pesan yang jelas yaitu ikhtiar menciptakan generasi Qurani melalui penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran yang diharapkan nanti akan ikut mendorong peningkatan capaian dalam bidang keagamaan demi mewujudkan Bima RAMAH. 

"Ini merupakan agenda strategis  Dinda-Dahlan yang pada  periode sebelumnya telah menjadi visi dan pilar  membangun bidang keagamaan  yang akan dilanjutkan pada lima tahun ke depan," terang Bupati.

Bupati yang akrab disapa Umi Dinda ini mengajak seluruh elemen masyarakat bersinergi dengan Pemda untuk menciptakan masyarakat yang religius.

"Sejalan dengan agenda strategis  membangun masyarakat Kabupaten Bima yang religius, saya dan Wakil Bupati H. Dahlan M. Noer mengharapkan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bima serta meyakini bahwa masyarakat, termasuk masyarakat Sape dan Lambu memiliki semangat untuk mencintai Al-Quran dan meningkatkan syiar Islam," ungkap Bupati Bima.

Pada momentum pembukaan Musabaqah yang juga dihadiri Wakil Bupati Drs.H. Dahlan M. Noer, Ketua DPRD Muhammad Putera Ferryandi S.IP, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, Ketua MUI, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua TP. PKK dan Ketua GOW Hj. Rostiati S.Pd, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Setda dan Camat se-Kabupaten Bima, Bupati juga memberikan aprresiasi atas kerja keras semua pihak melakukan vaksinasi. 

"Pada kesempatan malam hari yang berbahagia ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Bima, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Bima yang telah menyukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19 dan kita berharap cakupan vaksin  bisa mencapai target yang ditentukan," ujarnya. 

Apresiasi juga diberikan atas, kontribusi luar biasa para Camat dan MUSPIKA, Kepala desa dan aparat TNI/POLRI serta para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras melaksanakan vaksinasi di seluruh wilayah Kecamatan dan Desa.

Pantauan langsung wartawan, pemukulan Bedug oleh Wakil Bupati Bima dan disaksikan oleh Bupati Bima menandai dimulainya MTQ ke-31 tingkat Kabupaten Bima.

Sebelumnya, Sekretaris daerah kabupaten Bima selaku Ketua LPTQ Kabupaten Bima dalam laporannya memaparkan, pada Musabaqah tahun ini sebanyak 159 orang akan berlomba pada Cabang TIlawatil Quran, 77 peserta pada Cabang Qiraat Al Quran, 98 peserta Hifzul Quran dan 196 peserta pada cabang Lomba lainnya, sehingga keseluruhan peserta 530 orang. 

“Semoga pada MTQ tingkat Provinsi, mampu meraih juara umum dan peserta Kabupaten Bima mampu meraih prestasi tertinggi di tingkat nasional," harap Sekda.

Pada MTQ tahun ini, sejumlah tampilan seni dan budaya mewarnai penyelenggaan kegiatan. Diawali dengan Salawat oleh Kelompok Majelis Taklim Humairo’ dan tampilan tiga orang duta Kabupaten Bima yang menjuarai LASQI Tingkat Provinsi NTB yaitu Eby (Sape), Firman (Lambu) dan Abdul Hafid (Bolo) yang berlangsung di Kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu lalu. 

Kemudian, setelah sambutan Bupati Bima dilanjutkan dengan penampilan Kolosal tarian tradisional para pelajar dari berbagai sekolah se-kecamatan Sape serta Konfigurasi yang membentuk huruf MTQ dan lafadz Allah  dari 380 anak siswa dan pelajar. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.