Gerak Cepat, Wali Kota Bima Tinjau Lokasi Banjir di Sejumlah Kelurahan, BPBD Diminta Siapkan Bantuan Tanggap Darurat

Wali Kota Bima dan Ketua DPRD Kota Bima di Lokasi Banjir.

Visioner Berita Kota Bima-Gerak cepat Walikota Bima H. Muhammad Lutfi didampingi Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indra Wirawan, Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, Kadis Dinas Sosial dan Kepala BPBD Kota Bima tinjau langsung situasi banjir di sejumlah Kelurahan, Selasa (4/4/2023) sekitar pukul 20.30 Wita.

Walikota bersama OPD terkait pertama kali mengunjungi Kelurahan Penatoi yang parah terendam banjir. Lamanya hujan dengan intensitas yang cukup lebat, mengakibatkan sejumlah kelurahan di Kota Bima terendam banjir.

Tiba di Kelurahan Monggonao, Walikota dan Ketua DPRD langsung masuk ke perkampungan untuk melihat langsung kondisi masyarakat. Banjir disana ketinggian air mencapai setengah badan pria dewasa. Sehingga masyarakat banyak yang mengungsi ke dalam masjid.

“Saya akan turun malam ini di Kelurahan yang terdampak banjir, terutama di Kelurahan yang parah terendam banjir,” ungkap Walikota Bima.

Walikota HML sadari bahwa bencana banjir yang melanda warga Kota Bima adalah banjir kiriman dari Kabupaten Bima, sehingga di tahun 2023 akan melakukan upaya meminimalis banjir kiriman dengan kerjasama dengan Tim JICA Jepang.

“Sudah ada dalam rencana kita kerja sama dengan JICA Jepang dan World Bank soal mengatasi banjir di Kota Bima ini, dan Insya Allah kita tuntaskan di tahun 2023 ini,” jelasnya.

Walikota juga mengatakan, bahwa hancurnya hutan dan gunung puluhan tahun, menjadikan banjir tidak terbendung sehingga upaya mengembalikan fungsi hutan dan gunung pun akan dilakukan, bahkan sudah dilakukan di beberapa titik di Kota Bima.

“Mengembalikan fungsi hutan dan gunung tentu butuh waktu, tidak semudah membalikkan telapak tangan, oleh karena itu perlunya kesadaran kita semua dalam mengembalikan fungsi hutan dan gunung,” katanya.

Kepada BPBD, Walikota instruksikan agar melakukan langkah dan tindakan kedaruratan membantu meringankan beban warga terdampak banjir.

“Saya sudah perintahkan BPBD selaku OPD Leading Sektor Kebencanaan untuk melakukan tindakan yang terukur dalam membantu warga yang terdampak banjir,” tegasnya.

Atas bencana banjir yang melanda Kota Bima saat sekarang, BPBD langsung mendirikan tenda dapur umum. Selain itu, Walikota juga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk segera membersihkan sampah yang berada di jembatan dan drainase.

Usai meninjau di Kelurahan Penatoi, Walikota menuju ke Kelurahan yang lain untuk melihat langsung kondisi warga. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.