Header Ads

AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH Suguhkan Berbagai Keberhasilan Terbaik di Ultahnya Yang Ke-42

Great Moment Ultah Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH ke-42 di RM BBA Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima (3/3/2022)

Visioner Berita Kota Bima-Kamis (3/3/2022) tercatat sebagai moment paling bersejarah bagi Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH. Yakni merayakan Hari Ulang Tahun (Ultah) yang ke-42. Moment bersejarah bagi sosok Kapolres yang dikenal tegas, berani, ramah, komunikatif, pintar, cerdas, kaya akan kesholehan sosial dan sekat dengan semua elemen masyarakat ini dilaksanakan di Rumah Makan (RM) BBA di wilayah Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima.

Berbagai kado dan ucapan selamat dari berbagai pihak mengalir di moment penting bagi sosok Kapolres yang yang telah menciptakan sejarah keberhasilam dalam pengungkapan kasus luar biasa (ekstra ordinary crime) ini. Ucapan selamat dan Kado bagi Ultahnya Henry yang ke-42 ini datang dari Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm, Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, MH, Kepala ASDP Bima, Khaerudin dan lainya.

Ucapan selamat untuk Henry di Ultahnya yang ke-42 ini juga ikut mewarnai beranda Media Sosial (Medsos). Hal tersebut datang dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kemasyaraatan, Media Massa dan lainya termasuk dari kalangan BUMN dan BUMD yang ada di Kota dan Kabupaten Bima.

Kado dan ucapan selamat untuk Henry juga datang dari para pejabat di lingkungan Polres Bima Kota dan Polres Bima Kabupaten. Menariknya, perayaan Ultah ke-42 Henry ini bukan dilaksanakan di tempat yang mewah. Tetapi di tempat sederhana di RM BBA Kecamatan Palibelo-Kabupaten Bima.

Berbagai tamu undangan yang hadir di moment Ultahnya tersebut, hubungan komunikasi dan kemanusiaan antara Henry dengan seluruh undangan yang hadir terlihat nyata. Dan pada moment penting itu pula, canda-tawa pun pecah.

Di mata Walikota Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dan lainya-Henry merupakan sosok yang sangat baik dan mampu membuktikan dedikasi terbaiknya dalam bentuk berhasil mengungkap berbagai kasus-kasus luar biasa di wilayah hukum Polres Bima Kota kendati jabatanya belum sampau setahun lamanya.

Yak hanya itu, diakui pula bahwa Henry merupakan sosok yang tidak pernah menutup ruang diskusi dengan seluruh elemen masyarakat. Dan dengan itu pula, ia disebut-sebut sangat mudah berbaur dengan seluruh elemen masyarakat di wilayah hukum Polres Bima Kota. Pun dengan itu pula, merupakan salah satu alat bagi Henry untuk menempatkan Kota Bima dan sebahagian wilayah di Kabupaten Bima tetap dalam kondisi yang sangat aman dari sisi Kamtibmas.

Pernyataan yang sama juga datang dari Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm. Politisi Partai Golkar ini menandaskan bahwa Henry merupakan sosok yang patut untuk diteladani. Sebab, Henry merupakan sosok yang tekun dalam beribadah, serius dan tegas di dalam bertugas, memiliki kelenturan berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, tegas di dalam bertindak terutama terutama terkait masalah yang mengancam Kamtibmnas di wilayah hukum Polres Bima Kota, selalu memberikan ruang besar untuk berdiskusi dengan Kamtibmas daerah, Humoris dan lainya.

Tak hanya itu, hubungan harmonisasinya dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima diakuinya terjalin dengan baik sejak awal hingga saat ini. Bukan itu saja, peran Henry bersama Tiga Pilar baik di Kota maupun Kabupaten Bima dalam rangka mempercepat Program Vaksinasi Massal juga diakuinya nyata adanya.

Sementara di mata bawahanya, Henry dikenal sebagai sosok yang tidak pernah mengintervensi secara berlebihan. Maksudnya, Henry selalu memberikan kebebasan kepada bawahanya mulai dari Perwira hingga Bintara untuk membuktikan kinerja terbaiknya guna menunjukan kepada masyarakat sebagai Polisi yang melayani dengan sepenuh hati, bekerja secara profesional, terukur dan bertanggungjawab.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakapolres Bima Kota, Kompol Mujahidin, S.Sos. Mujahidin mengakui, Henry memiliki cara paling unik dalam membangun hubungan dengan seluruh Perwira dan Bintara mulai dari Lingkungan Polres Bima Kota hingga ke Mapolsek di wilayah hukum Polres Bima Kota.

