Header Ads

Bhakti Untuk Negeri, Dandim 1608/Bima Nakhodai Karbak Terpadu Pembersihan Lingkungan

Great Moment Karbak Terpadu Pembersihan Lingkungan Yang Dipimpin Oleh Dandim 1608/Bima, Letkol Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos (28/1/2022)

Visioner Berita Kota Bima-Pengabdian TNI khususnya di Bima baik oleh Kodim 1608/Bima maupun Kompi Yonif A 742/SWY kepada masyarakat bukan saja terlihat disaat terjadinya bencana banjir bandang (mengevakuasi warga), penghijauan pada kawasan hutan gundul dan mendorong masyarakat mengantisipasi serangan Covis-19 melalui kegiatan Vaksinasi. Tetapi bhakti TNI untuk Negeri khususnya di Bima baik Kota maupun Kabupaten juga terlihat nyata melalui kepedulianya terhadap lingkungan (pembersihan).

Jum’at pagi (28/1/2022) Dandim 1608/Bima, Letkol Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos memimpin langsung kegiatan Karya Bhakti (Karbak) terpadu di Jalan Cempaka I Lingkungan BTN Tambana Kecamatan Asakota-Kota Bima. Pada moment Karbak terpadu tersebut, lebih kepada pembersihan saluran (got) yang terlihat sudah dipenuhi sampah.

Aksi peduli lingkungan dengan tujuan agar masyarakat terhindar dari wabah penyakit seperti demam berdarah dan malaria ini, juga melibatkan Danki Yonif A 742/SWY,  Lettu Inf Tofan C Riski beserta jajaranya, Lurah setempat, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda, Bhabinkamtibmas setempat dan lainya.

Pada moment tersebut hadir pula Danramil 1608-01/Rasanae, Kapten Inf Seninot Sribakti, Kapolsek Asakota diwakili oleh Aiptu Beni, Camat Asakota, Suryadin, S. Sos dan Lurah Jatiwangi, Drs. Zumardin,

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh sejumlah Awak Media melaporkan, Karbak pembersihan lingkungan ini dimulai sejak pagi hari dan berakhir sekitar 1 jam sebelum Ibadah Sholat Jum’at. Selama kegiatan Karbak berlangsung, berbagai pihak yang terlibat di dalamnya terlihat bergelut dengan sampah yang menghambat aliran air.

Sampah terebut kemudian diangkut ke atas dum truk dan kemudian di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA. Singkatnya, kerja nyata tersebut berhasil mengembalikan fungsi saluran seperti sediakala dan estetikanyapun terlihat nyata. Dan Karbak terpadu tersebut diapresiasi secara positif oleh masyarakat,

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos saat memimpin apel kegiatan Karbak menegaskan bahwa menjaga, merawat dan memelihara lingkungan yang sehat merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, khususnya di Kecamatan Asakota-Kota Bima.

“Masyarakat yang sehat salah satunya tercermin kepada lingkungan yang bersih dan sehat pula. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat pula, Insya Allah masyarakat akan terhindar dari wabah penyakit seperti malaria serta demam berdarah. Oleh sebab itu, mari secara bersama-sama mengembalikan fungsi got, drainsase dan lainya dari tumpukan sampah,” imbuhnya.

Putra Bima asli yang disebut-sebut sebagai salah satu Dandim termuda di Indonesia ini (Letkol Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos ) menerangkan, got dan drainase serta saluran lainya berfungsi sebagai aliran air baik dari pegunungan dari hulu ke hilir.

“Untuk itu, kita harus secara bersama-sama menjaga, merawat dan memelihara saluran-saluran tersebut agar terbebas dari tumpukan sampah. Dan dihimbau kepada masyarakat agar tidak menjadi saluran sebagai tempat pembuangan sampah. Sekali lagi, buanglah sampah pada tempatnya,” desaknya.

Dandim 1608/Bima ini kembali mengajak seluruh elemen masyarakat di seluruh wilayah di Kota Bima untuk memastikan masing-masing lingkunganya tetap dalam kondisi sehat, bersih dan indah. Dengan hal itu pula berarti masyarakat telah menunjang sekaligus mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Bima terkait lingkungan hidup.

“Soal lingkungan hidup bukan saja menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah. Tetapi juga membutuhkan kesadaran partisipatif dari seluruh elemen masyarakat, khususnya di Kota Bima,” ulasnya.

Liputan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh pihak TNI tersebut bukan saja berakhir di Lingkungan Tambana Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota-Kota Bima. Tetapi pihak Koramil 01/Rasanae melanjutkan kegiatan gotong-royong di depan eks Kantor Bupati Bima di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di sebelah barat Kantor Walikota Bima.

Kegiatan tersebut juga melibatkan pihak Sat Pol PP Kota Bima, Sekcam Mpunda bersama stafnya, para Lurah beserta stafnya di Kecamatan Mpunda dan sejumlah elemen masyarakat di Kelurahan Penatoi.

Sedang sasaran kerja bhakti tersebut yakni pembersihan saluran air (parit) dan sampah di halaman eks Kantor Bupati Bima. Dijelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti program  pembinaan lingkungan hidup wilayah Teritorial Kodim 1608/Bima. Kerja bhakti tersebut juga bertujuan bertujuan untuk bersinergi dengan masyarakat dalam rangka menjaga serta melestarikan lingkungan sekitar. 

Melalui kegiatan ini, pihak Kodim 1608/Bima melalui Koramil 01/Rasanae mengajak masyarakat setempat untuk terus berpartisipasi membersihkan seluruh saluran yang ada dan tidak menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah. Ditegaskan pula bahwa banjir yang selama ini meluap hingga ke pemukiman warga disebabkan tidak berfungsi saluran (dangkal dan dipenuhi sampah). (FAHRIZ/GHILANG/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.