Header Ads

Bupati Bima Resmikan Jembatan Oi Marai Tambora

Bupati Bima Saat Resmikan Jembatan Oi Marai Tambora.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Jembatan Oi Marai sebagai urat nadi yang menghubungkan sejumlah desa di lingkar utara gunung Tambora sepanjang 30 meter yang menyerap anggaran senilai Rp 10 lebih milyar diresmikan penggunaannya oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE saat melakukan kunjungan kerja di kecamatan tersebut, Kamis (24/2/2022).

Bupati yang hadir bersama para Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian Lingkup Setda, mengatakan jembatan yang berada daam wilayah administrasi Desa Oi Marai ini merupakan salah satu infrastruktur yang dibangun IDP-Dahlan untuk menunjang infrastrtuktur jalan yang ada dan ke depan akan mempermudah  akses dan mobilitas masyarakat Tambora, dengan pembangunan jembatan baru ini, seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat dalam bekerja akan lebih efektif dengan infrastruktur jalan yang baik, disamping akan mampu meningkatkan harga jual tanah di Tambora. 

Dihadapan Camat Tambora Fadillah S,S, Muspika dan kepala desa se-Kecamatan Tambora, Bupati menjelaskan, selain infrastruktur jalan dan jembatan, beberapa fasilitas lain seperti jaringan perpipaan air bersih, listrik dan tower telekomunikasi  juga telah dipasang dengan nilai milyaran rupiah. Tahun ini juga akan dibangun  infrastruktur bangunan SD dan SMP yang nilainya milyaran rupiah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah di wilayah tersebut. Diakhir sambutannya Bupati Bima berharap semua elemen masyarakat  merawat dan menjaga fasilitas yang telah dibangun, juga menjaga kelestarian hutan sebagai warisan yang berharga untuk anak cucu di Tambora. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Fatahullah, S.Pd , dalam laporannya menyampaikan, Anggaran jembatan bersumber dari dana Tugas Pembantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi RI dalam dua tahap. Bangunan bawah jembatan dikerjakan pada tahun anggaran 2019 dengan nilai kontrak Rp. 2,93 Milyar dilaksanakan oleh CV. Kukuh Harapan dan konsultan  CV. Bimantara Consultant.  

Kemudian pada tahun anggaran 2021 dilakukan pengerjaan fisik Jembatan dengan anggaran Rp. 6,83 Milyar, oleh PT. Surabaya Jaya Konstruksi dan  Konsultan Pengawas CV. Wira Perdana Konsultan dengan nilai kontrak sebesar Rp. 219,8 juta. 

Pembangunan jembatan Oi Marai penting untuk membuka isolasi wilayah Tambora dan kita patut bangga karena bangunan tersebut dibuat dari beton prategang yang menjadi satu satunya di Kabupaten Bima.

Peresmian Jembatan Oi Marai ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan pemecahan kendi di atas jembatan oleh Bupati Bima, yang didampingi oleh Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, dan Camat Tambora. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.