Header Ads

Sekretariat Geopark Tambora di Bima Diresmikan, Gubernur NTB Tegaskan Harus Mampu Menghadirkan Kesejahteraan Masyarakat

Moment Pemotongan Pita Oleh Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah Saar Meresmikan Sekretariat Dewan Pelaksana Geopark Tambora di Desa Panda-Kabupaten Bima (22/11/2021)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Sebuah rencana sekaligus mimpi agar Geopark Tambora memiliki Sekretariat di Bima guna mempermudah komunikasi (efektif dan efisien) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu akhirnya kini terwujud.

Atas kerja nyata Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah melalui General Manager (GM) Geopark Tambora yakni Ir. Hadi Santoso, ST, MM dalam beberapa bulan terakhirnya ini akhir Sekretariat Geopar Tambora berada di Desa Panda Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima.

Senin (22/11/2021), Sekretariat Dewan Pelaksana Geopark Tambora yang berlokasi di Desa Poanda diresmikan oleh Gubernur NTB DR. H. Zulkieflimansyah. Kegiatan peremian Sekretariat Dewan Pelaksana Geopark Tambora ini dihadiri oleh sejumlah Instansi terkait dan pihak-pihak penting lainya.

Usai meresmikan Sekretariat Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Gubernur NTB menegaskan bahwa Lembaga tersebut harus mampu memberikan kesejahteraan dan kebermanfaat untuk masyarakat melalui kerja nyata.

“Alhamdulillah saya telah meresmikan Sekretariat Geopark Tambora yang berlokasi di Desa Panda Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima. Setelah Lembaga ini diresmikan, tentu saja harus ditindaklanjuti dengan karya nyata dengan harapan mampu menghadirkan kesejahteraan dan bermanfaat untuk masyarakat dan daerah,” tegas Gubernur NTB.

Gubernur NTB kembali menegaskan, setelah Sekretariat Geopark Tambora yang dianggap memadai di Bima maka  kegiatan dan aktivitas Geopark Tambora diharapokan mampu menyamai Geopark Rinjani di Pulau Lombok.

“Geopark Tambora harus mampu memberikan manfaat untuk masyarakat Bima, Dompu, Sumbawa, NTB dan bahkan dunia. Degan telah hadirnya Sekretariat Geopark Tambora di Bima ini maka pelayanan harus lebih dimaksimlakan guna mewujudkan cita-cita dan harapan bagi kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Doktor Ekonomi Industri yang dikenal humble ini, kemudian menyatakan apresiasinya terhadap Dewan Pelaksana Geopark Tambora karena telah mampu menghadirkan Sekretariat di Bima. Setelah Lembaga ini hadir di Bima dan telah diresmikan, Doktor yang juga pecinta kuda yang akrab disapa Bang Zul ini berpesan agar Kantor Geopar Tambora di Panda ini dijadikan sebagai rumah bersama.

“Hal tersebut tentu saja memiliki tujuan penting, yakni agar agar semua jajaran dan semua orang bisa memiliki kenyamanan didalamnya. Selain itu, saya juga berpesan agar ke depan selalu menjaga komunikasi dan hubungan yang baik pada setiap jajaran dan masyarakat,” tegas mantan Anggota DPR RI tiga periode yang juga mantan Ketua Badan Eksekutive Mahasiswa (BEM) pada Universitas Indonesia (UI) ini.

Politisi PKS yang dikenal santai tetapi telah mampu membuktikan sejumlah terobosan terbaik di NTB yang salah satunya terlihat melalui pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika yang diakui dunia ini menyatakan, keberhasilan seorang Pemimpin bukan dilihat dari kemampuannya menghadirkan kantor yang megah. Tetapi yang terpenting  adalah bagaimana ia mampu menciptakan kenyamanan pada semua dan kemudian selalu merasa memiliki.

“Kedekatan antara atasan dengan bawahan itu tidak saja terjadi di jam kerja. Tetapi harus tetap dijaga melalui kegiatan silaturahmi di setiap rumah rekan-rekan kerjanya juga,” papar Bang Zul.

Tokoh kelahiran Sumbawa-NTB ini kemudian mengharapkan, Kantor Geopar Tambora di Bima ini dapat dijadikan sebagai rumah bersama untuk membicarakan berbagai persoalan penting yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat dan Lembaga solutif bagi semua persoalan daerah.

“Duduk bersama, saling koordinasi dan berkolaborasi adalah hal penting untuk dilaksanakan guna mewujudkan visi-misi dari Geopark Tambora ini,” pungkas Politisi yang dikenal cerdas, santun dan ramah ini (Bang Zul).

Sementara itu, GM Geopark Tambora, Ir. Hadi Santoso, ST, MM menyampaikan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya Kepada Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah atas keluangan waktunya untuk hadir meresmikanSekretariat Dewan Pelaksana Geopark Tambora di Panda-Kabupaten Bima ini.

“Pesan dan motifasi dari Pak Gubernur NTB ini tentu saja pemantik kami untuk bekerja keras dan menjadikan Geopark Tambora bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Alumni Unhas Makasar-Sulsel yang juga CEO Sentrak Muslim Group ini.

Tak hanya itu, Hadi Santoso juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian Gubernur NTB karna ditengah kesibukannya menerima tamu Negara, kesibukan soal even WSBK 2021 dan Kunjungan Kerja (Kungker) untuk Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persoalan petani bawang merah di Bima-masih luangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan jajaranya di Bima.

“Kendati banyak kesibukan penting yang sedang dihadpainya, namun Bang Zul masih bisa meluangkan waktunya untuk hadir bersilaturahmi dengan jajaranya di Bima. Oleh sebab itu, kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bang Zul,” papar Hadi Santoso.

Pria yang dikenal sudah malang melintang di berbagai organisasi ini menjelaskan, kegiatan renovasi Sekretariat Geopark Tambora di Panda dituntaskan jauh-jauh hari sebelum diresmikan oleh Gubernur NTB. Kegiatan renovasi Sekretariat Geopark Tambora tersebut diakuinya bukans aja dilakukan oleh pihaknya. Tetapi juga juga melibatkan sejumlah elemen masyarakat yang ada di Desa Panda.

“Anggaran yang digunakan untuk renovasi Sekretariat ini bukan bersumber dari APBD maupun APBN. Tetapi murni dari hasil patungan jajaran Dewan Pelaksana dan sumbangan sukarela dan tidak mengikat lainnya,” beber Pengusaha Muda sukses Bima ini.

Hadi Santoso menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengajukan proposal ke Bappenas RI untuk pembangunan Pusat Informasi Geopark Terpadu bertaraf Internasional yang di dalamnya termasuk Pusat Kebudayaan, Perpustakaan, Guess House, Sentra UMKM, dan lainya Kabupaten Bima.

“Ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar kami guna mewujudkan mimpi sekaligus cita-cita mensejahterakan masyarakat sebagaimana pesan Gubernur NTB. Selanjutnya kita semua berharap agar bisa diamini oleh pihak Bappenas RI,” pungkas Hadi Santoso. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.