Header Ads

Pilkades Serentak Kabupaten Bima Mulai Digaungkan

Dokumen Pemkab Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Launching tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Bergelombang se-Kabupaten Bima tahun 2022 secara tatap muka (offline) dan tatap maya (virtual) Senin (24/1/2022) diikuti 57 desa yang diikuti Camat sekabupaten Bima, Kepala Desa Pelaksana Pilkades 2022 dan Ketua BPD menandai dimulainya 59 tahapan Pilkades. 

Pada jajaran pemerintah daerah, launching dihadiri Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE,Wakil Bupati Drs. H. Dahlan M. Noer, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, Kodim 1608/ Bima, Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala Perangkat daerah terkait dan Kabag Lingkup Setda di Lobby Kantor Bupati Bima. 

Bupati Bima dalam arahannya mengungkapkan, Pilkades yang akan dilaksanakan merupakan yang ketiga dilaksanakan, dimana berbagai rintangan dan hambatan bisa kita lalui bersama dan berharap agar Pilkades serentak 2022 berlangsung aman dan sukses. 

“Setelah melaksanakan launching, panitia di tingkat kabupaten akan turun untuk melaksanakan sosialisasi di masing-masing desa tempat pelaksanaan Pilkades ataupun di ibukota kecamatan. Upaya ini dimaksudkan untuk memastikan seluruh masyarakat, perangkat desa yang ada siap untuk mensukseskan Pilkades di tahun 2022 ini," kata Bupati. 

Selain elemen masyarakat, Bupati juga berharap kepada TNI/Pori dan perangkat daerah terkait khususnya Diskominfotik dan Sat Pol PP serta awak media juga harus membantu DPMD untuk mensusukseskan serta menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkades serentak ini berlangsung. 

Kepada para Camat yang hadir, Bupati Bima meminta untuk menyesuaikan waktu Bupati dan Wakil Bupati sehingga kedepannya untuk langsung turun ke tiap kecamatan, dan mempersiapkan diri melakukan pendampingan terkait Pilkades Serentak 2022. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs. Tajuddin dalam laporannya, pada pelaksanaan Pilkades serentak dan bergelombang 2022 diikuti 57 desa yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bima. 

"Pelaksanaan pemilihan, pemungutan suara dan perhitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2022 dan pelantikan kepala desa dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022," terangnya. 

Dalam upaya menyukseskan kegiatan Pilkades serentak bergelombang di Kabupaten Bima Tahun 2022 telah ditetapkan tim, antara lain Tim Pengawas dan Monitor yang terdiri dari Tim Pengawas Tingkat Kabupaten yang terdiri dari Bupati dan Forkompimda. 

Tim Tingkat Kabupaten bertugas memberikan pencerahan, pembinaan terhadap kegiatan Pilkades kepada panitia dengan melibatkan beberapa instansi terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Bima. Disamping itu terdapat Tim Pengawas Kecamatan yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil serta Tim Pengawas Desa yang terdiri dari kepala desa dan BPD. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.