Pertunjukan Tari Kreasi Lenggo Mbojo di Lapangan Serasuba, Menumbuhkan Semangat Kecintaan Generasi Muda

Dok.gambar:Humas Wali Kota Bima.

Visioner Berita Kota Bima-
Tari lenggo kreasi merupakan tarian yang mengambil gerak dasar Tari Lenggo Siwe atau Lenggo Mbojo untuk dijadikan ruang ekspresi remaja putri Bima agar bisa mencintai, melestarikan gerak dasar tari tradisional.

Adapun iringan musik dari Tari Lenggo ini berupa serunai (seruling), Gong dan katonggak (gendang dari kulit). Para penari akan mengenakan pakaian adat tradisional Kota Bima yaitu "Baju Bodo".

Kaitan dengan itu, salah satu upaya melestarikan Budaya Bima, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima menggelar Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo di Lapangan Serasuba, Sabtu (23/9)2023).

Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo ini menumbuhkan semangat kecintaan generasi muda terhadap seni tari. Serta jati diri bangsa sebagai bentuk pembuktian dimasa mendatang. Supaya seni Tari Lenggo Mbojo, tetap hidup dan berkembang. Dan memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kesatuan bagi generasi muda Indonesia. Khususnya di Daerah Bima.

Wali Kota Bima H.Muhammad Lutfi, SE, mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima, yang telah berinisiasi melaksanakan Festival Tari Kreasi Lenggo Mbojo Kolosal sebagai manifestasi di bidang seni gerak.

"Event ini menjadi point penting dalam mengembangkan industri pariwisata yaitu menjual keindahan alam (nature) dan keunikan budaya (culture) dengan melestarikan nilai-nilai seni budaya daerah," kata Lutfi, dalam sambutannya.

Selain itu lanjut dia, dengan berkembangnya pariwisata di daerah bima ini kedepan akan memberikan dampak besar pada peningkatan pembangunan perekonomian masyarakat. Sebab, disektor ini kata dia, merupakan sektor yang sangat potensial dan cepat berkembang.

"Dengan potensi pariwisata di Bima, akan menjadi nilai tambah pembangunan di daerah ini," kata Lutfi.

Pada kesempatan itu, Lutfi berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk pembangunan Kota Bima sejauh ini. Salah satunya seluruh kegiatan kalender event Kota Bima tahun 2023 ini terselenggara dengan baik, lancar dan sukses.

"Terimakasih pula kepada anak-anakku tercinta telah menampilkan Tarian Lenggo Mbojo Kreasi dengan sangat cantik," ucapnya.

Kegiatan Tari Kreasi Lenggo Mbojo ini dihadiri Pimpinan DPRD Kota Bima, Bupati Bima, Forkopimda Kota Bima, Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kota Bima, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Kemenag Kota Bima.

Selain itu terlihat juga Kepala UPT Dikmen Bima, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Kepala OPD Sekota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima, Kepala akademisi se-Kota Bima, Kepala sekolah SMA/SMK Se-Kota Bima, SD/SMP/MTs Negeri/Swasta Se-Kota Bima, Para Budayawan, Seniman, Praktisi dan Penggiat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Undangan dan peserta Festival Tari kreasi Mbojo. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.