Ormas Muhammadyah dan Pengikutnya Mulai Puasa Kemarin, Pemkot-Pemkab Bima dan Lainya Mulai Hari ini

Pemkot Bima Mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1443 H, Minal Aidzin Walfaidzin-Mohon Maaf Lahir dan Bahin

Visioner Berita Bima-Perbedaan hari dimulainya pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadhan pada tiap tahunya bukan saja terjadi di Bima baik Kota maupun Kabupaten. Tetapi terjadi di hampir seluruh penjuru tanah air Indonesia.

Ramadhan 1443 H (2022) di Bima baik Kota maupun Kabupaten misalnya, Ormas Islam Muhammadyah dan pengikutnya mulai melaksanakanya pada Sabtu (2/4/2022) dan yang demikian dilaksanakan berdasarkan keyakinanya. Hal yang sama juga dijelaskan dilakukan oleh Ormas Islam lainya (juga berdasarkan keyakinanya).

Sementara Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab Bima) serta sejumlah Ormas Islam lain yang salah satunya Nahdatul Ulama (NU) memulai melaksanakan Ibadah Puasa 1443 H pada Minggu (3/4/2022). Perbedaan tersebut bukan saja soal dimulainya pelaksanaan Ibadah Puasa. Tetapi juga soal dimulainya Ibadah Sholat Taraweh.

Pantauan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, kendati terjadinya perbedaan tersebut namun kerukunan antar Ormas Islam di dunia daerah initerlihat nyata. Dan soliditasnya pun terlihat semakin tinggi saja.

Pihak Pemerintah baik Kota maupun Kabupaten Bima, menjelaskan memulai Ibadah Puasa sesuai dengan keputusan Sidang Isbat oleh Majelis Ulama Indonesia di Jakarta. Keputusan tersebut mejelaskan bahwa Ibadah Puasa 1443 H dimulai pada Minggu (3/4/2022).

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE saat berada di atas Kapal La Hanu di Pantai Lawata Kota Bima pada Sabtu malam (2/4/2022) membenarkan hal itu.

“Pemerintah Pusat mengumumkan bahwa Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H dimulai pada Miggu (3/4/2022). Keputusan itu lahir dari keputusan melalui Sidang Isbat oleh MUI di Jakarta pada Sabtu malam (2/4/2022),” terangnya dengan nada singkat.

Kegiatan Bazzar Ramadhan Oleh UMKM Kota Bima di Sebelah Timur Lapangan Sera Suba Kota Bima

Perbedaan dimulainya Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H khususnya di Bima, juga terjadi pada sejumlah rumah tangga. Pada salah satu rumah misalnya, ada yang memulai Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H pada Sabtu (2/4/2022) dan ada pula yang mulai melaksanakanya pada Minggu (2/4/2022). Kendati demikian, rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut pun terlihat nyata adanya.

Sejak dimulainya Ibadah Puasa Ramadhan 1443 di Kota Bima misalnya, terpantau sejumlah aktivitas yang dilakukan baik oleh Pemerintah setempat maupun oleh masyarakat serta pihak UMKM. Maksudnya, Pemkot Bima melalui Sat Pol PP setempat melakukan razia petasan di sejumlah tempat di Kota Bima.

Sedangkan masyarakat umum mengawalinya dengan melakukan ziarah kuburan keluarga dan pihak UMKM di Kota Bima menggelar Bazzar Ramadhan di sebelah timur lapangan Sera Suba Kota Bima. Liputan langsung Media ini pada moment Bazzar Ramadhan di lapangan Sera Suba tersebut, pihak UMKM memanfaatkanya untuk berdagang berbagai jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Kegiatan Bazzar Ramadhan oleh pihak UMKM di Kota Bima tersebut yang digelar pada Minggu (3/4/2022), terlihat ramai dikunjungi oleh berbagai elemen masyarakat mulai sekitar pukul 14.30 Wita hingga jelang berbuka puasa yakni sekitar pukul 18.10 Wita.

Masih dalam liputan langsung Media ini di seputar Bazzar Ramadhan oleh UMKM di sebelah timur lapangan Sera Suba Kota Bima tersebut, di sepanjang trotoar setempat terlihat tak sedikit warga yang berbuka Puasa bersama keluarga, sahabat dan teman-temanya. Kegiatan berbuka Puasa bersama di sepanjang trotoar tersebut dijelaskan bukan saja dilakukan pada Puasa Ramadhan kali ini. Tetapi hal yang sama juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Yang tak kalah menariknya, di tengah Adzan Maghrib berkumandang-para pihak yang berbuka Puasa bersama di sepanjang trotoar tersebut terlihat berbondong-bondong melaksanakan Ibadah Sholat Maghrib di Masjid Sultan Muhammad Salahuddin Bima yang berlokasi di sebelah selatan lapangan Sera Suba.

Hal tersebut terpantau bukan saja terjadi kali ini. Tetapi hal yang sama juga dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Singkatnya, keramaian yang terjadi pada moment Bazzar Ramadhan tersebut bukan saja membantu masyarakat umum khususnya pihak yang melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan. Tetapi juga diakui berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan pihak UMKM.

Kegiatan yang dilakukan oleh pihak UMKM dalam menyambut Ibadah Puasa Ramadhan tersebut bukan saja berlangsung dilapangan Sera Suba Kota Bima. Tetapi hal yang sama terlihat di sepanjang jalan. Seperti di sekitar pasar Kota Bima, Taman Amahami, Pantai Lawata, di jalan Gajah Mada, Jalan Soekarno Hatta, Pasar Raba, Pasar Raya di wilayah Kelurahan Penaraga Kota Bima dan lainya.

Sementara menu buka Puasayang ditawarkan oleh pihak UMKM Kota Bima tersebut, antara lain makanan siap saji (ikan laut), kelapa muda, jajan khas Bima, es buah dan lainya. (GHILANG/FAHRIZ/RUDY/AL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.