“Selain tegas, beliau juga memiliki rasa humanisme yang sangat tinggi terhadap kami sebagai bawahanya. Antara beliau dengan kami sebagai bawahan, sejak awal hingga sampai saat ini adalah sama halnya dengan kakak-adik. Cara menyapa beliau memang sangat santun dan Humoris. Cara memimpinya cukup unik dan bersahaja. Beliau memiliki kedisiplinan yang cukup tinggi dan taat beribadah kepada Allah SWT,” ungkap Mujahidin kepada sejumlah Awak Media.

Kendati belum sampai setahun menjabat sebagai Kapolres Bima Kota, Henry diakuinya telah membuktikan sederetan keberhasilan dalam pengungkapan kasus-kasus luar biasa di wilayah hukum Polres Bima Kota. Antara lain kasus Narkoba, kejahatan terhadap dibawah umur, Curanmor, Curat, kasus korupsi Kades, Sekdes dan Benahara Desa Waduruka Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, kasus dugaan kejahatan terhadap anak dibawah umur yang dilakukan oleh oknum Kades Oitui yakni Sudirman alias One, kasus kematian Desy dan sejumlah kasus besar lainya.

“Keberhasilan Sat Reskrim dan Sat Narkoba dalam pengungkapan kasus-kasus luar biasa tersebut tak lepas dari konsep serta strategi mumpun dari Bapak Kapolres Bima Kota Bima ini. Ketika beliau sudah menegaskan bahwa penanganan etiap kasus luar biasa tersebut adalah atensi, maka wajib hukumnya untuk dituntaskan. Dan semuanya telah terbukti,” ungkap Mujahidin/

Program vaksinasi massal mulai dari dosis satu, dua dan tiga bersama Tiga Pilar (Pemkab Bima, Pemkot Bima, TNI dan Polri) diakuinya berjalan dengan sangat baik sesuai harapan semua pihak. Dalam hal ini kata Muhajidin, Kapolres Bima Kota bersama Tiga Pilar tersebut hingga kini masih bekerja secara serius.

“Perintah jelas, kerjanya jelas dan hasilnya pun sangat jelas. Dalam hal ini, Tiga Pilar selalu berada di lapangan mulai dari pagi, siang dan malam,” beber Mujahidin.

Mujahidin menambahkan, berbagai bentuk keberhasilanya tersebut merupakan hadiah Ultah Kapolres Bima Kota ini yang ke-42. Oleh karenanya, Kapolres Bima Kota ini bukan sekedar merayakan Ultahnya ke-42 secara seriminial semata. Tetapi lebih kepada menyuguhkan berbagai bentuk keberjasianya melalui Ultahnya yang ke-42.

“Kami dari jajaran Polres Bima Kota menyampaikan selamat Ultah ke-42 untuk Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH. Semoga panjang umur, sukses dan sehat selalu serta terus membuktikan pengabdian terbaiknya bagi bangsa dan Negara,” pungkas Mujahidin.

Secara Terpisah, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH yang dimintai komentarnya menyampaikan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas kontribusi yang diberikan baik sejak menjabat sebagai Kapolres Bima Kota hingga saat ini.

“Rasa syukur dan terimakasih saya sampaikan kepada Allah SWT. Karena sampai dengan detik ini Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya untuk hidup, berkarya dan menjalankan amanah sebagaimana yang melekat di pundak saya sebagai Polri. Ucapan terimakasih dan apresisiasi juga saya sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima yang setiap saat selalu membangun kerjasama yang sangat baik. Semoga hal itu bisa dijaga dan dilestarikan sampai kapanpun,” tuturnya.

Melalui moment Ultahnya ya ke-42 ini, Henry memerintahkan kepada seluruh personil di wilayah hukum Polres Bima Kota agar mampu membuktikan kinerja terbaiknya untuk bangsa dan negara serta tidak boleh meninggalkan Ibadah kepada Allah SWT dan beramal terhadap sesama.

 “Pesan saya seluruh personil Polres Bima Kota agar terus tingkatkan Iman dan Taqwa pada Allah SWT, jaga kesehatan, jaga kondusivitas wilayah, jaga soliditas sehingga terwujud Bhayangkara Tangguh,” imbuhnya.

Henry menegaskan, untuk menjadi Bhayangkara Tangguh perlu soliditas internal dalam memberikan layanan pada warga masyarakat.

“Dalam menjalankan tugas Kepolisian tentu tidak harus sempurna karena Kesempurnaan Milik Allah SWT akan tetapi wajib untuk menjadi Bhayangkara terbaik dalam mengayomi Masyarakat,” pungkas Henry. (RIZAL/FAHRIZ/GHILANG/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.