Selain Sukses Ungkap Kasus Besar, Kapolres Bima Kota Dapat Dua Piagam Penghargaan di Bidang Lain

Special Moment, Kapolda NTB, Irjend Pol Djoko Purwanto (Kiri) Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, S.IK, MH (Kanan) Pada Rabu (24/5/2023)

Visioner Berita Mataram, NTB-Tercatat sudah sekitar satu tahun AKBP Rohadi, S.IK, MH menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. Kendati demikian, kiprah terbaiknya dalam pengungkapan beragam kasus luar biasa pun diakui adanya. Salah satunya yang menggemparkan Nusantara adalah keberhasilanya di dalam pengungkapan kasus Narkoba jenis sabu seberat 1 Kg lebih hingga menyeret seorang oknum ASN yakni Muhammad Isnaini alias Gembel (39) ke proses hukum dengan ancaman pidana mati.

Peristiwa itu tercatat sebagai yang perdana sejak terbentuknya Mapolres Bima Kota. Nasib Gembel kini ibarat “telur di ujung tanduk”. Dijelaskan bahwa kasus ini sudah disidangkan lebih dari 1 Kali oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Raba-Bima.

Proses hukum terkait kasus Gembel masih terus berjalan sebagaimana mestinya. Sekedar catatan penting terkait penanganan kasus Narkotika jenis sabu di Bima, bebrapa tahun silam seorang bandar sabu sebesar 1 Kg yakni Rudy Santoso divonis pidana seumur hidup. Pertanyaan apakah Gembel akan memperoleh sanksi pidana mati atau seumur hidup, tentu akan diketahui setelah pihak Majelis Hakim PN Raba-Bima membacakan hasil putusan nantinya.

Beragam kasus luar biasa yang berhasil diungkap hingga para pelakunya dikerangkeng oleh Tim Puma I dan Puma II Polres Bima Kota dibawah kendali langsung Rohadi, antara lain Curanmor, Curat, Narkotika jenis sabu, Curat, kejahatan seksual terhadap anak dibawah umur, pemanahan hingga penangkapan pelaku yang sudah resmi sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Tak hanya itu, Rohadi juga diakui mampu menekan konflik antar kampung di wilayah hukum Polres Bima dengan pendekatan persuasif dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karenanya, bangunan konstruksi kebersamaan dengan berbagai elemen masyarakat termasuk Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), PMII dan lainya berhasil menempatkan wilayah hukum Polres Bima Kota hingga kini masih dalam suasana sangat aman dan kondusif.

Terlepas dari keberhasilanya di dalam pengungkapan berbagai kasus tindak pidana luar biasa (ekstra ordinary crime) tersebut, nampaknya Kapolres Bima Kota ini juga berhasil mencetak dua prestasi di bidang lainya hingga diberikan dua buah penghargaan oleh Kapolda NTB, Irjend Pol DJoko Purwanto dan dari Kementerian Keuuangan melalui DJPB Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan dijelaskan pula bahwa Polres Bima Kota merupakan satu-satunya Polres dibawah naungan Polda NTB yang berhasil mendapatkan dua piagam penghargaan dimaksud.

Peristiwa penyerahan dua buah piagam penghargaan tersebut berlangsung di Hotel Hotel Aston Iin Kota Mataram, Rabu (24/5/2023). Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Bima Kota melalui Kasih Humas setempat, AKP Jufrin kepada Media Online www.visionerbima.com, Jum’at (25/5/2023).

Inilah Piagam Penghargaan Dari Kemenkeu RI Melalui DJPB NTB Untuk Polres Bima Kota Tersebut

“Kapolres Bima Kota menerima secara langsung dua buah piagam penghargaan atas Prestasi dan kinerja yang luar biasa Personil Si Kum dan Si Keu Polres Bima Kota. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Bapak Kapolda NTB dan Kementrian Keuangan melalui DJPB-NTB yang bertempat di Hotel Aston Iin Kota Mataram,” ungkap Jufrin.

Adapun dua buah piagam penghargaan tersebut yakni Si Kum Polres Bima Kota sebagai Satuan Kerja (Satker) terbaik kedua dalam Optimalisasi Penyusunan Produk Hukum berupa Peraturan Kapolres tentang Standar Operasional Prosedur (SOP). Dan Si Keu Polres Bima Kota Peringkat Ketiga (dengan nilai 100) nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tingkat Satker di ingkup Polda NTB periode triwulan I Tahun 2023.

Secara terpisah Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, S.IK, MH yang dimintai tanggapanya menyatakan bahwa keberhasilan yang dicapai oleh pihaknya dalam kaitan itu tak lepas dari adanya kerjasamanya yang baik dari seluruh elemen masyarakat di wilayah hukum setempat dan keuletan Satker yang ada di Mapores Bima Kota pula.

“Alhamdulillah, inilah buah dari kerjasama kita semua. Namun apa yang telah dicapai, tentu tak membuat kita harus puas. Tetapi untuk ke depanya bahwa kegigihan, keuletan, ketelitian, ptofesionalisme harus terus dipertajam. Dan apa yang telah dicapai merupakan bagian terbesar dari doa serta ikhtiar kita semua,” paparnya.

Terkait dua buah piagam penghargaan yang diraihnya dalam kaitan itu, Secara khusus Rohadi menyatakan apresiasi dan terimakasih kepada kapolda NTB serta pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Kedua piagam penghargaan yang telah diraihnya itu, diakuinya sebagai wujud nyata dari keseriusan Satker yang ada di Mapolres Bima Kota di dalam bekerja serta melayani masyarakat.

“Kerja keras tentu tak berakhir sampai di situ. Namun ke depanya, tentu harus lebih serius lagi. Terimakasih atas dukungan berbagai elemen masyarakan dan adek-adek yang ada di sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Bima serta rekan-rekan Wartawan,” pungkasnya. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.